NOW READING

Pentingnya SEO pada Bisnis Online

 294
+
 294

Pentingnya SEO pada Bisnis Online

by The Daily Oktagon

Search engine optimisation (SEO) atau optimasi mesin pencari, adalah teknik untuk mempopulerkan situs maupun website, dalam rangka memperkenalkan suatu produk dan menciptakan brand awareness.

Masih banyak bisnis online yang merasa tidak mengalami peningkatan, padahal telah melakukan promosi dengan gencar di berbagai sarana online. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan salah satunya adalah popularitas. Sejauh mana orang mengenal situs/website mereka.

Pada dasarnya, kesuksesan bisnis online ditentukan oleh tingkat popularitas. Semakin terkenal dan familiar suatu situs, maka orang akan semakin percaya untuk membeli barang/jasa di sana. Dengan kata lain, orang-orang lebih tertarik untuk berbelanja di situs/website/online shop yang sudah mereka kenal dengan baik. Brand awareness tersebut dapat diciptakan melalui pemanfaatan SEO, yang bertujuan untuk membuat situs/website/online shop berada di jajaran teratas daftar mesin pencari sepeti Google, Yahoo Search, Bing, dan sebagainya.

Foto: Shutterstock.com

Memilih Kata Kunci yang Tepat

SEO merupakan teknik untuk memaksimalkan keyword (kata kunci) mengenai produk/jasa, maupun nama perusahaan. Ketika menuliskan sebuah artikel di website, content tulisan harus mengandung nama atau kategori produk yang akan dijual, atau brand yang ingin dipromosikan. Misalnya suatu bisnis yang bergerak di bidang jual beli mobil bekas. Keyword yang tepat adalah ‘Jual Mobil Bekas.’ Kata-kata itu harus tercantum di dalam artikel, sehingga ketika orang mengetik kata tersebut di mesin pencari, maka situs/website akan muncul di jajaran teratas.

Menentukan keyword memang gampang-gampang susah. Keyword yang tidak tepat, tentunya tidak akan menghasilkan konversi rate yang bagus. Keyword sebaiknya berisi kata-kata sederhana, yang kira-kira akan diketikkan oleh seseorang di mesin pencari ketika tengah mencari barang/jasa yang dibutuhkannya.

Tidak diperlukan biaya untuk menerapkan teknik SEO, jika orang yang mengelolanya sudah mengerti poin di atas. Bahkan, SEO dikenal juga sebagai teknik promosi online yang paling murah dan sederhana. Namun, beberapa perusahaan besar saat ini memilih untuk mempekerjakan SEO Specialist, dengan harapan mendapat hasil yang lebih optimal, yaitu memaksimalkan visibilitas halaman dan meningkatkan traffic pengunjung website setiap harinya.

Foto: Shutterstock.com

Mengumpulkan Data Preferensi

Selain menciptakan brand awareness, menambah popularitas dan meningkatkan traffic, teknik SEO juga memberikan keuntungan lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu data. Seperti diketahui, big data merupakan salah satu modal untuk menentukan strategi bisnis ke depan, dan memudahkan untuk menciptakan produk yang lebih inovatif, sesuai dengan kebutuhan market. Melalui teknik SEO, akan terdeteksi keyword seperti apa yang paling banyak diketik orang, sehingga diperoleh kesimpulan mengenai jenis kebutuhan di kalangan pengguna internet.

Sekalipun tidak memanfaatkan online advertising, apabila optimalisasi Search Engine Optimization berjalan dengan baik, maka situs/website/online shop akan tetap berada di ranking atas pada mesin pencarian.

0 comments