NOW READING

Penggunaan Gadget Secara Positif ala Joe Taslim

 797
+
 797

Penggunaan Gadget Secara Positif ala Joe Taslim

by The Daily Oktagon
  • Joe Taslim menganggap kemajuan teknologi sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan.
  • Menurutnya, kemajuan teknologi mendatangkan manfaat positif selama tidak digunakan secara berlebihan.
  • Penggunaan gadget sudah seharusnya dilakukan dengan seefektif mungkin dan tepat sasaran.

Sama seperti kebanyakan orang saat ini, aktor laga ternama Indonesia Joe Taslim juga tidak bisa lepas dengan yang namanya gadget dalam kesehariannya.

Aktor laga yang ikut berperan dalam film Star Trek Beyond (2016) ini, menganggap gadget merupakan barang penting yang selalu ia bawa untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Bahkan, menurut Joe, gadget sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan. Meski begitu, kemajuan teknologi tak hanya mendatangkan manfaat positif, tapi juga ada dampak negatifnya. Tim The Daily Oktagon berkesempatan berbincang dengan mantan atlet judo ini saat ia menghadiri acara peluncuran Asus Zenfone 4 Selfie Series di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu.

Jangan Ngaku Anak Muda Kalau Belum Tahu Gadget Ini

Apa kesibukan Joe Taslim saat ini?

Tahun ini lumayan cukup sibuk. Selain sibuk dalam penggarapan beberapa film, saat ini saya juga sedang sibuk mengikuti syuting iklan yang saya bintangi.

Bagaimana pandangan Anda mengenai kemajuan teknologi saat ini?

Teknologi sudah seharusnya membantu memudahkan pekerjaan kita, menghubungkan kita dengan orang lain secara lebih mudah, dan digunakan untuk belajar banyak hal. Sudah seharusnya kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Saya dan keluarga pun selalu memanfaatkan teknologi yang ada sekarang ini dengan semaksimal mungkin.

Menurut Anda apa dampak negatif dari penggunaan gadget?

Dampak negatif dari gadget adalah ketika kita menggunakannya secara berlebihan. Misalnya, gadget digunakan saat jam sekolah oleh anak-anak atau dimanfaatkan untuk browsing hal-hal yang tidak benar.

Bagaimana dengan dampak positifnya?

Manfaat positif dari gadget sendiri bisa digunakan untuk belajar banyak hal di internet, seperti belajar musik, fotografi, astronomi, dan lainnya. Belajar lewat tutorial di YouTube juga sangat menarik, karena kita bisa belajar melakukan suatu hal step by step secara jelas. Yang terpenting adalah penggunaan gadget itu harus seefektif mungkin dan tepat sasaran.

Pesan dari Joe Taslim agar anak-anak sekarang tidak menggunakan gadget secara berlebihan?

Penggunaan gadget bisa membuat kita merasa nyaman dengan dunia kita sendiri. Jika berlama-lama hal ini akan membawa dampak buruk. Contohnya, jika anak bermain gadget terlalu lama, waktu mereka berinteraksi dengan orang lain akan lebih sedikit dan bahkan bisa tidak berbicara sama sekali dengan orang-orang di sekitarnya. Hal inilah yang akan berbahaya bagi anak. Untuk itu, saya mengingatkan kepada anak di masa sekarang, kecanggihan smartphone itu harus kita gunakan untuk membantu mempermudah kehidupan. Jangan biarkan diri kita menjadi terlena di dunia sendiri karena penggunaan gadget yang berlebihan.

Anak Indonesia Rentan Kecanduan Gadget? Cegah dengan 4 Langkah Ini!

Sebaiknya gunakan gadget itu untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, seperti menanyakan kabar mereka dan membuat janji untuk bertemu bersama-sama. Hal ini terutama untuk orang yang tidak bisa sering bertemu. Jadi, jangan sampai kehidupan sosial kita terganggu hanya karena kita terlalu asyik sendiri bermain gadget.

Apakah gadget itu berguna untuk menunjang pekerjaan?

Saya sebagai aktor merasa bahwa gadget, terutama smartphone atau tablet sangat penting untuk menunjang pekerjaan saya. Saya menggunakan smartphone untuk chatting atau video call, guna berkomunikasi dengan klien-klien saya. Gadget juga saya butuhkan untuk keperluan audisi. Saat ini saya menganggap bahwa smartphone itu sudah menjadi kebutuhan, karena banyak fitur di smartphone yang sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan.

Apakah kamera selfie itu penting bagi seorang aktor seperti Joe Taslim?

Kamera adalah salah satu fitur yang berguna untuk menunjang pekerjaan saya sebagai aktor. Meski sebenarnya saya adalah orang yang tidak terlalu suka selfie, tapi tuntutan pekerjaan di dunia entertainment membuat saya harus melakukan hal ini. Selfie kadang perlu ketika saya sedang ada di sebuah acara atau di lokasi syuting dan harus membagikan momen kepada para penggemar saya lewat media sosial. Kamera selfie pada smartphone juga membantu kita agar bisa mandiri untuk mendokumentasikan suatu momen penting, tanpa harus mengandalkan fotografer.

Ini Perbedaan Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro

Namun, ketika mengunggah foto selfie di media sosial saya tentu tidak hanya ingin pamer penampilan saja, tapi saya juga memasukkan informasi penting. Jadi, ketika ingin membagikan foto selfie, saya harus memiliki tujuan untuk memberitahu kepada para penggemar apa yang sedang saya lakukan saat itu.

Jika harus memilih, lebih penting dompet atau smartphone?

Tergantung situasinya. Jika saya sedang berada di luar negeri, saya akan bilang lebih penting smartphone. Karena jika di luar negeri hampir di semua tempat saya bisa melakukan pembayaran secara mudah hanya dengan menggunakan smartphone. Lain halnya jika di Indonesia, di mana dompet yang lebih penting, setidaknya untuk saat ini. Alasannya, di Indonesia kita kemana-mana harus membawa identitas seperti KTP, dan SIM. Jika tidak, saya bisa-bisa ditangkap polisi nanti.

Smartphone seperti apa yang bisa menjadi andalan bagi Joe Taslim?

Karena saya adalah orang yang bisa dibilang sangat sibuk, maka smartphone dengan baterai berkapasitas besar akan sangat memenuhi kebutuhan saya. Apalagi saya bukan tipe orang yang suka membawa membawa barang terlalu banyak di kantong saya. Jadi, saya tidak mungkin untuk membawa powerbank kemana-mana atau men-charge smartphone berkali-kali dalam sehari. Setiap hari saya biasanya hanya mengantongi dompet dan satu smartphone, tentunya yang memiliki kapasitas baterai besar agar penggunaan lebih efektif dan efisien. Smartphone yang saya gunakan harus tahan lama dalam menemani saya beraktivitas dari pagi sampai malam. Menurut saya, smartphone secanggih apa pun, jika baterainya hanya tahan sampai setengah hari tidak akan ada gunanya.

Asus Zenfone 4 Max, Smartphone Tahan Lama Dengan Wide View Camera

Fitur apa yang seharusnya ditingkatkan untuk membuat smartphone menjadi lebih sempurna ke depannya?

Karena saya sangat suka energy, maka saya harap ke depannya smartphone memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Sehingga saya bisa menggunakan smartphone dalam waktu berhari-hari tanpa perlu berulang kali mengisi ulang daya baterainya.

0 comments