NOW READING

Oppo F5, Smartphone dengan Kamera Selfie Cerdas

 1401
+
 1401

Oppo F5, Smartphone dengan Kamera Selfie Cerdas

by The Daily Oktagon
  • Kamera selfie Oppo F5 kini memiliki resolusi 20MP dengan aperture f/2.0 dan dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).
  • Teknologi ini memungkinkan kamera selfie smartphone bisa mendeteksi 250 titik detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto yang hendak diambil.
  • Dengan harga mid-end yang kompetitif, smartphone ini patut dijadikan rekomendasi bagi Anda yang suka mengabadikan momen selfie secara natural dan tak perlu dibuat-buat.

Kiprah Oppo sebagai vendor smartphone ternama di industri global dibuktikan dengan seri selfie smartphone-nya yang kian menarik. Setelah dahulu sukses dengan F1 dan F3, sekarang perusahaan asal Tiongkok tersebut merilis seri terbarunya, yaitu F5.

Sesuai dengan nomor seri F5, tentu ada peningkatan signifikan dibanding seri F1 dan F3. Oppo masih tetap mengunggulkan kemampuan kamera selfie-nya pada seri ini, akan tetapi ia hadir lebih baik dengan beberapa fitur baru.

Kamera selfie Oppo F5 kini memiliki resolusi 20MP dengan aperture f/2.0 dan dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Dengan demikian, hasil bidikan lensa selfie cerdas mampu menciptakan foto selfie yang lebih natural.

The Daily Oktagon pun beruntung memiliki kesempatan mengulik Oppo F5 untuk pertama kali. Seperti apa kesan pertama menjajal smartphone yang satu ini? Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk intip sesi unboxing-nya berikut.

Minimalis Khas Oppo

Saat pertama kali membuka paket penjualan Oppo F5, kami langsung disuguhkan boks berwarna putih. Desainnya minimalis dan tak banyak aksen. Tampak logo Oppo terpampang di tengah kover depan boks.

Langsung saja, kami membuka satu per satu item yang ada di dalam kotak. Ada satu unit Oppo F5 berwarna hitam, casing berbahan silikon bening, SIM Ejector, user manual, kabel USB, port charging, dan juga earphone. Semua tersusun rapih dengan ruang yang cukup ‘lega’ sehingga mengambil item demi item cukup mudah.

Semua item yang kami dapatkan dirasa lengkap untuk sebuah paket penjualan smartphone, terlebih Oppo menyertakan earphone secara cuma-cuma.

Simak unboxing HTC U11, smartphone bunglon yang bisa ‘diremas’ di sini

Biasanya, belajar dari pengalaman unboxing smartphone besutan vendor Tiongkok sebelumnya, sangat jarang ada smartphone yang dilengkapi earphone. Untuk mendapatkan earphone, pengguna harus membelinya secara terpisah.

Salah satu kekurangan Oppo F5 pada poin ini adalah kabel USB. Saat kami melihat kembali kabelnya, ternyata kabel USB smartphone ini belum mendukung USB Type-C. Padahal, untuk smartphone di kisaran harga Rp4 jutaan, sudah banyak seri yang hadir dengan USB Type-C.

Mantap dalam Genggaman

Beranjak ke hands-on, saat pertama kali memegang Oppo F5, kesan yang dirasakan adalah smartphone ini memiliki ukuran yang pas. Bobotnya cuma 152 gram, ia juga cukup tipis, ketipisannya sekitar 7,5mm.

Desain Oppo F5 sendiri mengusung konsep unibody, adapun smartphone dibalut bahan polikarbonat dengan finishing yang seolah memperlihatkan material logam. Meski bukan sepenuhnya logam, grip kover belakang smartphone tetap nyaman dipegang sekali pun dalam kondisi tangan basah karena berkeringat atau berminyak.

smartphone

Bodi yang unibody dengan sudut dan tepian yang membulat membuatnya semakin mantap digenggam bahkan dengan satu tangan sekalipun. Oppo sepertinya juga ingin mengikuti tren smartphone layar penuh nyaris tanpa bezel alias bezeless. Pasalnya, layar Oppo F5 mengusung konsep tersebut. Layarnya tampil nyaris penuh tanpa tombol home fisik.

Baca juga unboxing smartphone dengan wide camera ASUS Zenfone 4 Max di tautan ini

Meski begitu, di sisi kiri dan kanan layar tersisa sedikit garis putih. Pada akhirnya kami menilai, meski Oppo mengklaim F5 bezeless, smartphone ini nyatanya masih memiliki sisa ‘ruang’ kecil di pinggir kiri dan kanan layarnya.

smartphone

Walau demikian, layar smartphone kami rasa cukup besar. Ia sudah mengusung rasio aspek 18:9 berukuran 6 inci dengan resolusi Full HD+ dan kepadatan piksel 402ppi (pixel per inch), kualitas layar pun kontras dan tajam. Permainan warna yang dipancarkan cukup ‘berani’ dan nyaman dilihat.

Selfie Lebih Seru dengan AI Beauty Recognition Technology

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Oppo F5 adalah smartphone pertama yang kamera depannya dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan. Nama teknologi yang diusung Oppo pada smartphone ini adalah “AI Beauty Recognition Technology.”

Untuk informasi, teknologi ini memungkinkan kamera selfie smartphone bisa mendeteksi 250 titik detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto yang hendak diambil.

Saat mengambil foto selfie, teknologi tersebut akan menganalisis subyek dan menciptakan hasil foto yang natural sebagaimana aslinya.

Bahkan, teknologi ini bisa mengenal wajah secara akurat. Dengan demikian, hasil foto selfie Oppo F5 tidak akan berlebihan dan menggunakan efek tambahan. Saat kami menjajal kamera depan Oppo F5, hasilnya memang sesuai dengan yang dijanjikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut hasil fotonya:

smartphone

smartphone

Secara keseluruhan, Oppo F5 hadir dengan paket penjualan yang super lengkap. Lebih dari itu, kemampuan smartphone yang ditawarkan bisa dibilang sangat mengakomodir kebutuhan pengguna, terlebih bagi yang doyan berfoto selfie.

Dengan harga mid-end yang kompetitif, smartphone ini patut dijadikan rekomendasi bagi Anda yang suka mengabadikan momen selfie secara natural dan tak perlu dibuat-buat.

0 comments