NOW READING

Perangkat Unik yang Memanfaatkan Panel Surya

 2674
+
 2674

Perangkat Unik yang Memanfaatkan Panel Surya

by The Daily Oktagon
  • Sinar matahari merupakan sumber energi yang potensial
  • Panel surya merupakan alat yang bisa mengkonversi sinar matahari menjadi sumber energi
  • Ada beberapa perangkat yang sudah menyematkan panel surya

Teknologi panel surya merupakan suatu teknologi alternatif yang banyak dikembangkan untuk menghasilkan energi listrik. Saat ini banyak perusahaan teknologi yang memanfaatkan tenaga matahari sebagai energi terbarukan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Kali ini, tim The Daily Oktagon akan mengulas beberapa perangkat yang menyematkan tenaga surya.

Bangku panel surya

Penggunaan teknologi dapat dilakukan di mana saja selama tempat tersebut mendapatkan pasokan cahaya matahari. Salah satunya, tempat keramaian yang sering dikunjungi orang, yaitu taman. Banyak orang menghabiskan waktu di taman dan tak jarang dari mereka kehabisan daya smartphone saat sedang berada di taman. Namun saat ini, beberapa taman sudah menyediakan bangku berteknologi surya yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone.

Foto: Platio

Seorang peneliti menemukan solusi bagi para pengunjung taman yang merasa khawatir ketika smartphone mereka kehabisan daya saat sedang menghabiskan waktu di taman. Pada 2014, sebuah kota di Amerika Serikat, Boston telah diciptakan ‘bangku pintar’ yang dapat menghantarkan listrik memanfaatkan tenaga surya. Pada bangku tersebut disematkan port USB yang dapat dengan mudah digunakan oleh pengunjung ketika ingin mengisi daya smartphone-nya.

Baca juga : Tato Canggih Ini Bisa Mencegah dari Bahaya Sinar Matahari

Smart Wallet

Dompet dan smartphone menjadi salah satu benda yang tak pernah bisa ditinggalkan oleh pemiliknya. Namun, akan lebih sempurna lagi jika smartphone dan dompet itu dapat saling melengkapi. Baru-baru ini telah tercipta suatu perangkat canggih bernama ‘Solar Wallet’. Perangkat ini merupakan dompet pintar memiliki daya sebesar 1.500 mAh yang dapat mengisi daya smartphone, tablet, dan kamera saku. Kabel pengisian juga tersedia dalam tiga versi, yaitu USB-C, Micro USB, dan Apple Lightning.

Selain fungsi dompet sebagai pengisi daya, dompet pintar ini juga dilengkapi fasilitas tracker yang terhubung dengan smartphone Anda. Dengan kata lain, ketika dompet dan smartphone berada berjauhan, Anda akan segera menyadarinya. Inilah salah satu bukti dompet dan smartphone Anda akan saling berhubungan.

Smart Watch

Salah satu perangkat lainnya adalah smartwatch. Selama ini kita mengetahui bahwa jam tangan memiliki daya tahan baterai yang terbatas. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pada September 2017 lalu, telah diciptakan jam tangan pertama yang memiliki teknologi panel surya alami dan buatan, smartwatch tersebut diberi nama LunaR. Dengan teknologi ini, maka pengguna tak perlu khawatir ketika jam tangannya kehabisan daya.

Foto: Lunar

Dengan paparan cahaya sedikitnya 1 jam disertai frekuensi cahaya 10 Lux, panel surya tersebut dapat mengubahnya menjadi daya untuk menyalakan smartwatch tersebut selama seharian penuh.

Canggihnya lagi, Lunar saat ini telah terintegrasi dengan aplikasi kesehatan seperti Apple Health Kit dan Google Health. Sehingga pengguna dapat memperoleh hasil yang maksimal dengan jam tangan inovasi ini.

Baca juga : Oombrella, Payung Pintar Pengingat Hujan

Kertas bertenaga surga

Satu lagi teknologi yang memanfaatkan tenaga surya adalah telah diciptakannya perangkat yang diketahui dapat mengisi ulang daya gadget Anda. Seorang desainer asal Korea, Sung Ung Chan menciptakan charger tipis yang disebut dengan Yolk Solar Paper. Mengapa disebut demikian karena Solar Paper berukuran sangat tipis layaknya pembatas buku. Ketika ditutup, Solar Paper memiliki dimensi sebesar 19x9x1,1cm. Anda cukup membukanya seperti buku untuk memperlihatkan bagian solar (photovoltaic) cell-nya.

Foto: Yolk

Uniknya lagi, panel bisa diperluas dengan menyambungkan unit lain via engsel magnetik supaya proses pengisian berjalan lebih singkat. Di lembar utama, Anda dapat melihat secara real-time arus yang dihasilkan Solar Paper lewat indikator LCD.

Ketika Anda merasa khawatir bahwa pada saat sinar matahari tidak tampak dan membuat pasokan daya Solar Paper melemah, Anda tidak perlu mencemaskan hal tersebut. Pada perangkat ini, Yolk telah membubuhkan sistem unik yang memungkinkan Solar Paper melakukan reset secara otomatis sewaktu sinar matahari telah mencukupi. Lewat fitur auto-reset ini, ia mampu mengakumulasi daya jauh lebih efisien dan stabil.

Dari berbagai teknologi yang memanfaatkan tenaga matahari di atas, mana yang menjadi favorit Anda?

0 comments