NOW READING

Oppo A83 vs Xiaomi Mi A1, Pilih Performa Kencang atau Kamera Ciamik?

 766
+
 766

Oppo A83 vs Xiaomi Mi A1, Pilih Performa Kencang atau Kamera Ciamik?

by The Daily Oktagon
  • Oppo A83 dan Xiaomi Mi A1 ditawarkan dengan harga setara, namun masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda.
  • Kedua smartphone ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik di kelas menengah dengan garansi resmi.
  • Mana yang lebih kamu butuhkan? Desain masa kini dan performa kencang, atau sistem operasi terbaru dan kamera ciamik?

Oppo A83 dan Xiaomi Mi A1 memiliki keunggulan masing-masing untuk menjadi salah satu smartphone kelas menengah terbaik dengan harga terjangkau dan garansi resmi.

Oppo A83 dihadirkan ke pasaran sebagai alternatif Oppo F5 series. Dengan harga yang lebih terjangkau, A83 membawa jeroan yang setara dan bahkan punya performa kencang. Namun, ia dibekali kamera dengan kualitas yang di bawah saudaranya.

Sementara Xiaomi Mi A1 diluncurkan sebagai Mi 5x dengan sistem operasi Android yang lebih optimal. Mi A1 disebut Xiaomi sebagai smartphone kelas menengah berharga terjangkau yang memiliki kualitas kamera setara ponsel flagship.

Dengan keunggulannya masing-masing, mana yang lebih memenuhi kebutuhan kamu? Oppo A83 atau Xiaomi Mi A1? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Harga Oppo A83 Lebih Murah, Tapi Fiturnya Mirip Oppo F5

harga oppo a83

Foto: Oppo

Desain dan Layar

Oppo A83 mengusung bodi bermaterial aluminium dan desain yang serupa dengan F5 series, yakni dengan layar bezel-less dan rasio layar 18:9.  Layarnya punya ukuran luas 5,7 inci beresolusi 1.440 x 720 piksel atau high definition plus (HD+). Berkat bingkai tipis, ponsel ini punya ukuran yang ringkas dengan rasio layar ke bodi 76,2 persen dan panjang 150,5 milimeter (mm) (Xiaomi Mi A1 155 mm).

Sementara itu, Xiaomi Mi A1 juga dibekali bodi bermaterial aluminium, namun masih memiliki bingkai yang cukup tebal di bagian atas dan bawah. Tampilannya mirip seri smartphone Xiaomi pendahulunya dengan tiga tombol virtual yang khas. Mi A1 punya layar berukuran 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel alias Full High Definition (Full HD).

Xiaomi Mi A1 dalam hal ini lebih unggul dalam kualitas layar, namun untuk segi tampilan, rasanya Oppo A83 punya ‘tampang’ yang lebih modern. Selain itu, Oppo A83 juga lebih ringkas meski punya ukuran layar yang lebih luas dibandingkan Mi A1.

Prosesor dan Penyimpanan

Untuk dapur pacunya, Oppo membekali A83 dengan prosesor MediaTek Helio P23 yang diketahui cukup irit daya namun juga powerful. Chipset ini punya performa yang andal, dilengkapi delapan inti pemrosesan (octa core) dengan kecepatan maksimal hingga 2,5 gigahertz (GHz) dan dibangun dengan teknologi fabrikasi 16 nanometer (nm).

Dipadukan dengan pengolah grafis Mali-G71, random access memory (RAM) 3 gigabyte (GB), dan storage berkapasitas 32 GB, Oppo A83 sanggup menembus skor di angka sekitar 80.668 pada aplikasi benchmark AnTuTu, berdasarkan data dari Kimovil.

Sedangkan, Xiaomi Mi A1 ditunjang prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal hemat daya. Prosesor ini ditenagai otak octa core dengan clockspeed 2,0 Ghz dan dibangun dengan teknologi fabrikasi 14 nm, lebih baik dalam hal efisiensi daya dibandingkan Helio P23.

Di sektor penyimpanan, Mi A1 lebih unggul karena memiliki RAM sebesar 4 GB dan internal memory 64 GB atau dua kali lipat lebih besar dibandingkan yang dipunya oleh Oppo A83. Meski begitu, ponsel Android One ini hanya mampu meraih skor sebesar 78.150 di AnTuTu Benchmark.

Baca juga: 5 Smartphone Murah Yang Tidak Lemot Saat Main Game

Xiaomi Mi A1

Foto: Xiaomi

Kamera

Berbeda dengan saudaranya, Oppo F5, A83 tidak dibekali kamera yang istimewa. Di bagian belakang, terdapat kamera standar beresolusi 13 megapixel (MP) dengan bukaan lensa f/2.2, fitur autofocus dan light emitting diode (LED) flash. Untuk selfie, Oppo menyediakan kamera depan 8 MP.

Tidak sama dengan Mi A1, Xiaomi menyebut smartphone ini memiliki kualitas kamera yang setara ponsel kelas unggulan alias flagship. Mi A1 ditunjang kamera utama ganda 12 MP (f/2.2, 26 mm) + 12 MP (f/2.6, lensa telephoto) yang dilengkapi fitur phase detection autofocus (PDAF), 2x optical zoom dan dual LED flash. Di depan, hanya terdapat kamera 5 MP dengan kualitas yang bisa dibilang pas-pasan.

Fitur Lainnya dan Harga

Untuk sumber daya, Oppo A83 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.180 milliampere hour (mAh), sedangkan Xiaomi Mi A1 punya baterai sedikit lebih kecil, yakni 3.080 mAh. Namun, untuk urusan baterai keduanya tak jauh berbeda dan kemungkinan masa pakainya hampir sama dalam sekali charge untuk penggunaan normal.

Selain itu, keduanya telah dibekali dengan sensor sidik jari di bagian belakang dan menjalankan sistem operasi Android Nougat. Keunggulan lain yang dimiliki Mi A1 terhadap Oppo A83 adalah, ponsel Xiaomi ini telah didukung universal serial bus (USB) Type-C dan sistem operasi Android murni (proyek Android One), sehingga ia akan mendapat operating system (OS) versi yang lebih baru.

Baca juga: Xiaomi Redmi 5 Plus vs Asus Zenfone Max Plus M1, Bezel-less Terjangkau dan Memori Besar

Oppo A83

Foto: Oppo

Kesimpulan

Setelah menyimak ulasan di atas, Oppo A83 dan Xiaomi Mi A1 memiliki cukup banyak perbedaan, karena memang ditujukan untuk penggunaan yang berbeda. Oppo A83 cocok bagi kamu yang menginginkan ponsel berlayar luas dengan ukuran ringkas, tampilan masa kini dan memiliki performa kencang.

Sementara, Xiaomi Mi A1 pas bagi kamu yang suka melakukan kegiatan smartphone photography, menginginkan ponsel dengan penyimpanan besar, efisiensi daya, serta OS yang optimal dan mendapatkan update sistem ke versi terbaru.

Oppo A83 dan Xiaomi Mi A1 telah hadir untuk pasar Indonesia dan bergaransi resmi, ditawarkan dengan banderol harga Rp 2,999 juta.

0 comments