NOW READING

Oppo F5 vs Samsung Galaxy J7+, Andalkan Kamera dengan Fungsi Berbeda

 3600
+
 3600

Oppo F5 vs Samsung Galaxy J7+, Andalkan Kamera dengan Fungsi Berbeda

by The Daily Oktagon
  • Oppo F5 dan Samsung Galaxy J7+ bisa menjadi pilihan terbaik di segmen smartphone kelas menengah.
  • Keduanya sama-sama mengedepankan kualitas kamera, namun fungsinya berbeda.
  • Dengan harga setara, mana yang lebih memenuhi kebutuhanmu?

Oppo F5 (versi 6 GB) dan Samsung Galaxy J7+ dihadirkan untuk bertarung di segmen smartphone kelas menengah. Keduanya telah secara resmi tersedia untuk pasar Indonesia. Harganya pun setara, yakni Rp 5 juta.

Keduanya sama-sama memiliki spesifikasi yang cukup tangguh, namun mengandalkan kamera dengan fungsi berbeda. Mana yang lebih memenuhi kebutuhanmu?

Desain dan Layar

Samsung Galaxy J7+ hadir dengan desain khas Galaxy J series, yaitu bodi bermaterial metal dan dilengkapi tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Sementara itu, Oppo F5 terlihat lebih modern dengan desain bezel-less, serta bodi yang juga mengusung material logam.

Baca juga: Samsung Galaxy J7 Plus, Smartphone Kamera Ganda Harga Lebih Terjangkau

Foto: Samsung

Galaxy J7+ membawa layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan, Oppo F5 memiliki layar IPS seluas 6 inci dan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 piksel. Soal kualitas layar, Galaxy J7+ terbilang lebih unggul karena mengusung panel Super AMOLED.

Jenis layar ini terkenal mampu menyajikan warna dengan lebih baik dan irit konsumsi daya. Sedangkan, jika dilihat dari segi penampilan, Oppo F5 tampak lebih menarik karena punya layar lebih luas namun ukurannya tetap ringkas.

Prosesor dan Penyimpanan

Soal performa, rasanya Oppo F5 bisa dibilang unggul dibandingkan Galaxy J7+. Karena Oppo F5 mengusung prosesor MediaTek Helio P23. Sementara Galaxy J7+ didukung versi prosesor yang lebih lawas, yakni Helio P20.

Prosesor Helio P23 memiliki delapan inti pemrosesan yang semuanya punya clockspeed 2,5 GHz. Sedangkan, Helio P20 memiliki empat inti berkecepatan 2,4 GHz dan empat inti lagi hanya 1,7 GHz. Meski begitu, kedua prosesor ini terbilang sama-sama cukup tangguh dalam hal performa.

Belum lagi di bagian penyimpanan, Oppo F5 juga lebih tangguh dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Galaxy J7+ membawa kapasitas penyimpanan yang lebih kecil, yakni dengan RAM 4 GB dan storage 32 GB. Namun, penyimpanan keduanya masih bisa ditambah hingga 256 GB dengan menggunakan kartu microSD.

Kamera

Sektor yang paling ditonjolkan oleh Oppo F5 maupun Galaxy J7+ adalah bagian kamera. Namun, keduanya mengandalkan kamera untuk fungsi yang berbeda.

Oppo F5 menjagokan kamera depan 20 MP (f/2.0, ukuran sensor 1/2.8”) yang ditunjang teknologi artificial intelligence (AI) khusus untuk membuat hasil selfie benar-benar sempurna. Rasanya Oppo memang tidak main-main dalam mengembangkan kemampuan kamera depan pada smartphone andalannya dalam waktu beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga: Compare Smartphone Jago Selfie, OPPO F5 vs Vivo V7

Foto: Oppo

Berbeda dengan Oppo F5, Galaxy J7+ hadir dengan membawa kamera ganda di bodi belakang. Kedua kamera ini memiliki konfigurasi 13 MP (f/1.7) + 5 MP (f/1.9). Berkat bukaan lensa yang cukup besar, kamera ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik pada kondisi minim cahaya.

Selain itu, kamera Galaxy J7+ juga mampu menjepret foto dengan efek bokeh. Adanya fitur live focus memungkinkan kamu mengatur tingkat blur sesuka hati pada background foto yang kamu ambil. Untuk diketahui, live focus merupakan fitur yang terdapat juga pada Galaxy Note 8.

Selain kamera depan yang menjadi andalan, Oppo F5 dilengkapi kamera belakang yang juga mumpuni, yakni beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.8, fitur phase detection autofocus (PDAF), LED flash. Sementara itu, Galaxy J7+ membawa kamera sekunder 16 MP dengan bukaan f/1.9 yang bisa diandalkan untuk berswafoto, meski tak setangguh kamera depan Oppo F5.

Baca juga: Smartphone Terbaru Oppo F5 Bawa Fitur Foto Selfie Terbaru

Foto: Samsung

Fitur Lainnya

Untuk sistem operasi, Oppo F5 dan Galaxy J7+ sama-sama menjalankan OS Android Nougat versi 7.1. Keduanya juga memiliki sensor sidik jari yang masing-masing letaknya berbeda, Oppo F5 di bagian belakang, sementara Galaxy J7+ pada tombol home yang terletak di depan.

Mengenai sumber daya, Oppo F5 mempunyai kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, yakni 3.200 mAh. Sedangkan, Galaxy J7+ membawa baterai berkapasitas 3.000 mAh. Namun, ukuran layar Galaxy J7+ yang lebih kecil dan panel Super AMOLED yang dibawanya, seharusnya membuat ponsel ini bisa lebih hemat konsumsi daya dibanding Oppo F5.

Kesimpulan

Melihat dari perbandingan di atas, tentu bisa terlihat keunggulan dan kekurangan Oppo F5 maupun Samsung Galaxy J7+. Jika kamu mencari smartphone yang lebih bertenaga, desain bezel-less yang kekinian dan kamera depan bagus untuk swafoto, Oppo F5 bisa menjadi pilihan tepat.

Sedangkan, apabila kamu ingin memiliki smartphone kelas menengah yang branded, punya kamera andal berfitur mirip Galaxy Note 8 dan tidak terlalu mementingkan desain masa kini, Galaxy J7+ merupakan ponsel yang pas untukmu.

Terlepas dari mana yang lebih baik, Oppo F5 dan Galaxy J7+ sama-sama dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan tren smartphone photography dengan fungsi yang berbeda.

0 comments