NOW READING

OnePlus 5, Raja Benchmark yang Juga Pandai Motret

 361
+
 361

OnePlus 5, Raja Benchmark yang Juga Pandai Motret

by The Daily Oktagon
  • Nama OnePlus saat ini menarik bagi pengguna yang hobi mengoprek smartphone atau pun gemar benchmarking.
  • Jadi raja baru AnTuTu yang torehan skornya melebihi raihan Samsung Galaxy S8.
  • Dari sisi desain terkesan mengacu pada iPhone 7 Plus.

Bagi pengguna smartphone pada umumnya, nama OnePlus bukanlah pilihan utama. Tapi bagi pengguna yang hobi mengoprek smartphone atau pun gemar benchmarking, OnePlus sangat mungkin jadi pilihan utama.

Sesuai dengan tradisi yang sudah dilakukannya selama tiga tahun belakangan, OnePlus tahun ini kembali melahirkan satu flagship paling anyar yang berpotensi menjadi momok mengerikan bagi produsen smartphone kelas atas lain.

OnePlus 5, begitu smartphone ini disebut, membawa penyegaran dari sisi penampilan serta spesifikasi terkencang saat ini. Maka wajar jika OnePlus 5 langsung berhasil jadi juara AnTuTu Benchmark sesaat setelah dirilis. Buat Anda yang penasaran sebagus apa smartphone ini, berikut ulasan The Daily Oktagon.

Tanpa Headset

Perlu diketahui, OnePlus 5 adalah smartphone termahal yang pernah diciptakan smartphone. Tidak dijual resmi di Indonesia, OnePlus 5 tersedia di toko-toko online dan dijual mulai Rp 7 jutaan hingga Rp 8 jutaan. Ya, harga yang tidak murah memang.

Dan harga semahal ini memang sudah terpancar dari boks penjualannya yang solid, bersih, dan juga menarik berbalut paduan warna merah dan putih. Saat membuka boksnya, kami mendapati unit OnePlus 5 yang ada di dalam sudah terpasang pelindung layar. Lalu kami sempat berpikir kalau OnePlus juga menyertai casing bawaan.

Namun dugaan kami salah karena tidak ada casing di dalam boks penjualannya. Yang kami dapati adalah kabel data USB C berwarna merah yang cukup tebal, kepala charger dengan teknologi Dash Charge, SIM ejector, serta sebuah kartu pos.

Kalau dipikir-pikir, rasanya seperti ada yang kurang. Yap, headset ternyata tidak termasuk dalam paket penjualan smartphone seharga Rp 7 jutaan ini. Tentu saja absennya headset jadi satu kekurangan karena kita jadi perlu menyiapkan dana tambahan untuk membelinya.

Kehilangan Jati Diri

Kami sudah cukup akrab dengan smartphone buatan OnePlus. Mulai dari OnePlus One, OnePlus 2, OnePlus 3, serta OnePlus 3T, semuanya sudah pernah kami jajal. Keempat smartphone tersebut masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri dan yang terpenting tidak sama dengan smartphone lain.

Tapi apa yang terjadi pada OnePlus 5 justru sebaliknya. OnePlus 5 tidak lagi terlihat eksklusif karena desainnya yang mengacu pada iPhone 7 Plus. Dengan bodi sama-sama berbahan metal berbalut warna matte black membuat OnePlus 5 dan iPhone 7 Plus seperti pinang dibelah dua. Kalau diperhatikan, ada dua faktor yang membuat keduanya mirip, yaitu modul dual-camera dan garis antena berdesain u-shape.

Lalu, apakah OnePlus 5 tidak menarik? Tentu saja menarik. Smartphone ini menawarkan feel yang ringan dan sangat compact di tangan. Tapi kami sangat menyarankan untuk menggunakan casing jika ingin menggunakannya. Pasalnya bodi belakangnya kelewat licin sehingga sangat rawan terpeleset dari genggaman tangan.

Mau tahu rumor terbaru dari iPhone 8? Intip di sini yuk!

Raja Baru AnTuTu

Chipset Snapdragon 835 dari Qualcomm dan RAM 8 GB jadi jaminan mengapa OnePlus 5 bisa menjadi raja baru AnTuTu. Smartphone ini mampu torehkan skor 180 ribu poin yang artinya melebihi raihan skor Samsung Galaxy S8 yang hanya sekitar 171 ribu poin.

Sebenarnya skornya yang tinggi bukan cuma karena chipset dan RAM semata. Hardware lain yang turut berandil besar adalah storage. Ya, OnePlus 5 sudah menggunakan jenis UFS 2.1 yang merupakan storage tercepat saat ini untuk smartphone.

Lalu soal baterai, kami tidak bisa bilang kalau baterai OnePlus 5 adalah yang terbaik di kelas smartphone flagship. Meski kapasitasnya lumayan, yakni 3.300 mAh, tapi ketahanannya tidak wah, rata-rata hanya empat hingga lima jam (screen on time).

Tapi jika pun Anda termasuk pengguna yang sangat sering menggunakan smartphone sehingga baterainya cepat habis, Anda tak perlu khawatir. Membawa teknologi Dash Charge, baterai tersebut bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 80 menit saja.

Supaya baterai smartphone “on” terus, cari tahu tricknya di artikel ini.

Kamera Meningkat

Salah satu peningkatan yang paling terasa dari OnePlus 3 ke OnePlus 5 adalah sektor kamera. Kali ini OnePlus bekerjasama dengan DxOMark yang memang andal melakukan pengujian kualitas perangkat kamera, termasuk smartphone.

OnePlus 5 dibekali kamera ganda mirip iPhone 7 Plus. Modul kamera utamanya ada di sisi kiri beresolusi 16 MP dilengkapi EIS, PDAF, dan aperture f/1.7. Sedangkan kamera kedua di sisi kanan beresolusi 20 MP memiliki kemampuan 1,6x optical zoom.

Baca juga: Asus ZenFone Live, Smartphone untuk Pencinta Live Streaming

Kami belum banyak menjajal kameranya. Tapi dari sekitar 30 jepretan foto yang kami ambil menggunakan kamera OnePlus 5, sudah dapat terlihat kalau kameranya memang bisa disejajarkan dengan iPhone 7 Plus. Bahkan hasil foto OnePlus 5 lebih terang dan cerah ketimbang iPhone 7 Plus. Karakter kameranya ini mengingatkan kami akan kamera Samsung Galaxy S8.

Jika mengacu pada harga Rp 7 juta yang dimilikinya, rasanya smartphone ini masih tergolong sangat layak untuk diburu. Harga ini hanya setengah banderol iPhone 7 Plus atau lebih murah sekitar Rp 3 juta dari Samsung Galaxy S8. Tapi kemampuan dan fiturnya sangat boleh diadu. Bagaimana menurut Anda?

0 comments