NOW READING

Panasonic Lumix GH5: Kamera Mirrorless untuk Para Profesional

 569
+
 569

Panasonic Lumix GH5: Kamera Mirrorless untuk Para Profesional

by The Daily Oktagon
  • Memiliki kamera mirrorless yang mumpuni sangat diidamkan, khususnya oleh pembuat vlog.
  • Panasonic Lumix GH5 menjadi pilihan, khususnya untuk para profesional fotografi.
  • Tekstur badan yang anti slip membuatnya dapat digunakan pada medan ekstrim seperti bebatuan.

Perkembangan teknologi di bidang fotografi memunculkan jenis kamera mirrorless yang sangat diminati pasar Asia Tenggara. Beragam pabrikan kamera pun berlomba untuk meluncurkan jenis kamera ini dengan fitur-fitur yang diberikan. Tren untuk pasar digital still camera semakin berkembang termasuk di Indonesia. Panasonic pun mencoba peruntungan dengan merilis kamera mirrorless pada Mei 2017. Diberi nama Lumix DC-GH5L, kamera ini merupakan penerus tipe kamera DSLM dengan fitur yang semakin lengkap.

Kamera ini hadir dengan kemampuan yang tidak hanya sekadar memotret, tapi juga merekam gambar. Kualitas gambar yang dihasilkan adalah resolusi dengan 4K dan 6K. Kamera ini digadang-gadang menjadi kamera mirroless pertama yang setara dengan perekam video profesional. Dibandrol dari harga Rp26 jutaan, pengguna dapat membuat karya fotografi yang apik. Bentuknya seperti kamera DSLR, membuatnya terlihat kokoh saat digunakan untuk kegiatan di lapangan.

 

Kesan ‘Garang’

Pertama kali melihat dan membuka kotak, warna hitam mendominasi keseluruhan produk. Semua komponen tersusun rapi dan terbungkus sehingga aman saat dibawa. Di dalamnya terdapat badan kamera, lensa kit Leica DG Vario-Elmarit 12-60mm, pengisi baterai beserta kabel dan tali bahu. Untuk pengisian baterai, disediakan dua kabel yang berbeda steker, yaitu kepala dua dan kepala tiga. Tersedia juga kabel yang menghubungkan langsung antara kamera dengan PC atau laptop.

Semua komponen berwarna hitam, memberikan kesan ‘garang’ bagi penggunanya. Tekstur yang terdapat pada badan kamera sangat tajam dan timbul, sehingga pengguna dapat memegangnya dengan kuat. Hal ini mengartikan bahwa kamera antislip saat digunakan pada kondisi tangan pengguna yang sedang basah. Pengguna dapat mengambil gambar saat lokasi pemotretan lembab atau saat jalur yang dilewati berbatu.

 

Fitur Canggih Dan Profesional

Saat diluncurkan, kamera ini sudah menjadi perhatian karena fiturnya yang cukup spesial untuk sebuah kamera mirrorless. Pada badan kamera, terdapat sebuah analog kecil yang terletak di sebelah viewfinder. Analog ini dapat digerakkan saat ingin melihat menu pengaturan tanpa perlu menekan tombol apapun. Fitur ini tentu memudahkan pengguna dalam mengatur detail dari gambar yang akan dihasilkan.

Hal utama yang ingin ditonjolkan adalah kualitas dari foto dan video yang dihasilkan. Resolusi yang diberikan untuk sebuah foto adalah 6K dengan 30 fps dan menghasilkan 18 MP per frame. Resolusi 4K tetap bisa dipilih pengguna yang dapat menghasilkan 8 MP per frame dengan 60 fps. Untuk video, berkualitas 4k 4:2:2 10 bit yang dapat menghasilkan gambar sangat tajam. Video akan terlihat jernih saat ditampilkan pada televisi berukuran 80 inci. Selama proses perekaman video akan sangat mudah dengan layar LCD 3,2 inci. Layar dapat dilipat dan diputar sesuai kebutuhan sehingga pengambilan gambar terasa mudah. Pengguna dapat mengatur fokus hanya dengan menyetuh layar agar lebih cepat saat mengambil fokus gambar.

Manfaatkan kamera Lumix GH5 untuk fotografi pernikahan seperti pada artikel berikut.

Fitur Mirrorless Semakin Mutakhir

Selain kualitas gambar yang semakin baik, fokus yang ditangkap saat gambar bergerak juga ditingkatkan pada kamera ini. Terdapat inovasi DFD (Depth From Defocus) yang dapat menghitung pergerakan objek dengan sangat cepat. Pengambilan gambar menggunakan autofocus bisa sangat cepat hingga 12fps. Foto yang dihasilkan tidak akan kabur meskipun objek terus bergerak selama pemotretan berlangsung.

Lumix GH5 bisa digunakan dalam segala kondisi di mana pun berada. Kamera dapat menahan percikan air, debu, juga tahan terhadap suhu dingin hingga minus 10 derajat celsius. Memiliki fitur Venus Engine Beauty, warna dari objek yang terpotret sama persis dengan objek aslinya. Tekstur dari gambar sangat detail, sehingga gambar tidak perlu disunting terlalu banyak.

Panasonic Lumix GH5 akan sangat cocok untuk fotografer, khususnya yang sering bermain di tengah hutan. Gayanya yang kuat dan kokoh menunjukkan kamera yang tahan terhadap kondisi apapun. Kamera mirrorless ini juga menjadi pilihan tepat dalam perekaman video dan pembuatan film seperti dokumenter. Kamera ini juga menjadi bukti bahwa Panasonic masih memiliki produk kamera yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Supaya gambar lebih sempurna, baca artikel berikut untuk perlengkapan kamera yang wajib dibawa.

0 comments