NOW READING

Pendampingan Orang Tua Saat Sang Anak Menikmati Konser

 424
+
 424

Pendampingan Orang Tua Saat Sang Anak Menikmati Konser

by The Daily Oktagon
  • Banyaknya artis yang bermunculan saat ini mengadakan konser yang didatangi ribuan penggemar, termasuk anak-anak.
  • Pendampingan dari orang tua tentu diperlukan supaya anak tetap aman saat di tengah kerumunan orang.
  • Pastikan bahwa artis yang tampil memberikan edukasi kepada anak, sehingga kesenangan dan nilai moral bisa diterima sang anak sekaligus.

Mendampingi anak saat menonton konser perlu dilakukan orang tua di zaman ini. Dengan panduan yang tepat, orang tua bisa mengawasi tanpa harus mengganggu kesenangan anak.

Indonesia saat ini semakin sering diadakan acara seperti konser atau festival besar lainnya. Dari konser musik para musisi dalam hingga luar negeri, juga festival tahunan seperti Pekan Raya Jakarta di Kemayoran. Penonton yang diperbolehkan masuk juga dari segala umur dari orang dewasa hingga anak-anak. Para penonton usia 12 hingga 16 tahun perlu diawasi oleh orang tua terkait hal-hal mengenai konser.

Sebagai orang tua, di era globalisasi ini pengawasan dari orang tua kepada anaknya menjadi sebuah hal yang sangat penting. Tak hanya secara verbal, terkadang ada juga mereka yang mau ikut menonton konser agar bisa melihat langsung apa yang sedang terjadi di sana. Mereka ingin mengetahui apakah penampilan sang artis memberikan dampak positif atau negatif bagi anaknya. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan orang tua selama anaknya datang pada sebuah konser besar? Berikut ulasannya untuk para orang tua.

 

Foto: Shutterstock.com

Ajak Anak Menonton Konser Pertama

Usia 11–12 tahun merupakan waktu paling tepat untuk menyaksikan konser untuk pertama kalinya. Pada usia ini, anak sudah bisa duduk tenang meski saat jeda atau pembukaan acara yang cukup lama. Anak juga sudah mampu mengetahui lagu serta liriknya sehingga bisa ikut merasakan euforia konser bersama. Berikan sedikit keleluasaan pada anak saat konser berlangsung agar tidak merasa tidak terlalu diproteksi.

Untuk anak dengan usia beranjak remaja, orang tua perlu memberi ‘syarat dan ketentuan’ kepada anaknya. Misalnya, anak diperbolehkan menonton konser sendiri atau bersama teman di usia 17 tahun. Perhatikan juga waktu mulai konser dan musisi yang cenderung membawakan lagu bertemakan ‘dewasa.’ Orang tua harus mampu mencari info tentang artis terkait dan jelaskan ke anak bahwa hal tersebut tidak patut dicontoh karena mereka masih belum cukup umur.

Harga tiket konser juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pihak penyelenggara biasanya akan mematok harga tinggi karena persiapan yang tidak sedikit. Untuk itu orang tua harus bisa menentukan aturan saat anak ingin membeli tiket konser. Buat anak mampu menghasilkan uang dengan menabung uang jajan mereka. Orang tua juga bisa memberikan upah jika mereka mampu melakukan pekerjaan rumah atau mampu mendapat nilai terbaik di kelas.

Ingin menceritakan pengalaman nonton konser dengan anak? Bisa pilih blog atau vlog dengan membaca artikel ini.

Foto: Shutterstock.com

Hal-hal yang Menentukan Kesenangan Saat Konser

Jika sebagai orang tua belum merasa aman meninggalkan anak, mereka bisa ikut menonton konser tersebut. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah waktu dan tempat konser. Lebih baik untuk memilih waktu konser saat akhir pekan dan yang dimulai pada sore hari. Bila konser diadakan pada hari sekolah atau di malam hari, biasanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Untuk masalah tempat, pastikan lokasinya berada di dalam ruang yang cukup aman. Hal ini agar mengantisipasi cuaca seperti hujan atau terik matahari yang dapat menyebabkan anak sakit.

Posisi menonton juga menjadi hal penting untuk anak-anak. Dalam sebuah konser, biasanya terbagi menjadi area berdiri dan duduk. Menurut Wertheimer, pendiri Crowd Management Strategies, akan lebih aman jika anak dan orang tua memilih area dengan tempat duduk. Risikonya akan lebih besar membiarkan anak berdiri di area depan panggung karena berdesakkan dengan penggemar lain atau posisikan diri dibelakang kerumunan orang jika tempat duduk tidak disediakan penyelenggara.

Bagikan keseruan menonton konser bersama anak melalui Instastory dengan tip di artikel ini.

Foto: Shutterstock.com

Ketahui Informasi Lengkap Mengenai Konser

Orang tua juga wajib mengetahui siapa penyelenggara konser yang akan didatangi anak. Hal ini untuk menjaga keamanan, mulai dari pembelian tiket hingga saat konser berlangsung. Kredibilitas promotor bisa diketahui dengan mencari informasi dari acara yang pernah diselenggarakan oleh mereka sebelumnya. Simpan nomor telepon atau hotline dari promotor untuk berjaga-jaga.

Hal yang terpenting adalah orang tua harus mengetahui siapa artis yang akan tampil saat konser. Pada konser, pastikan bahwa artis memberikan penampilan yang menghibur dan mungkin juga mendidik anak. Hal ini dilihat dari musik yag dibawakan, pakaian yang digunakan, hingga penggemar dari artis tersebut. Semakin lengkap informasi yang didapat, sebagai orang tua pun akan merasa anak akan lebih aman saat menonton konser tersebut.

 

Foto: Shutterstock.com

Dapat dipahami bahwa anak di usia remaja agak sulit untuk diberi aturan tertentu. Mereka merasa sudah cukup dewasa untuk datang pada konser seorang diri atau bersama teman sebaya. Agar orang tua bisa merasa tenang, terutama saat anak menonton konser di luar kota atau bahkan di luar negeri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Fitur Safety Check yang diperkenalkan oleh Facebook menjadi opsi paling populer saat kondisi genting sedang berlangsung.

Ajarkan anak manfaatkan teknologi terkini dengan membaca artikel berikut.

Google juga memiliki fitur Trusted Contacts yang sangat efisien untuk memberi kabar terakhir pada beberapa orang secara sekaligus, dan mengirimkan lokasi terakhir dalam keadaan darurat. Prinsip yang sama juga diterapkan oleh Apple pada semua iPhone, yakni Find My Friends yang menjadi aplikasi bawaan. Aplikasi ini dapat diakses oleh orang-orang terdekat yang dipercayakan untuk memegang akses tersebut, seperti orang tua, saudara, atau sahabat baik. Anak bisa bersenang-senang selama acara, orang tua pun akan merasa lebih tenang.

0 comments