NOW READING

Perilaku Orang Indonesia Menggunakan Internet dan Smartphone

 1956
+
 1956

Perilaku Orang Indonesia Menggunakan Internet dan Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Penggunaan sosial media di Indonesia sudah diteliti oleh beberapa perusahaan.
  • Pola orang Indonesia saat berinternet terlihat dari hasil penelitian tersebut.
  • Perilaku disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Smartphone dan browser sekarang ini sudah menjadi benda yang sangat umum untuk digunakan. Sebagian besar orang menjadikan smartphone menjadi barang wajib untuk mempermudah pekerjaan mereka. Begitu juga dengan browser, yang sering sekali dijadikan sebagai software utama untuk mencari tahu informasi yang tersebar di dunia.

Perilaku tiap-tiap negara dalam menggunakan smartphone dan browser mereka sangatlah berbeda. Untuk di Indonesia, penggunaan dua kemajuan teknologi ini sudah diteliti oleh berbagai perusahaan yang melakukan riset mengenai perilaku berinternet. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui bagaimana pola dan kebiasaan orang Indonesia memanfaatkan teknologi yang mereka miliki.

 

Foto: Shutterstock.com

Sebagian Pengguna Internet Memasang Fitur AdBLock

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Opera, sepertiga pengguna internet di Indonesia dapat dikatakan sebagai pengguna yang tidak suka dengan iklan yang ada di internet. Opera merilis 32% pengguna internet Indonesia memasang fitur pencegah iklan atau adblock pada browser mereka. Selain itu, sebagian besar pengguna memilih untuk menggunakan fitur penghemat data agar kuota internet mereka lebih efisien untuk digunakan.

Kini, fitur penghemat data untuk berseluncur di internet nampaknya sudah menjadi fitur wajib yang dimiliki oleh sebuah smartphone, contohnya adalah Samsung Galaxy Prime J5. Smartphone keluaran Korea ini sudah dilengkapi dengan penghemat data, sehingga para pengguna smartphone jenis ini bisa menjelajah internet lebih lama. Selain itu pengguna juga lebih leluasa dan tidak takut khawatir untuk mengakses situs-situs dengan memori yang berat karena tampilan akan dikompres tapi tetap nyaman dilihat.

Orang Indonesia juga cenderung akan menyimpan laman yang mereka sukai dengan fitur bookmark. Selain akan memudahkan untuk mengakses laman tanpa harus mencari lagi di mesin pencari, bookmark juga bisa dimodifikasi. Penggunaan nama label bisa diubah agar memudahkan untuk mengingat laman yang ingin dibuka.

Buka tautan ini untuk mencari tahu cara mendeteksi hoax.

Foto: Shutterstock.com

Menggunakan Internet Rata-Rata Lebih dari Enam Jam Per Hari

Riset lain dilakukan oleh MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia) pada tahun 2016 kepada 1020 responden berkenaan dengan penggunaan smartphone dan internet. Hasil dari riset tersebut cukup mencengangkan. Lebih dari setengah jumlah responden mengatakan bahwa mereka menggunakan internet dari ponsel mereka lebih dari enam jam.

Penggunaan durasi ponsel yang cukup tinggi dibarengi dengan beberapa alasan. Menurut hasil penelitian tersebut, sebagian besar responden menyatakan bahwa spesifikasi ponsel mereka membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Persentase dari jawaban ini mencapai 62 persen.

Selain itu, faktor kemudahan untuk mengakses dan mendapatkan informasi menjadi alasan utama untuk menggunakan smartphone dan internet. Mereka menggunakan browser mereka untuk mencari berita dan infromasi untuk keperluan belajar, riset, dan pekerjaan. Oleh karena itu penggunaannya semakin meningkat dan durasinya pun semakin lama.

 

Foto: Shutterstock.com

Aktif di Media Sosial

APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada tahun 2016 juga melakukan riset yang hampir serupa dengan riset-riset sebelumnya. APJII mencari tahu bagaimana perilaku pengguna internet di Indonesia dengan menggunakan 132,7 juta responden untuk diteliti. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui, mayoritas penggunaan internet di Indonesia adalah untuk mengakses media sosial.

Selain untuk membuka akun media sosial mereka, APJII memberitahukan bahwa 128,4 juta responden menggunakan internet untuk mencari hiburan. Jawaban ini merupakan jawaban tertinggi kedua setelah jawaban mengakses media sosial. Sisanya mereka gunakan internet untuk komersial dan layanan publik.

Fakta lain yang cukup menjadi perhatian adalah penggunaan smartphone di Indonesia meningkat cukup pesat. Peningkatan penggunaan smartphone diperkirakan akan tumbuh mencapai 100 juta pengguna sampai tahun 2018 yang akan datang. Data ini membuat Indonesia berada di posisi kelima sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak dalam kurun waktu tiga tahun.

Lihat blogger modis untuk inspirasi saat menghadiri festival di sini.

Banyaknya pengakses internet dan pemilik smartphone di Indonesia disebabkan adanya kemudahan untuk mengakses internet. Pesatnya perkembangan teknologi dan digital membuat perilaku berinternet juga semakin meningkat. Namun hal yang perlu dipahami adalah penggunaan internet harus tetap bijak agar pengguna tidak terlalu bergantung dari smartphone dan internet.

0 comments