NOW READING

Nubia M2, Android Pendatang Baru yang Jagokan Kamera

 2129
+
 2129

Nubia M2, Android Pendatang Baru yang Jagokan Kamera

by The Daily Oktagon
  • Indonesia kembali kedatangan satu merek smartphone baru dari China, yakni Nubia
  • Sempat bekerjasama dengan ZTE beberapa tahun terakhir, kini Nubia melenggang sendiri meramaikan pasar smartphone tanah air
  • Nubia M2 datang dengan membawa DNA fotografi

Pernahkah Anda mendengar smartphone Nubia? Bagi sebagian kalangan pengguna gadget tanah air, nama ini mungkin tidak asing. Tapi sebagian besar lainnya bisa jadi belum pernah mendengar merek satu ini.

Nubia adalah salah satu pemasok perangkat di balik nama besar ZTE. Kini Nubia mencoba melepaskan diri dari nama besar ZTE dan sedang mencoba peruntungan di Indonesia. Sebagai permulaan, Nubia langsung memboyong tiga varian smartphone anyarnya. Yakni Nubia N1 Lite, Nubia M2 Lite, dan Nubia M2.

Varian Tertinggi

Smartphone yang akan dibahas kali ini adalah Nubia M2. Dibanding dua varian lainnya (N1 Lite dan M2 Lite), Nubia M2 adalah varian yang tertinggi. Namun perlu diketahui, M2 masih berada di bawah Nubia Z17 yang menjadi flagship tertinggi.

Menyasar pasar Indonesia, langkah yang diambil Nubia dengan memboyong M2 dirasa tepat. Smartphone ini dipasarkan dengan harga yang relatif rasional, yakni Rp4,4 juta. Kisaran harga tersebut otomatis menempatkan Nubia M2 di segmen mid-end yang sekaligus bersaing dengan merek ternama seperti ASUS ZenFone 3 atau OPPO F3.

Meski buatan Cina, Nubia M2 hadir dengan desain dan warna yang premium sekaligus elegan. Smartphone ini memiliki layar 5,5 inci dengan bentuk yang agak kotak. Adapun bahan yang digunakannya adalah metal. Karenanya, Nubia menggunakan antena U-Shape khas iPhone 7 yang bertengger di sisi atas dan bawah pada bodi belakangnya.

Ketika memegangnya langsung, kita bakal bisa merasakan kalau smartphone ini dibuat dengan proses yang teliti. Bodinya sangat solid, presisi, dan rapi. Tapi pesonanya tidak cuma itu. Kalau mau membeli Nubia M2, kami sarankan untuk membeli varian berwarna Black Gold. Varian ini menjadi ciri khas smartphone Nubia.

Keseluruhan bodinya dikuasai warna hitam yang elegan. Sedangkan warna gold tercermin dari garis yang menghiasi sekujur tepian layar serta garis pada tombol-tombol fisik yang dimilikinya.

Samsung segarkan ragam lini smartphone lewat Galaxy C9 Pro. Baca di sini

Unggulkan Sektor Kamera

Daya tarik penampilan Nubia M2 sebenarnya bukan cuma karena desain presisi dan warna yang menarik. Kalau melihat bodi belakangnya, ada sepasang modul kamera yang mengingatkan kita akan iPhone 7 Plus.

Ya, Nubia mengklaim kalau M2 adalah smartphone yang memiliki DNA fotografi. Karenanya smartphone ini bakal memanjakan pengguna yang gemar memotret. Adapun resolusi yang diusung kedua modul kamera ini sama-sama 13 MP dengan aperture f/2.2. Lensa kembar ini datang dengan lapisan safir sehingga tidak gampang baret.

Lalu, apa fungsi dari kamera ganda tersebut? Fungsinya kurang lebih sama seperti Huawei P9 atau P10. Satu lensa memiliki sensor RGB untuk memotret warna, satu lagi punya sensor monokrom untuk foto hitam putih.

Sedangkan benefit dari konfigurasi dual-camera ini tak lain foto wide aperture atau dikenal dengan istilah bokeh. Jadi kita bisa menciptakan foto yang artistik dengan efek blur secara instan dan mudah.

Selain itu, Nubia juga menawarkan sederet mode memotret. Beberapa di antaranya adalah light trail untuk mengabadikan cahaya kendaraan di malam hari. Ada pula mode milky way untuk memotret bintang di langit saat malam hari. Yang tidak kalah menarik, kamera depannya juga beresolusi tinggi, yakni 16 MP lengkap dengan mode beautify.

Xiaomi juga tak mau kalah dengan smartphone baru dengan harga terjangkau

Hardware Efisien

Kamera boleh jadi adalah senjata utama Nubia M2. Tapi kalau bicara spesifikasi hardware, smartphone ini ternyata juga cukup mengesankan. Sebagai smartphone kelas menengah, M2 dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 625 yang terkenal sangat irit daya. Ditambah baterai 3.600 mAh, daya tahan baterainya bisa tahan hingga dua hari untuk pemakaian normal.

Untuk kebutuhan multitasking, Nubia M2 juga dibekali kapasitas RAM hingga 4 GB. Sedangkan kapasitas storage-nya juga tak kalah besar, yakni 64 GB. Kalau dirasa kurang, masih ada slot microSD hybrid yang menyatu dengan slot SIM card-nya.

Ditambah dengan dukungan layar berteknologi AMOLED yang cerah serta koneksi jaringan 4G LTE yang mendukung semua operator di Indonesia, kehadiran Nubia M2 tentu bakal jadi opsi yang menarik. Smartphone ini bisa jadi lawan tangguh untuk ASUS ZenFone 3 maupun OPPO F3.

0 comments