NOW READING

Pentingnya Backup Data di Perangkat Anda

 2521
+
 2521

Pentingnya Backup Data di Perangkat Anda

by The Daily Oktagon

Komputer atau perangkat mobile umumnya dapat berfungsi normal selama beberapa waktu. Meski begitu, Anda jangan terlena dan merasa semua baik-baik saja. Ada saatnya perangkat elektronik bermasalah, entah karena faktor usia atau karena kelalaian saat menggunakan.

Mengingat berbagai perangkat tersebut digunakan setiap hari, tentu saja banyak tersimpan data penting di dalamnya. Sehingga, ada baiknya Anda selalu mencadangkan data pada perangkat Anda secara berkala. Jika sewaktu-waktu terjadi masalah, meski perangkatnya tidak bisa diselamatkan, Anda sudah punya file cadangannya.

Kali ini, kita akan membahas pentingnya backup data di perangkat Anda. Mari simak caranya mencadangkan data di komputer Mac, Windows, dan perangkat iOS, serta Android. Jangan khawatir, prosesnya tidak sulit dan hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja.

Baca dulu artikel menarik berikut, Apa Saja Hal Menarik di Windows 10 yang Wajib Anda Ketahui?

Mac
Apple menyediakan solusi pencadangan bernama Time Machine yang mudah digunakan. Sebelum bisa menggunakan fitur ini, Anda harus punya hard drive eksternal yang kapasitasnya lebih besar dari ruang penyimpanan Mac.

Misalnya kapasitas hard drive Mac Anda 500 GB, maka hard drive eksternalnya harus lebih besar dari itu, dengan asumsi penyimpanan Mac dalam keadaan penuh.

Anda juga perlu memformatnya sebagai OS X Extended atau Journaled terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan lewat Disk Utility. Selanjutnya, sambungkan hard drive eksternal tersebut ke Mac Anda dan ikuti langkah berikut.

Mac_1

1. Buka “System Preferences” dari menu Apple, lalu klik ikon “Time Machine.” Pada layar berikut, Nyalakan Time Machine dengan mengeklik tombolnya ke posisi “ON.”

Mac_2

2. Lalu klik “Select Disk…” untuk memilih hard drive eksternal yang telah Anda format sebagai lokasi pencadangan. Sebagai contoh, kita pilih ikon hard drive berwarna kuning dengan label “Time Machine” pada bagian “Available Disks,” lalu klik “Use Disk.”

Mac_3

3. Jika ruang hard drive eksternal Anda terbatas, atau Anda tidak ingin mencadangkan folder-folder tertentu, Anda dapat mengeklik “Options…,” lalu klik tombol “+” dan pilih folder yang tidak ingin disertakan dalam proses pencadangan.

Proses ini akan berjalan otomatis setiap Anda menyambungkan hard drive ke Mac. Perlu diketahui, proses pencadangan pertama akan berlangsung lebih lama ketimbang proses berikutnya.

Perangkat iOS
Mencadangkan perangkat iOS tidak kalah penting. Jika terjadi sesuatu, Anda bisa mengembalikan semua data dan aplikasi yang Anda cadangkan terakhir kalinya. Perangkat iOS dapat dicadangkan dengan dua cara, yaitu lewat iTunes atau iCloud.

Cara paling mencadangkan paling mudah adalah dengan iTunes di komputer Anda. Namun, perangkat iOS baru umumnya secara otomatis mencadangkan lewat iCloud. Untuk mengubahnya ke iTunes, caranya sebagai berikut.

Perangkat_iOS_1

1. Buka iTunes, kemudian klik ikon perangkat iOS Anda dari deretan ikon yang ada di kiri atas layar.

Perangkat_iOS_2

2. Dengan tab Summary terpilih, pastikan opsi “This Computer” di bagian “Backups” tercentang.

Perangkat_iOS_3

3. Lakukan pencadangan dengan mengeklik “Back Up Now.”

Selanjutnya, perangkat iOS Anda akan tercadangkan setiap tersambung ke iTunes. Atau, Anda bisa melakukan secara manual dengan mengklik “Back Up Now.”

Windows 10
Microsoft selalu memperbaiki dan meningkatkan fungsi pencadangan pada setiap seri Windows. Pada Windows 10, fitur ini kian simpel dan memudahkan penggunanya. Sama seperti pencadangan dengan Time Machine, Anda memerlukan hard drive eksternal yang khusus berfungsi untuk menyimpan data cadangan.

Seperti telah disinggung di atas, prosesnya sangat simpel dan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

Windows_1

1. Klik ikon Windows di sudut kiri layar, lalu klik “Settings,” dan pilih opsi “Update & Security.”

Windows_2

2. Pilih opsi “Backup” dan klik Tombol “+” menambahkan drive eksternal sebagai lokasi pencadangan.

Windows_3

3. Windows 10 memberikan beberapa pilihan proses pencadangan, seperti durasi dan berapa lama sebuah fail cadangan disimpan. Ini bisa diakeses lewat “More options.” Pada menu ini, Anda juga bisa memilih folder yang ingin disertakan atau tidak dari proses pencadangan.

Android
Cara mencadangkan perangkat Android, khususnya versi Lollipop 5.0.1, juga tergolong mudah. Karena data Anda tersimpan ke cloud, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat ke komputer untuk melakukannya. Opsi pencadangan biasanya secara otomatis sudah aktif. Namun, jika Anda ingin memastikan apakah fitur ini sudah menyala, berikut adalah langkahnya:

Android1. Buka Settings, yaitu ikon roda gigi. Kemudian, masuk ke opsi Backup & Reset. Pastikan tombol “Back up my data” dalam posisi “ON.” Juga, jika Anda ingin mengembalikan data aplikasi yang pernah Anda hapus saat instalasi ulang, klik tombol “Automatic restore.

Ketika Anda berganti perangkat baru, atau melakukan hard reset, pengaturan dan aplikasi akan kembali seperti terakhir kali Anda menggunakannya.

Ada banyak cara mencadangkan data sesuai perangkat yang Anda gunakan. Mudah bukan? Jadi, jangan ragu untuk mencadangkan data.

Ingin mengenal lebih banyak mengenai aplikasi? Baca artikel berikut, 5 Aplikasi iOS yang Berguna untuk Anda

0 comments