NOW READING

Oppo F3, Jagoan Selfie Anyar

 1885
+
 1885

Oppo F3, Jagoan Selfie Anyar

by The Daily Oktagon
  • Oppo F3 dan F3 Plus adalah dua smartphone Oppo yang dirilis pada awal 2017. Walau dari segi desain, keduanya tampak identik, namun memiliki spesifikasi berbeda.
  • Boks penjualan F3 tampil sedikit lebih pop dengan aksen warna hijau
  • Oppo F3 tampil apik dalam paket boks penjualan yang lengkap. Untuk smartphone dengan harga Rp 4,4 jutaan, penawaran Oppo dalam boks penjualannya bisa dibilang lebih dari cukup.

Oppo tak main-main menggeluti lini smartphone seri selfie expert-nya. Setelah sukses menggebrak pasar Indonesia dengan keluarga F1, kini vendor asal Negeri Tirai Bambu itu kembali mencuri perhatian pasar dengan seri F3.

Pada Maret 2017, Oppo merilis seri F3 pertamanya: F3 Plus, dan beberapa waktu kemudian menyusul F3. Dalam segi desain, keduanya memang tampak identik. Meski begitu, di atas kertas ternyata keduanya memiliki spesifikasi berbeda.

Yang paling kentara terlihat, adalah segi ukuran. Dari dimensi, Oppo F3 mengusung ukuran yang lebih kecil ketimbang saudara besarnya. Oppo F3 memiliki 153,3 x 75,2 x 7,3 mm, sedangkan F3 Plus berdimensi 163,6 x 80,8 x 7,4 mm. Beratnya juga berbeda, Oppo F3 punya bobot 153 gram, sedangkan Oppo F3 Plus 185 gram.

Perbedaan lain tampak dari layar F3 yang mengusung luas 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel (kerapatan piksel 401 ppi), sedangkan F3 Plus dengan luas 6 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel (kerapatan piksel 367 ppi).

Meski demikian, kedua smartphone ini hadir dengan konfigurasi kamera selfie ganda dengan resolusi yang sama, satu kamera depan 16MP, dan yang satunya 8MP. Perbedaannya hanya kamera belakang: Oppo F3 Plus punya kamera utama 16MP, sedangkan F3 ditopang kamera utama 13MP.

Terlepas dari perbedaan dan persamaan Oppo F3 dan F3 Plus, keduanya mutlak menjadi alternatif yang cocok bagi pengguna smartphone yang suka dengan selfie. Kali ini The Daily Oktagon membahas Oppo F3 dengan melakukan prosesi unboxing boks penjualan Oppo F3.

Simak Nubia M2, smartphone baru lain yang juga menjagokan kameranya 

Khas Warna Putih

Semakin ke sini, Oppo gemar bermain dengan warna putih nan minimalis saat mengemas boks penjualan produknya.

Boks penjualan F3, ambil bukti, tampak simpel dengan balutan warna putih. Namun, bedanya dengan vendor-vendor lain yang juga ikut bermain dengan cara yang sama, boks penjualan F3 tampil sedikit lebih pop dengan aksen warna hijau (tampak dari logo ikonik Oppo dan warna pada display layar unit) yang setidaknya membuat boks putih jadi sedikit lebih punya warna.

oppo f3

Pada boks bagian depan, tampak visual unit Oppo F3 dengan display animasi karakter-karakter yang sedang berfoto selfie. Visual ini jelas menjadi solid statement Oppo F3 yang ingin mengunggulkan fitur selfie pada konfigurasi kamera gandanya.

Tak lupa, embel-embel “Dual Selfie Camera” bertengger di bawah gambar unit F3, seolah ingin menegaskan bahwa F3 memang benar-benar jagonya selfie—apalagi dipersenjatai kamera depan ganda.

Membuka boks penjualan Oppo F3 juga sangat mudah dan menyenangkan. Posisi penempatan unit smartphone dan aksesori sangat pas dan tidak sempit.

Membredel satu per satu aksesoris juga tidak butuh waktu lama. Saat kami membuka boks penjualan, kami mendapati satu unit smartphone F3 (lengkap dengan casing pelindung transparan bermaterial jelly), satu kabel charger USB, satu port charging, dan ada satu unit earphone Oppo.

Cukup menarik, mengingat biasanya vendor-vendor smartphone asal China amat jarang melengkapi unit earphone di dalam boks penjualannya. Yang kerap kami alami, earphone justru dijual terpisah.

Bicara earphone, baca ulasan jajaran earphone dengan kemampuan bass mantap ini

Serupa Tapi Tak Sama dengan F1s

Beranjak ke unit smartphone F3, kesan pertama yang kami dapati: smartphone ini memiliki desain yang tak cuma identik dengan F3 Plus, namun juga pada saudara tuanya Oppo F1s.

Ya, kami coba mencari perbedaan yang signifikan antara F3 dan F1s. Hasilnya? Tidak ada. Yang membedakan antara F3 dan F1s cuma munculnya kamera selfie ganda di depan layar F3. Tombol home-nya pun tidak timbul seperti yang ada pada F3 Plus.

Meski desainnya sama, kami berharap Oppo tentu bisa berinovasi dengan desain baru pada seri smartphone selfie expert teranyarnya kelak.

Walau demikian, desain ini pun tetap menjadi desain andalan, mengingat materialnya terbuat dari material metal. Belum lagi, lekuk smartphone berkonsep unibody kian membuatnya enak untuk digenggam, bahkan dengan satu tangan sekali pun.

Jadi, secara kesimpulan, Oppo F3 tampil manis dan elegan dalam paket boks penjualan yang lengkap. Untuk smartphone dengan harga Rp 4,4 jutaan, kami rasa penawaran Oppo dalam boks penjualannya ini bisa dibilang lebih dari cukup, apalagi bisa jadi opsi yang pas bagi kamu yang hendak membeli smartphone baru setelah momen Lebaran.

Baca ulasan Xiaomi Mi 6 dengan kamera yang tak kalah tangguh di sini

0 comments