NOW READING

Pebble Time, Versi Terbaru dari Smartwatch Terpopuler Pebble

 3052
+
 3052

Pebble Time, Versi Terbaru dari Smartwatch Terpopuler Pebble

by The Daily Oktagon

Jauh sebelum Apple Watch dan rekan-rekan sejawatnya lahir, sebuah smartwatch tak dikenal muncul dan membuat kiprah fenomenal di Kickstarter. Pebble namanya, dan harus diakui, ialah yang memulai gemparnya tren smartwatch di dunia.

pebble-time-01

Selang tiga tahun sejak kampanye crowdfunding-nya pertama dimulai, sudah waktunya bagi Pebble untuk meluncurkan suksesor smartwatch-nya yang begitu dicintai banyak orang. Mereka pun kembali ke ‘tanah kelahirannya’, Kickstarter, dan mengungkap Pebble Time.

Pebble Time mempertahankan segala hal bagus dari pendahulunya. Namun di sisi lain, ia juga membawa penyempurnaan yang cukup signifikan. Satu yang paling menonjol adalah layarnya yang kini berwarna. Layar 1,26 inci ini masih menggunakan teknologi e-paper, dengan resolusi 144 x 168 pixel.

pebble-time-03

Berbeda dari layar LCD atau OLED milik mayoritas smartwatch lain, layar Pebble Time ini cuma bisa menampilkan 64 warna. Kendati demikian, berkat teknologi e-paper, ia mudah dilihat di bawah terik matahari dan bisa terus menyala tanpa harus menyedot daya baterai dengan cepat.

Karena memakai layar berwarna, daya tahan baterai Pebble Time sendiri sebenarnya kalah dibanding pendahulunya. Pun begitu, ia masih bisa beroperasi hingga 7 hari non-stop. Angka ini jelas lebih tinggi ketimbang sebagian besar pesaingnya di pasaran.

Soal desain, Pebble Time tampak lebih modern berkat bentuk tubuh yang sedikit melengkung dan 20% lebih tipis, tepatnya di angka 9,5 mm. Bezel di sekitar layarnya terbuat dari bahan stainless steel, sedangkan layarnya sendiri dilapisi oleh kaca Gorilla Glass.

Kemampuan tahan airnya pun tetap dipertahankan. Artinya, Anda bebas mengajak Pebble Time berbasah-basahan, bahkan menyelam hingga kedalaman 30 meter di bawah air.

Tim pengembangnya rupanya juga telah mempermudah mekanisme penggantian strap milik Pebble Time. Pengguna kini bisa memasangkan strap arloji apapun asalkan sesuai standar yang berukuran 22 mm.

Namun inovasinya di bidang desain tidak berhenti sampai di situ saja. Selain strap standar berbahan silikon, Pebble Time juga akan ditemani oleh aksesori bernama Smartstrap. Aksesori ini memanfaatkan port khusus yang terdapat di bagian belakang Pebble Time.

Gagasan yang diusung Smartstrap sederhana: strap milik Pebble Time dapat mengemas komponen elektronik dan sensor untuk mengaktifkan berbagai fungsi ekstra. Fungsi-fungsi yang dimaksud pun bermacam-macam, mulai dari penanda lokasi GPS, monitor laju jantung, pasokan daya baterai tambahan, dan lain sebagainya. Semuanya dipercayakan pada pihak pengembang hardware untuk merancang Smartstrap ini.

pebble-time-02

Soal pengoperasian, Pebble Time masih mengandalkan ketiga tombol pada sisi kanannya ketimbang panel sentuh kapasitif pada layarnya. Namun agar lebih mudah dipakai, sebuah mikrofon pun dihadirkan supaya pengguna bisa merespon notifikasi atau membuat catatan kecil dengan perintah suara. Terkait kompatibilitas, ia bisa digunakan bersama perangkat iOS 8 maupun Android 4.0 ke atas.

Lanjut ke bidang software, sistem operasi Pebble OS untuk Pebble Time rupanya telah dirombak total. Sistem ini tidak lagi mengandalkan aplikasi terpisah untuk menampilkan informasi; notifikasi, ramalan cuaca, berita, reminderdan informasi lainnya kini disajikan dalam bentuk Timeline secara kronologis, mirip seperti yang ditawarkan Google Now di smartphone.

Sekitar lebih dari 8.000 aplikasi dan watch face yang dirancang untuk Pebble masih kompatibel dengan OS baru milik Pebble Time. Hanya saja, kalau aplikasi tersebut belum di-update, tampilannya masih akan tampak hitam-putih. Memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, Pebble Time juga bisa berperan sebagai sebuah fitness maupunsleep tracker.

Saat ini kampanye Pebble Time di Kickstarter sudah usai, dan ia bisa dipesan seharga $200 per unit melalui situs resminya. Anda bisa memilih tiga variasi warna yang disediakan, yakni hitam, putih atau merah.

0 comments