NOW READING

Pakai Aplikasi Alternatif ini Agar Pengguna iPhone atau Android Tak Saling Iri!

 2561
+
 2561

Pakai Aplikasi Alternatif ini Agar Pengguna iPhone atau Android Tak Saling Iri!

by The Daily Oktagon
  • Beberapa aplikasi yang ada di Android tidak bisa kita temui di iPhone. Begitu pun sebaliknya.
  • Masalah regulasi membuat aplikasi yang sangat umum di Android tidak bisa ditemui di iPhone.
  • Tak perlu kecewa, terdapat ragam aplikasi yang bisa “menggantikan” aplikasi serupa.

Dari jutaan aplikasi di smartphone bersistem operasi Android, bisa kita temukan juga di iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS. Hal serupa terjadi sebaliknya. Para pengembang aplikasi pastinya ingin mencari sebanyak-banyaknya pengguna, karena itu mereka membuat aplikasi yang bisa berjalan di iOS dan Android.

Namun, ada juga aplikasi yang bisa ditemukan Play Store, tetapi tidak dapat dijumpai di App Store. Perbedaan peraturan dari kedua perusahaan yang membuat aplikasi yang ada di Android terkadang tidak bisa kita temui di App Store.

Bagi pemakai iPhone dan ponsel Android tentu tidak perlu khawatir dengan “keterbatasan” yang dimiliki masing-masing sistem operasi. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan sebagai alternatinya.

Screen Capture Video

Apple sangat memperhatikan masalah keamanan data dan privacy, karena itu perusahaan asal California, itu tidak mengizinkan aplikasi perekam layar hadir di App Store. Namun, bukan berarti sistem operasi iOS tidak mendukung perekaman layar.

Salah satu aplikasi screen capture video yang ada di App Store adalah AirShou Screen Recorder, yang memiliki banyak fitur menarik dan dianggap sebagai perekaman layar yang sangat baik untuk smartphone iPhone.

Aplikasi screen capture video berikutnya adalah ScreenFlow. Namun, tidak seperti Air Shou Screen Recorder, ScreenFlow membutuhkan bantuan komputer Mac untuk proses perekaman. Kita harus menghubungkan IPhone ke Mac dan proses perekaman dilakukan di Mac.

Cari smartphone Android baru? Nubia M2 bisa jadi pilihan. Baca ulasannya di sini.

Notification Reader

Jika di Android ada Audify Notification Reader, aplikasi yang bisa membacakan semua notifikasi di smartphone, kita tidak menemukan aplikasi tersebut di iOS. Padahal, ini sangat membantu kita untuk mengetahui semua notifikasi yang masuk tanpa harus membaca teks pemberitahuan itu.

Namun, bukan berarti kita tidak bisa memiliki fitur tersebut di iPhone. Agar iPhone kita bisa berbicara, membacakan notifikasi yang masuk, adalah dengan mengatur setting yang ada di smartphone buatan Apple itu.

Pertama kita membuka Setting dan pilih General. Kemudian pilih Accessibility dan aktifkan VoiceOver dan Speak Notifications. Agar tidak semua notifikasi dibacakan oleh iPhone, nonaktifkan opsi Speak Hints di pengaturan VoiceOver.

Setelah kita mengaktifkan fitur itu, maka semua orang di sekitar kita bisa ikut mendengar pemberitahuan yang masuk ke dalam smartphone. Jika kita tidak ingin semua orang mengetahui pemberitahuan yang masuk, kita harus selalu menggunakan earphone saat mendengarkan notifikasi tersebut.

iMovie

Jika tadi kita membicarakan aplikasi di Android yang tidak ada di iOS, maka kini membahas sebaliknya. Bagi para pengguna IPhone, pasti sudah akrab dengan iMovie. Ini merupakan aplikasi menyunting (editing) video terbaik untuk perangkat mobile.

iMovie adalah produk buatan Apple dan eksklusif hanya ada di perangkat buatan mereka. Kualitas penyuntingan dengan aplikasi ini bisa diacungi jempol, sehingga tidak heran jika iMovie disebut sebagai penyunting video terbaik yang ada di smartphone.

Sementara padanan aplikasi iMovie di Android adalah Adobe Premiere Clip. Aplikasi yang ada di Android ini menawarkan fitur menyunting foto dan video secara otomatis. Kita juga bisa menyunting video secara manual dengan menyisipkan berbagai efek dan musik.

Padanan kedua adalah Funimate yang relatif mudah digunakan. Proses penyuntingkan dengan Funimate juga mudah dan sederhana. Funimate menyediakan 15 filter untuk membuat video yang disunting semakin menarik.

Yuk, buat video lucu bersama keluarga. Caranya ada di sini.

Garage Band

Aplikasi ini kadang yang membuat musisi lebih memilih iPhone daripada Android. Padahal ada juga alternatif aplikasinya. Dari penampilan dan proses penciptaan musiknya, WalkBand bisa dibilang yang paling mirip dengan GarageBand dibandingkan dengan aplikasi pembuatan musik di Android lainnya.

Pengguna bisa memainkan berbagai alat musik seperti gitar, bass, piano, drum, hingga digital loops. Beberapa fitur yang menarik adalah bisa bermain piano secara duet dengan orang lain dalam satu gadget, hingga rekaman multi-track.

Jika Anda musisi yang relatif sudah mempunyai kemampuan bemusik, Caustic dapat menjadi pilihan. Aplikasi ini memudahkan kombinasi synthesizer dan sampler menjadi satu platform.

Camera+

Pengguna iOS dapat lebih sering menghasilkan foto yang lebih bagus daripada pengguna Android berkat aplikasi ini. Salah satu fitur terbaiknya adalah kemampuan untuk menyesuaikan fokus dan exposure secara mandiri.

Pengguna Android tidak perlu khawatir. Ada aplikasi alternatif yang bisa menyaingin Camera+. ProShot misalnya. Walau untuk beradaptasi dengan tampilan antarmuka memerlukan sedikit waktu, namun aplikasi ini penuh fitur yang memadai.

Kontrol manual standarnya saja ada ISO, exposure, focus, white balance, hingga catatan kecepatan ISO dan shutter untuk setiap gambar yang diambil.

Ada juga Camera Zoom FX yang merupakan pemain lama, namun terus memberikan update pada aplikasinya, termasuk berbagai filter terbaru.

Jadi, apa pun jenis smartphone Anda, tidak ada lagi alasan untuk iri atau mengejek. Aplikasi-aplikasi di atas jadi solusinya!

Baca juga: OnePlus 5, Raja Benchmark yang Juga Pandai Motret

0 comments