NOW READING

OnePlus 3, Smartphone Asal China Si Pembunuh Flagship

 2447
+
 2447

OnePlus 3, Smartphone Asal China Si Pembunuh Flagship

by The Daily Oktagon
  • Sejak awal OnePlus sudah mengusung julukan flagship killer atau pembunuh smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S7 atau iPhone 7.
  • Hal yang wajar saja; pasalnya, OnePlus 3 adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang mengusung RAM 6GB dan port USB Type-C.
  • Selain perubahan desain dari OnePlus One dan OnePlus 2, smartphone ini juga mengusung fitur fast charging bernama Dash Charge.

Pernahkah Anda mendengar smartphone yang disebut dengan istilah flagship killer?

Pengertian dari istilah itu adalah pembunuh smartphone kelas atas; dan produk smartphone yang mengusung julukan flagship killer itu adalah OnePlus.

Pabrikan smartphone asal China yang awalnya hanya sebuah startup ini sudah menggunakan istilah flagship killer sejak mereka merilis smartphone untuk pertama kalinya, yaitu OnePlus One.

Istilah itupun terus mereka gunakan saat merilis OnePlus 2, sampai kini yang terbaru, OnePlus 3. Varian OnePlus 3 sendiri memang layak menyandang gelar pembunuh smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S7, atau bahkan iPhone 7.

Pasalnya, OnePlus 3 adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang mengusung RAM 6GB dan port USB Type-C. Simak unboxing OnePlus 3 dari The Daily Oktagon berikut ini:

oneplus 3

Desain Berubah Total

Kalau mengikuti sepak terjang OnePlus, Anda pasti menyadari kalau OnePlus 3 memiliki tampilan berbeda jauh dari OnePlus One dan OnePlus 2.

Pada OnePlus One dan OnePlus 2 gaya desain yang ditampilkan mirip dengan ciri khas bahan sandstone di bagian belakangnya. Bahan ini cukup unik dengan feel seperti pasir atau ampelas.

Tradisi yang sudah mereka jalankan selama dua tahun itu akhirnya tidak lagi dilakukan, karena OnePlus 3 lebih memilih menggunakan material full metal.

oneplus 3

Kesan macho yang tadinya melekat pada OnePlus One dan OnePlus 2 kini berubah menjadi elegan dan premium. Meski desainnya tidak jelek, tapi kami merasa OnePlus agak kehilangan ciri khasnya kali ini.

Simak juga parade smartphone premium terbaik tahun ini, di sini

Pertama dengan USB Type-C dan RAM 6GB

OnePlus sepertinya sangat ingin jadi yang pertama membawa perubahan, khususnya pada sisi interface. Dan OnePlus 3 ini adalah smartphone pertama yang mengusung port USB model baru, dari berbagai ponsel yang sudah dijajal.

Jenis port USB Type-C ini terasa lebih praktis. Kami bisa langsung mencolokkan kabel USB pada port ini tanpa perlu takut sisinya terbalik. Pasalnya USB Type-C berbentuk pipih seperti lightning port milik Apple yang bisa digunakan dengan sisi atas atau bawah.

Pada paket penjualannya, OnePlus menyediakan kabel USB Type-C ini dengan bentuk pipih berwarna merah. Kami melihat kabel yang disertakan ini cukup eksklusif dan mewah, tidak seperti kebanyakan kabel data lainnya. Model kabelnya pipih, sehingga tidak mudah kusut. Selain kabel dan port USB Type-C, OnePlus 3 juga jadi smartphone pertama bermuatan RAM 6GB, yang pernah kami coba.

oneplus 3

Kapasitas RAM6 GB ini sangat besar untuk sebuah smartphone. Dengan RAM sebesar ini, OnePlus 3 menawarkan kinerja super cepat dan sama sekali tidak mengalami lag saat kami jajal membuka dan menjalankan hingga sepuluh aplikasi sekaligus. Apalagi, kinerja turut didukung prosesor Snapdragon 820 yang memang khusus untuk smartphone flagship.

Baca juga ulasan Huawei P9 Lite, smartphone tangkas, yang memiliki fitur ringkas, dan dijual dengan harga pas

Bloatware dan Fast Charging

Unit OnePlus 3 yang kami jajal kali ini berasal dari China. Versi ini menggunakan OS baru bernama Hydrogen OS, sementara untuk versi global menggunakan OS bernama Oxygen OS.

Perlu diketahui, Hydrogen OS ini memiliki interface yang cukup simpel dan sederhana, serta disesaki banyak bloatware (aplikasi tidak penting). Selain itu, OS ini juga tidak memiliki aplikasi Google Play Store sehingga kita harus meng-install sendiri secara manual.

oneplus 3

Selain bloatware, hal lain yang menarik perhatian kami saat menjajal OnePlus 3 adalah fitur fast charging bernama Dash Charge. Proses pengisian baterainya luar biasa cepat.

Saat kami coba, baterai 3.000 mAh pada OnePlus 3 bisa terisi 60 persen dalam waktu 30 menit. Sementara untuk pengisian penuh hanya butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit saja.

Di Indonesia, sayangnya, OnePlus 3 tidak tersedia secara resmi, karena OnePlus memang sudah angkat kaki dari Indonesia terkait aturan TKDN. Namun, beberapa distributor tetap menjual OnePlus 3 di Indonesia dengan garansi internasional, seharga mulai dari Rp 6,5 juta.

Tertarik?

Untuk melengkapi smartphone Anda, cek juga gimbal DJI Osmo Mobile berikut ini

0 comments