NOW READING

Pentingnya VGA Untuk Laptop dan PC

 7523
+
 7523

Pentingnya VGA Untuk Laptop dan PC

by The Daily Oktagon
  • VGA memiliki peran penting dalam operasional suatu PC atau laptop.
  • Besarnya memori VGA harus didukung dengan prosesor yang mumpuni juga.
  • Pemilihan jenis VGA juga harus diperhatikan agar bisa mendapatkan tampilan yang maksimal.

Sebagian orang mungkin sudah mengenal istilah VGA atau Video Graphic Array. Bagi yang belum mengetahui, VGA adalah perangkat keras yang dipasang ke dalam Central Processing Unit (CPU) atau sudah terpasang pada perangkat laptop. VGA mempunyai fungsi sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor.

Perangkat keras ini memiliki peran penting untuk laptop/PC karena bisa meningkatkan kualitas tampilan di layar PC ataupun laptop. Jika VGA memiliki kapasitas kecil dan prosesor yang kurang memadai, masalah akan muncul ketika PC atau laptop tersebut digunakan. Hal ini pasti akan mengganggu pemain saat bermain game atau terlihat gerakan yang patah saat melakukan penyuntingan gambar.

Foto: Shutterstock.com

VGA Laptop dan PC

Sebagai informasi, VGA untuk laptop dan PC sangatlah berbeda. Hal yang sangat mencolok dari perbedaaan VGA untuk PC dan laptop dapat dilihat dari penambahan ukuran memori VGA. Selain itu, VGA yang terpasang di PC akan lebih banyak menghabiskan energi dibandingkan VGA yang ada di laptop.

Kompetisi game ini menggunakan VGA yang kuat untuk laptop pesertanya. Lihat selengkapnya di sini.

Video Graphic Array untuk laptop biasanya sudah terpasang sesuai dengan pengaturan dari produsen laptop tersebut. Hal ini mengakibatkan VGA yang ada di laptop tidak bisa di upgrade. Alasan lain yang membuat VGA laptop tidak bisa ditambah adalah VGA sudah tertanam pada prosesor sehingga VGA hanya bisa mengikuti spesifikasi yang sudah disediakan.

Berbeda dengan laptop, VGA PC bisa diubah dan juga ditambah. Umumnya, terdapat slot khusus di dalam CPU untuk menambahkan VGA card. Untuk meningkatkan performa, Anda hanya perlu menambahkan VGA card pada CPU untuk mendapatkan grafis gambar yang lebih baik dan detail.

Foto: Shutterstock.com

Sesuaikan dengan Kapasitas Prosesor

Penggunaan VGA harus disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki oleh prosesor dari PC ataupun laptop yang dimiliki. Jika gemar bermain game atau berkecimpung di bidang penyuntingan gambar dan video maka VGA dan RAM tinggi sangat dibutuhkan. Selain demi kenyamanan, VGA dan RAM yang sesuai akan merawat laptop dan PC.

Lakukan cara berikut agar bisa bermain game dengan lancar.

VGA besar belum tentu bekerja dengan baik jika memiliki prosesor yang lemah dan kapasitasnya tidak besar. Hal tersebut bisa membuat perangkat VGA menjadi cepat panas saat digunakan. Tingginya suhu akan meningkatkan kemungkinan perangkat menjadi mudah rusak karena panas yang dihasilkan dari VGA.

Sebaliknya, jika prosesor mempunyai kapasitas yang tinggi tetapi VGA memiliki memori yang kecil, gambar yang akan ditampilkan menjadi tidak nyaman dilihat oleh mata. Selain itu, proses render gambar yang akan divisualkan oleh monitor juga akan tersendat. Hal ini dikarenakan muatan yang masuk ke dalam memori VGA tidak bisa langsung mengolah grafik dari prosesor.

Foto: Shutterstock.com

Pilih VGA dengan Cermat

Untuk mengoptimalkan kinerja prosesor dan VGA, pemilihan perangkat lunak bisa menjadi salah satu faktor yang perlu diperhitungkan. Perangkat lunak untuk memproses VGA yang paling umum digunakan adalah ATI Radeon dan Nvidia. Jika salah memilih VGA, ketidaknyaman saat menggunakan PC dan laptop akan muncul. Apalagi jika pekerjaan Anda bergantung kepada PC dan laptop, hal itu tentu bisa menjadi hambatan untuk untuk bekerja.

Pengguna PC yang ingin meningkatkan kualitas tampilan di monitor, sebaiknya tambahkan VGA card yang sudah dijamin kinerja dan kebolehannya seperti Zotac PCIE GTX 750. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan prosesor VGA Nvidia berkapasitas dua giga byte yang kompatibel dengan Windows 10 sehingga tampilan pada monitor akan semakin jelas dan berkualitas.

Pemilihan VGA laptop dapat dilakukan sesaat sebelum membeli laptop yang diinginkan. Perhatikan spesifikasi yang ada di dalam laptop tersebut. Sangat disarankan untuk memilih prosesor dan VGA sesuai dengan kebutuhan karena ketika sudah memilih suatu laptop dengan spesifikasi tertentu, kemampuan VGA ini tidak akan bisa ditambah maupun dikurangi.

Foto: Shutterstock.com

VGA yang digunakan untuk laptop dan PC memang sudah seharusnya diperhatikan. Hal ini dikarenakan VGA mempunyai peran penting untuk menjaga dan membuat visual dari monitor menjadi lebih baik. Selain itu, VGA yang berjalan dengan baik akan merawat PC dan monitor agar lebih tahan lama dan performanya tetap berjalan dengan baik.

0 comments