NOW READING

Perangkat Pengganti Smartphones yang Sederhana tapi Tetap Multiguna

 1359
+
 1359

Perangkat Pengganti Smartphones yang Sederhana tapi Tetap Multiguna

by The Daily Oktagon
  • Telepon genggam sudah ada sejak 1990-an dengan fungsi utamanya, yaitu mempermudah komunikasi.
  • Saat ini pun kecanggihan terbaru beragam merk ponsel selalu ditunggun seluruh masyarakat dunia.
  • Namun perkembangan teknologi juga menghadirkan Cicret Bracelet, sebuah gelang pakai untuk menggangitkan keberadaan smartphone.

Penggunaan telepon pintar yang praktis dan kemudahan dalam urusan komunikasi menjadi alasan penting banyak orang memilih menggunakannya. Bahkan hingga kini, telepon pintar terus berevolusi dengan menambah berbagai fitur menarik dan unik. Harga yang ditawarkan pun beragam menyesuaikan kemampuan canggih yang dimiliki masing-masing perangkat.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para produsen berlomba untuk menghadirkan satu inovasi digital terbaru, tak terkecuali penggunaan smartphone yang ingin diubah ke bentuk yang lebih praktis tanpa mengabaikan kecanggihannya. Inovasi perangkat gelang canggih bernama Cicret Bracelet pun menjadi satu terobosan yang bisa menggantikan fungsi perangkat komunikasi. Memiliki bentuk yang lebih ringkas dan bisa dibawa meski kondisi lapangan cukup ekstrem membuat produk ini bukan sekadar gelang, tapi juga menyimpan berbagai kelebihan yang multiguna.

Ternyata, perangkat yang kita kenakan memiliki manfaat untuk keperluan bisnis. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Foto: Shutterstock.com

 

Proyektor Mini dengan Layar Sentuh Terbaik

Cicret Bracelet adalah sebuah gelang pintar yang memiliki proyektor kecil (pico projector) dan 8 buah sensor (proximity sensor). Sensor ini berguna untuk menampilkan isi ponsel ke permukaan apa pun dan dapat menggunakannya seperti layar sentuh. Gelang ini difungsikan untuk menggantikan fisik telepon genggam menjadi bisa diakses bahkan pada tangan pengguna.

Konseptor dari gelang ini bernama Guillaume Pommier. Guillaume bersama Fabien Noblet, Nicolas Cruchon dan Pascal Pommier bersama-sama mengembangkan perangkat ini sejak 2014. Pada awalnya, mereka meminta setiap pengguna internet berdonasi demi mengembangkan perangkat. Permulaan 2017 ini, mereka sudah mencapai target pendanaan dan sudah mulai memproduksi gelang pintar ini secara massal.

Komponen yang cukup lengkap sudah dimiliki gelang ini, antara lain accelerometer, WiFi, bluetooth, baterai, snap button dan LED. Untuk penyimpanan terdapat kartu memori + ROM (Read-Only Memory) dengan ukuran 16 GB dan 32GB. Pengguna dapat menyimpan data sebanyak mungkin dengan sangat mudah. Terdapat juga Micro USB yang bisa disambungkan pada laptop, juga vibrator yang bergetar saat ada notifikasi masuk. Gelang pintar ini dapat melakukan beragam hal yang biasa dilakukan pada smartphone. Pengguna dapat menulis dan membaca surel, juga menjawab dan melakukan panggilan telepon. Namun untuk telepon, ponsel tetap harus berada didekat pengguna karena Cicret hanya sebatas penghubung saja.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Model Bergaya Masa Kini

Bentuknya yang kecil layaknya gelang lainnya memberi tampilan fashionable pada pengguna. Pengembang pun menawarkan 10 pilihan warna, di mana warna oranye yang digunakan sebagai prototipe produk. Sensor yang terpasang pada produk juga memberikan kesan digital pada gaya hidup pengguna. Ketika ada pesan masuk, pengguna hanya perlu memeriksanya melalui layar sentuh yang menempel di pergelangan tangan.

Pengoperasian perangkat ini unik karena bisa menampilkan gambar layar ponsel ke suatu permukaan, seperti lengan pengguna. Untuk menyalakan proyektor, pengguna hanya perlu menggerakkan pergelangan tangan saja. Kemudian delapan sensor akan mendeteksi setiap pergerakan pengguna. Misal menggesek, menekan, atau mencubit lengan yang telah menjadi layar sentuh. Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan perangkat sesuai kebutuhan, seperti mengirim pesan hingga menonton video dan menelusuri internet.

Foto: Shutterstock.com

Mengusung tagline ‘Like a Tablet, But on Your Skin’, pengguna diajak untuk menikmati teknologi canggih dalam genggaman. Guillaume bersama rekannya masih mengembangkan perangkat ini, dengan menempatkan kartu untuk provider. Hal ini akan membuat gelang juga dapat dipakai untuk melakukan panggilan telepon sehingga fungsinya akan lebih optimal. Nantinya, penggunaan telepon genggam hanya menjadi alat penunjang saja. Perangkat Cicret Bracelet pun bisa menggantikan posisi smartphone dengan lebih elegan, mudah, dan menarik.

Cicret Bracelet akan menjadi satu perangkat yang menjawab penemuan teknologi terbaru sesuai perkembangan zaman. Pemakaian yang mudah, praktis dan sederhana tapi tetap memberikan tampilan masa kini kepada penggunanya adalah jawaban kebutuhan generasi masa kini. Meskipun belum sempurna, perangkat ini sangat dinanti masyarakat dunia. Kita tunggu saja.

 

Perangkat lain yang dapat memudahkan gaya hidup dapat dilihat di sini.

0 comments