NOW READING

Penggunaan Fitur Chatbot Untuk Meningkatkan Aktivitas Konsumen

 221
+
 221

Penggunaan Fitur Chatbot Untuk Meningkatkan Aktivitas Konsumen

by The Daily Oktagon
  • Kehadiran sistem AI saat ini membuat para inovator mengembangkan kepintaran yang dimilikinya.
  • BJTech pun memberanikan diri untuk membuat aplikasi chatbot yang mampu melayani pelanggan dalam sebuah transaksi.
  • Penggunaannya pun ternyata dapat mengentahui tingkat aktivitas konsumen untuk permintaan sebuah produk.

Era digital menghadirkan banyak teknologi canggih yang dibuat untuk mempermudah hidup manusia. Dahulu sebagian besar pengguna smartphone memakainya untuk berkomunikasi melalui telepon. Kemudian, muncul fitur SMS (Short Message Service) yang dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan singkat. Lalu, berkembang menjadi sebuah aplikasi dengan fitur serupa, tetapi tidak menggunakan pulsa sebagai moda pembayaran. Dengan memanfaatkan jaringan internet, salah satu yang paling diminati saat ini adalah aplikasi ruang percakapan.

Melalui ruang percakapan ini, pengguna dapat berinteraksi dengan orang lain yang berbeda lokasi. Para pengembang pun melihat peluang untuk berbisnis yang kemudian menghasilkan suatu fitur khusus. Fitur khusus tersebut diberi nama chatbot, yaitu sebuah fitur yang membuat pengguna bisa chatting dengan robot yang menggunakan sistem artificial intelligence (AI). Sekarang, fitur ini sudah digunakan oleh salah satu platform e-commerceBang Joni. Dirilis dua tahun lalu, chatbot ini menjadi fitur yang dipilih untuk menawarkan produk mereka yang masih dikembangkan hingga saat ini.

 

Foto: Shutterstock

 

Apa itu Bang Joni? Selengkapnya ada di artikel yang bisa dibaca di sini.

Bahasa Santai Namun Membantu

PDC’17 yang diselenggarakan Tech In Asia di 9-10 Agustus lalu, sempat membahas mengenai kehadiran chatbot untuk perdagangan elektronik. Diatce Harahap selaku CEO PT. Jualan Online Indonesia (BANG JONI) dipilih menjadi pembicara untuk materi ini. Bang Joni sendiri adalah salah satu fitur percakapan yang menggunakan sistem AI. Bang Joni yang mengobrol dengan pengguna pada kenyataannya bukan manusia nyata, tetapi sebuah robot yang diatur untuk menjawab obrolan tersebut.

Fitur chatbot biasanya sudah dibentuk oleh pemrogram untuk dapat membalas pesan dalam sebuah percakapan. Balasan dilakukan secara otomatis sesuai perintah yang dibuat pada sistem AI. Saat pengguna mengetik sebuah dialog, chatbot akan menjawab sesuai dengan pernyataan atau pertanyaan pengguna. Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan pengguna, Bang Joni sendiri menggunakan bahasa keseharian yang tidak terlalu formal.

Untuk penyesuaian bahasa, tentu dilakukan pendataan terlebih dahulu yang didapat dari hasil percakapan setiap pengguna. Tantangan terbesar pengembang chatbot di Indonesia adalah struktur bahasa yang kompleks. Jika bahasa Inggris memiliki susunan kata yang lebih jelas, bahasa Indonesia sendiri memiliki susunan yang berbeda di wilayah Nusantara. Penggunaan SPOK menjadi kurang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Pemilihan kata-kata lebih santai seperti ‘dong’ dan kata yang disingkat dari ‘di mana’ menjadi ‘dmn.’ “Ini baru bahasa Jakarta, belum berbicara bahasa Jogja, Bali, Makassar, dan lain-lain,” tambah Diatce.

 

 

Membantu Penawaran Produk

Faktor utama lainnya yang penting dipertimbangkan adalah pemilihan produk sesuai kebutuhan pengguna. Sebenarnya pemilihan produk ini merupakan tahap awal pembuatan chatbot, yang diikuti penggunaan bahasa setelahnya. Produk yang akan ditawarkan kepada konsumen tidak asal dipilih oleh pengembang program atau fitur. Data kembali menjadi elemen penting untuk mengetahui keinginan membeli suatu produk seorang konsumen.

Di Bang Joni sendiri, produk yang ditawarkan kepada pengguna sudah sangat beragam. Mulai dari pesan tiket pesawat hingga kendaraan daring Uber, info cuaca, dan juga beli pulsa. Hanya dengan mengetik “Pulsa abis nih bang,” pengguna akan diberi perintah untuk memasukkan nomor. Kemudian akan muncul tampilan nominal pulsa dan keterangan harga dari pulsa tersebut. Setelah memilih, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan transfer melalui bank atau bisa memanfaatkan layanan BJPay.

Untuk memilikinya, pengguna hanya perlu mengetik MENU pada ruang percakapan. Lalu akan muncul pilihan menu termasuk BJPay, lalu pilih register. Setelah itu, pengguna akan dimintai nomor telepon yang aktif untuk pengiriman kode verifikasi. Pengguna pun bisa langsung memakai fitur BJPay ini untuk membayar biaya pulsa yang tadi sudah dibeli. Pembayaran melalui BJPay juga bisa dilakukan saat membeli tiket pesawat atau token listrik.

 

 

Fitur Terbaru Dari Bang Joni (BJ) Tech

Perkembangan BJ Tech tentu yang paling ditunggu pengguna setianya. Dalam waktu dekat, akan dirilis aplikasi bernama Maya yang bisa disebut juga sebagai versi wanita dari Bang Joni. Bekerja sama dengan BNI, aplikasi ini digunakan khusus untuk transaksi perbankan melalui satu aplikasi saja. Layaknya Bang Joni, pemanfaatan sistem AI pun masih dilakukan untuk program ini. Baik Bang Joni atau Maya nantinya, juga tetap terintegrasi pada aplikasi ruang chat seperti LINE.

Pengembangan masih terus dilakukan untuk memaksimalkan sistem AI pada teknologi seperti chatbot. Sebagai salah satu karya anak bangsa, BJ Tech berkomitmen memuaskan pengguna dengan fitur yang mudah digunakan. Mulai dari beli produk digital maupun non-digital, bayar tagihan bulanan, hingga info lalu lintas atau cuaca. Semua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dan mampu mengubah gaya hidup menjadi lebih digital.

Ulasan mengenai pentingnya asisten virtual bagi pelajar dan mahasiswa bisa dibaca di sini.

0 comments