NOW READING

Olympus OM-D E-M10 Mark II, Kamera Wajib bagi Para Fotografer Baru

 5791
+
 5791

Olympus OM-D E-M10 Mark II, Kamera Wajib bagi Para Fotografer Baru

by The Daily Oktagon

Kamera Olympus E-M10 disebut sebagai yang paling menarik di lini OM-D. Mengapa? Karena kamera tersebut berhasil menawarkan keseimbangan antara fitur, performa, kenyamanan, dan yang paling penting harga realtif bersahabat. Tentu menjadi pilihan menarik bagi Anda yang baru terjun sebagai fotografer. Artikel berikut mengajak Anda mengenal Olympus OM-D E-M10 Mark II, kamera wajib bagi para fotografer baru.

Baca dulu artikel menarik ini, Berkenalan dengan Tiga Kamera Unggulan

Agustus lalu, Olympus memperkenalkan sekuelnya, yaitu OM-D E-M10 Mark II. Mengusung label “Mark II”, secara fisik masih mirip dengan seri sebelumnya. Fisiknya tergolong yang paling ringkas di kancah mirrorless, dengan dimensi 120 x 83 x 47 milimeter dan bobot total 390 gram termasuk baterai dan memory card.

olympus-omd-em10-mark-ii-01

Meski sepintas tampak serupa, OM-D E-M10 Mark II sebenarnya banyak menjalani revisi desain. Salah satu yang penting untuk disorot, konstruksi bodinya terbuat dari logam secara keseluruhan, termasuk sejumlah dial yang ada di pelat atasnya. Harapannya, kamera ini bisa lebih tahan lama seperti kedua kakaknya, E-M5 dan E-M1.

Bentuk handgrip-nya sedikit berbeda, tapi masih saja tergolong kecil. Kendati demikian, ini masih lebih baik daripada tidak ada handgrip sama sekali. Secara keseluruhan, Olympus merancang E-M10 Mark II agar lebih mudah dioperasikan oleh pengguna yang masih belum begitu mendalami fotografi.

olympus-omd-em10-mark-ii-02

Saatnya bicara soal performa. Kalau E-M10 orisinil harus berkompromi dengan mengusung image stabilization 3-axis, maka E-M10 Mark II sekarang sudah bisa disetarakan dengan para kerabatnya. Ya, kamera ini telah mengemas image stabilization 5-axis yang sudah lama menjadi fitur unggulan lini Olympus OM-D.

E-M10 Mark II bisa digunakan untuk memotret pada shutter speed rendah, 1/4 detik misalnya, tanpa harus mengandalkan tripod. Kalau genggaman Anda cukup stabil, bisa dipastikan gambarnya tidak terlihat blur sama sekali.

Fitur ini tentunya akan sangat membantu kegiatan fotografi Anda di kondisi low-light. Performa burst shooting pun kian sempurna di sini, dengan kemampuan mengambil gambar secara konstan dalam kecepatan 8,5 fps, sedangkan shutter speed maksimumnya adalah 1/4.000 detik.

olympus-omd-em10-mark-ii-03

Perihal kualitas gambar, E-M10 Mark II memakai sensor 16 megapixel dan prosesor TruePic VII yang sama yang ada pada E-M5 Mark II. Dengan demikian, bisa dikatakan hasil fotonya akan sama bagusnya dan video pun bisa direkam dalam resolusi maksimum 1080p 60 fps. Satu-satunya perbedaan, E-M5 Mark II punya opsi pemotretan Hi-Res 40 Megapixel, sedangkan E-M10 Mark II tidak.

olympus-omd-em10-mark-ii-04

Electronic viewfinder (EVF) milik kamera ini juga telah ditingkatkan kualitasnya. Panel OLED-nya kini mempunyai resolusi 2,36 juta dot, meningkat drastis ketimbang milik E-M10 orisinil. Tepat di bawah EVF tersebut, ada LCD 3 inci yang bisa di-tilt dan dioperasikan dengan sentuhan jari. Yup, Anda bisa mengatur fokus pada kamera ini seperti ketika memakai smartphone.

Melihat harga jualnya yang seharga US$ 650 atau Rp 9 juta body only. Jika ingin membelinya bersama lensa 14-42 milimeter f/3.5-5.6, Anda harus merogoh kantong US$ 800 (Rp 11,1 juta).

Secara keseluruhan, performa kamera ini cepat dengan kualitas gambarnya sangat baik dan kontrolnya pun tidak kalah lengkap dari kamera mirrorless lain atau bahkan DSLR. Lensa yang tersedia untuk kamera ini cukup beragam. Dengan segala kelebihannya, E-M10 Mark II wajib dicoba bagi Anda yang baru menekuni fotografi. Produk ini juga menarik dicoba para fotografer profesional.

Pencinta fotografi wajib baca ini, Selamat Datang di Era Mirrorless!

0 comments