NOW READING

Perangkat yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Masa Kini

 2140
+
 2140

Perangkat yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Masa Kini

by The Daily Oktagon
  • Selain mengikuti pelajaran di kelas dan bersosialisasi, mahasiswa masa kini mesti lincah mengikuti perkembangan teknologi.
  • Maka itu penting buat mereka untuk selalu memanfaatkan teknologi di dalam dan di luar kelas. Mulai dari penggunaan laptop, smartphone, sampai perangkat pendukung seperti MiFi.
  • Tak hanya itu perangkat pun memerlukan berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan mengejar prestasi.

Tahun pendidikan baru telah dimulai. Bagi yang sedang berkuliah, ini saatnya kembali ke kampus. Apakah kalian sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar?

Mahasiswa kini tak lagi cukup hanya berbekal buku pelajaran dan alat tulis saja. Penting pula melengkapi diri dengan perangkat teknologi yang bisa menunjang kegiatan pendidikan. Salah satu yang paling penting adalah komputer.

Komputer penting bagi mahasiswa untuk membuat tugas serta menyimpan data, juga untuk mengakses internet ketika ingin mencari literatur. Untuk memudahkan penggunaan, apalagi untuk mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi, pilih notebook sebagai perangkat komputer sehari-hari.

Pertanyaan selanjutnya: Notebook seperti apa yang layak dipilih? The Daily Oktagon merekomendasikan kalian untuk membeli komputer dengan RAM minimal 4 GB dan memiliki dedicated graphics processing unit (GPU).

Kenapa harus dedicated GPU? Tujuannya agar proses pengolahan grafis pada komputer kita tidak lagi menumpang memori pada RAM, sehingga komputer tidak lemot saat membuka aplikasi penuh grafis, misalnya video game.

Untuk prosesor, pilih notebook dengan prosesor minimal dual core. Pilih juga notebook yang sudah dilengkapi kemampuan WiFi dan memiliki pemutar DVD.

Baca juga ulasan tiga laptop gahar buat penyuka game di sini

mahasiswa laptop

Setelah notebook, jangan lupa untuk memiliki MiFi alias modem portabel. Meski kebanyakan kampus sudah memiliki akses internet nirkabel gratis dan akses WiFi ada di mana-mana, kita tetap harus membekali diri dengan MiFi.

MiFi akan memberikan kebebasan ekstra, seperti keleluasaan memilih tempat untuk mengerjakan tugas. Tak hanya bergantung pada café atau WiFi kampus. Jika akses internet itu bermasalah, MiFi bisa menjadi solusi.

Kemudian, penting juga memikirkan aplikasi yang wajib dibenamkan di dalam notebook yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar. Seperti misalnya, aplikasi yang powerful untuk pengolahan kata dan data. Untuk urusan ini, yang paling populer dan wajib punya tentu Microsoft Office.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi orisinal, bukan bajakan. Agar mendapatkan harga spesial, beli notebook yang sudah dipaketkan dengan software Microsoft Office. Kalaupun dana terbatas, coba Microsoft Office 365 yang memiliki masa pakai satu tahun.

Device yang juga bisa jadi penting untuk menunjang kegiatan berkuliah adalah smartphone. Selain untuk berkomunikasi, sarana hiburan seperti pemutar musik dan video pada smartphone bisa jadi obat penghilang bete saat menunggu jam kuliah dimulai.

Simak juga rekomendasi smartphone Android 4G yang harganya sekitar Rp 1 jutaan

Nah, kalau senang mendengar musik dan menonton film, lengkapi smartphone dengan audio device agar kegiatan menikmati hiburan makin mantap. Sebaiknya pilih in-ear yang bentuknya mungil, ringas, dan tidak menyita ruang tas. Selain itu juga model in-ear bikin kita tidak terlihat mencolok saat menelusuri kampus sambil mengenakannya.

mahasiswa musik

Sama seperti notebook, lengkapi smartphone dengan sederet aplikasi yang dijamin bisa bikin proses belajar jadi lebih mudah. Berikut daftar aplikasinya:

  1. Google Drive. Aplikasi cloud storage ini secara otomatis terinstalasi di dalam perangkat berbasis Android berserta aplikasi keluarga Google lainnya. Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu 15 GB. Google Drive sangat berguna untuk menyimpan data dan foto.
  2. Programming Hub. Untuk yang mengambil cabang ilmu teknologi informatika, aplikasi ini wajib ada di smartphone. Aplikasi ini menyediakan 10 bahasa pemrograman, tetapi hanya tiga yang disediakan saat pertama kali membuka aplikasi ini, yaitu C, Java, dan JavaScript. Ada beberapa bahasa yang bisa tambahkan dan unduh secara manual sesuai keinginan, yaitu ASP.Net, Assembly, C#, C++, C#, HTML, PHP, Phyton, Phyton 3, Ruby, SQL, Swift, VB 6.0, dan VB.Net.
  3. Graphing Calculator by Mathlab. Mathlab adalah aplikasi perhitungan kalkulus dengan rumus yang lengkap. Kita bisa menghitung hasil selanjutnya tanpa harus menghapus yang sebelumnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk melakukan perhitungan dengan digit panjang.
  4. Tiny Scanner. Buat yang sering memindai dokumen, cobalah untuk menggunakan aplikasi TinyScanner. Hasil pemindaian bisa dipilih hitam putih, berwarna, atau dengan beberapa efek yang tersedia. Hasil pemindaian dapat disimpan di cloud storage, seperti OneDrive, Dropbox, Google Drive, dan Evernote, atau bisa langsung dikirim via email.
  5. Photomath. Aplikasi ini berguna ketika kita dihadapkan dengan soal perhitungan yang panjang dan kita malas untuk menulis soalnya. Kita tinggal memotret soal yang ingin dipecahkan, baik dari kertas, papan tulis, ataupun slide presentasi, dan hasil berikut cara pengerjaannya pun akan langsung terlihat.
  6. Google Translate. Aplikasi penerjemah ini cukup penting meski hasil terjemahannya sangat mekanis. Setidaknya, aplikasi ini berguna untuk mengetahui arti kosakata yang belum pernah kita dengar.
  7. Math Alarm Clock. Aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan mata kuliah, tetapi sangat cocok buat mahasiswa yang susah bangun pagi. Dengan aplikasi ini kita tidak bisa matikan alarm dengan mudah. Kita malah ditantang untuk mengerjakan soal-soal matematika untuk menonaktifkan alarm. Dijamin mata akan melek.
  8. Todoist. Buat yang pelupa, wajib memasang aplikasi ini. Lewat Todoist kita bisa mencatat semua pekerjaan yang sedang dikerjakan.
  9. MoneyWise. Aplikasi ini juga tidak ada hubungannya dengan mata kuliah, tetapi bisa ikut memengaruhi kuliah, terutama bagi mahasiswa perantau. Melalui aplikasi ini kita dididik untuk pandai-pandai mengatur keuangan. Lewat MoneyWise kita dapat memantau uang masuk dan keluar, sekaligus merencanakan tabungan. Hebatnya, ada grafik pemantauan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Laporan keuangan pribadi ini pun dapat diekspor ke dalam format Excel.
  10. Kindle. Bagi yang sering berurusan dengan jurnal, wajib memiliki aplikasi yang satu ini. Kindle sangat berguna untuk mengakses e-book, bahkan bisa digunakan untuk membeli jurnal ataupun majalah yang ada di perpustakaan Kindle.

Ikuti pembahasan tentang dua earphone yang pas untuk penikmat musik

0 comments