NOW READING

Pentingnya Maker Movement dan Product Development di Indonesia

 938
+
 938

Pentingnya Maker Movement dan Product Development di Indonesia

by The Daily Oktagon
  • Maker movement di Indonesia ternyata masih sangat rendah.
  • Peran maker movement bisa mengubah pendidikan menjadi lebih baik.
  • Maker movement sangat cocok untuk para pelajar yang mencari tahu tentang dunia elektronik dan digital.

Cepatnya laju perkembangan dunia teknologi dan digital memicu semua orang untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan inovasi teknologi. Hal ini dianggap penting karena ke depannya hampir semua lini kehidupan memakai barang yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, para maker dunia teknologi di Indonesia harus mulai bergerak cepat untuk mewujudkan hal tersebut. Hal ini dikenal dengan istilah Maker Movement dan Product Development.

Pergerakan maker di Indonesia ini ternyata masih sangat sedikit dan sangat perlu dikembangkan, padahal sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia tidak kalah dengan dunia luar. Hal ini senada dengan pendapat Andri Yadi selaku CEO Dycodex mengatakan bahwa hal seperti ini masih belum sering dibicarakan di Indonesia.

Foto: Shutterstock.com

Menjadi Penting

Maker Movement saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi orang-orang Indonesia. Hal ini disebabkan karena produk dari maker movement memiliki potensi yang besar untuk mengubah keadaan pendidikan di Indonesia. Anak-anak akan mendapatkan pelajaran tambahan di bidang teknologi dari produk tersebut.

Salah satu produk yang bisa digunakan adalah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Produk ini bisa digunakan untuk anak-anak yang ingin belajar coding untuk micro controller. Dengan begini, anak-anak tidak hanya terpaku pada layar smartphone atau tablet mereka saja, tapi juga bisa meningkatkan kreativitas yang mereka miliki.

Tingkatkan kreatifitas dengan menggunakan 3D printing, lihat caranya di sini.

Foto: Shutterstock.com

Disukai oleh Para Pelajar

Electronics programming yang dilakukan oleh para maker ternyata dianggap sebagai sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Sebagian besar yang menyukai hal ini adalah para pelajar karena mereka dapat belajar programming. Selain itu, mereka juga belajar elektronik secara langsung dengan cara yang mudah dimengerti.

Oleh karena hal tersebut, Andri Yadi membuat suatu maker movement untuk mengenalkan hardware dan software. Tujuannya adalah agar semua orang bisa bermain-main dengan piranti-piranti tersebut. Acara ini dihadiri oleh komunitas online dan offline untuk electronic programming, sebagian besar anggotanya adalah para pelajar dan juga para penggemar IT.

Foto: Shutterstock.com

Mudah untuk Dilakukan

Menurut Andri Yadi, sebenarnya melakukan product development dengan maker movement sekarang ini jauh lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan masa lalu karena prototyping production di Indonesia sudah tersedia. Produksi barang tersebut pun jadi jauh lebih cepat, murah, dan mudah.

Hadirnya kemudahan tersebut diprediksi akan memberikan kesempatan dan semangat para maker untuk membuat sesuatu sehingga orang-orang Indonesia bisa menikmati produk-produk teknologi terkini hasil karya sendiri. Hal lain yang bisa terbuka dari berjalannya maker movement adalah lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia.

Foto: Shutterstock.com

Bagaimana kondisi masa depan teknologi Indonesia? Lihat di sini.

Ternyata maker movement mempunyai peran penting dalam perkembangan pendidikan dan juga dunia elektronik di Indonesia. Tidak hanya itu, tingkat kesadaran masyarakat terhadap teknologi dan digital akan semakin meningkat karena telah berhasil menarik anak-anak untuk mempelajarinya. Masa depan dunia teknologi dan digital pun tidak lagi menjadi ancaman untuk anak-anak Indonesia.

0 comments