NOW READING

Penggunaan Artificial Intelligence yang Mempermudah Pekerjaan

 481
+
 481

Penggunaan Artificial Intelligence yang Mempermudah Pekerjaan

by The Daily Oktagon
  • Artificial Intelligence (AI) menjadi teknologi yang sedang populer saat ini.
  • AI merupakan sistem berpikir manusia yang disematkan pada perangkat atau software.
  • Perangkat berbasis AI yang dapat membantu memudahkan pekerjaan.

Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, banyak perusahaan teknologi berlomba menciptakan inovasi teknologi canggih. Teknologi canggih yang saat ini sedang populer adalah teknologi yang menggunakan sistem kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan Artificial Intelligence (AI).

AI merupakan sebuah sistem berpikir manusia yang disematkan dalam sebuah perangkat atau software. Dengan penemuan teknologi yang canggih ini, banyak kita temui mesin yang memiliki kemampuan hampir sama dengan manusia. Mulai dari berpikir, menganalisis, bahkan sampai bertindak layaknya manusia.

Foto: Shutterstock

Belakangan ini, sering kita jumpai perangkat-perangkat berbasis AI yang dapat membantu memudahkan pekerjaan. Mulai dari yang tak tampak wujudnya atau bisa dibilang software sampai yang berbentuk robot. Apa saja perangkat berbasis AI tersebut? Mari simak ulasan berikut.

Baca juga : Google Allo, Aplikasi Chatting Baru Berteknologi Artificial Intelligence

Disematkan Pada Robot

Kecerdasan buatan yang disematkan dalam bidang robotik terus dikembangkan oleh para ilmuwan. Salah satu contoh robot berbasis AI adalah robot buatan Microsoft yang disebut Emotion Api. Robot ini merupakan robot emosional yang mampu mendeteksi emosi seseorang dari ekspresi wajahnya. Selain itu, baru-baru ini juga tercipta robot Vacuum Cleaner yang dapat bekerja sesuai dengan perintah kita. Dengan adanya robot tersebut, pekerjaan manusia menjadi lebih terbantu dan efisien.

Memprediksi Masa Depan

Baru-baru ini, anak perusahaan Google, Deep Mind, mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan sebuah kecerdasan buatan yang bisa memprediksi masa depan. Hal ini berbeda dengan memprediksi masa depan layaknya peramal, tetapi lebih kepada mempertimbangkan keputusan dan membuat rencana tanpa instruksi dari manusia. Sistem ini menggunakan cara berpikir manusia dalam hal mengambil keputusan sebelum bertindak.

Foto: Shutterstock

Dilansir dari situs resmi Deep Mind, seseorang peneliti mengilustrasikannya seperti ini, “ketika meletakkan gelas di ujung meja, misalnya, kita akan berhenti sebentar untuk menilai seberapa stabil gelas tersebut dan akankah gelas tersebut jatuh atau tidak. Dengan basis konsekuensi yang diimajinasikan ini, kita mungkin akan menata ulang gelas tersebut agar tidak jatuh dan pecah.” Sistem penalaran manusia seperti inilah yang diusung sebagai konsep dasar sistem kecerdasan ini.

Baca juga : Ketika Gamers Profesional Dikalahkan oleh Artificial Intelligence (AI)

Dalam Dunia Medis

Teknologi yang sangat canggih tak dipungkiri akan menyentuh ranah medis. Sekarang ini banyak rumah sakit besar yang telah memanfaatkan teknologi AI pada perangkat medis mereka.

Kecerdasan buatan dalam bidang medis yang sering kita temui adalah mesin rekam medis. Perkembangan rekam medis memang jauh lebih baik, dari yang mulanya menggunakan catatan dengan kertas, kini rekam medis telah bisa didapatkan dalam bentuk elektronik. Sehingga rekam medis pasien dapat disimpan lebih aman menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk bahkan sampai tempat penyimpanan online.

Foto: Shutterstock

Masih berbicara pemanfaatan AI dalam bidang medis, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan sedang mengembangkan sistem kecerdasan buatan yang dapat membantu dokter dalam mengobati pasien. Sistem ini disebut dengan Deep Face LIFT, yang mana perangkat ini mampu mendeteksi seberapa besar rasa sakit yang dirasakan oleh seorang pasien dengan objektif.

Untuk Keamanan

Teknologi keamanan tak kalah berbeda dengan teknologi lainnya. Dalam jangka waktu dekat ini, banyak perusahaan teknologi yang menciptakan sebagian perangkat keamanan berbasis AI. Perangkat tersebut rata-rata diciptakan bertujuan untuk mengamankan rumah. Salah satunya beberapa smartlock yang akhir-akhir ini sedang booming dibicarakan. Beberapa dari perangkat kunci pintar tersebut mengusung teknologi IoT yang bisa memberi notifikasi jika terjadi hal-hal aneh di sekitar rumah atau lingkungan kita.

0 comments