NOW READING

Nikon Z50, Kamera Mirorless Full Frame Cocok Untuk Vlogging

 531
+
 531

Nikon Z50, Kamera Mirorless Full Frame Cocok Untuk Vlogging

by The Daily Oktagon

Kamera mirrorless dengan sensor full frame saat ini sedang ngetrend. Seperti Nikon Z50 yang baru saja dirilis sebagai kamera peratama seri Z-Series yang menggunakan lensa jenis ini.

Nikon Z50 lebih mirip DSLR, namun dengan harga lebih terjangkau, yang menggunakan sensor yang lebih kecil.

Desain Kamera

Dari sisi sisi desain Nikon Z50 hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Sehingga sangat pas untuk pengguna yang tidak ingin repot bawa kamera saat travelling.

Untuk bodinya sendiri diklaim Nikon memiliki fitur water resistance sehingga tahan terhadap cuaca. Rangka kamera ini terbuat dari magnesium alloy serta grip yang mantap di genggaman.

Nikon Z50

credit foto: dpreview

Baca juga: Ungguli Canon dan Nikon, Sony Alpha A7R Mark IV Pakai Sensor 61 megapiksel

Sensor

Nikon menggunakan sensor DX BSI-CMOS, atau biasa dikenal dengan istilah APS-C di luar ekosistem Nikon. Sensor APS-C BSI CMOS yang dibanamkan memiliki resolusi 21 megapixel.

Dengan penggunaan sensor ini maka, Nikon Z50 menjadi kamera mirrorless pertama Nikon dengan sensor APS-C di ekosistem lensa Z-mount.

Mengusung sensor APS-C dan absennya fitur penstabil di bodinya, Nikon Z50 bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan seri sebelumnya.

Untuk pemotretan dalam mode continuous, Nikon punya kecepatan 11 fps dengan AE/AF, serta 5 fps dengan Live View.

Urusan autofokus, kamera ini punya 209 titik autofokus dengan phase detection yang sudah dilengkapi Eye Detection AF Nikon.

Baca juga: 2 Kamera Nikon Terbaru Cocok Untuk Fotografer, Vlogger dan YouTuber

Rekam Video

Dengan sensor lensa yang dimilikinya, bagaimana kemampuan Nikon Z50 untuk merekam video? Kamera ini sangat cocok untuk membuat konten video.

Dengan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K di framerate 24p atau 30p. Selain itu, ada juga fitur slow motion 120 fps di resolusi Full HD untuk merekam video lebih dramatis.

Untuk merekam video lebih baik, Nikon mengoptimalkan perekaman suaranya dengan adanya jack untuk mikrofon eksternal.

Dengan begitu penggunanya bisa menggunakan mic eksternal untuk merekam audio supaya lebih baik lagi. Namun sayang, masih belum ada headphone jack untuk memonitor rekaman kamu, layaknya fitur yang ada di Z6 dan Z7.

Nikon Z50 B&H

Viewfinder

Untuk viewfinder dan mempermudah cara mengoperasikan, Nikon Z50 menawarkan LCD touchscreen seluas 3,2 inci. Layar ini saat memotret biasa, kamu bisa menggunakan viewfinder OLED dengan resolusi 2,36 juta dot.

Layar Nikon Z50 dapat ditekuk hingga 180 derajat ke bawah. Dengan begitu sangat cocok untuk kamu yang suka nge-vlog. Bahkan Nikon mengatakan bahwa mereka juga akan merilis tripod khusus yang mirip dengan GorillaPod, yang didesain tidak supaya akan menutupi layar LCD.

Nikon Z50 2

Baca juga: Ini Keunggulan dan Harga Kamera Mirrorless Nikon Z7 dan Z6 Terbaru

Lensa Nikon Z50

Selain Kamera, Nikon juga merilis lensa untuk kamera Z50 ini. mereka memperkenalkan 2 lensa kit baru yaitu Nikkor Z DX 16-50mm F3.5-6.3 VR dan Nikkor Z DX 50-250mm F4.5-6.3 VR.

Untuk Nikkor Z DX 16-50mm F3.5-6.3 memiliki bodi yang yang lebih ringkas dengan model collapsible, selain itu lensa ini juga menawarkan fitur penstabil hingga 4.5 stop dan dilengkapi cincin kendali internal.

Sementara untuk lensa telefoto Nikkor Z DX 50-250mm dilengkapi fitur penstabil yang bisa menghindari blur akibat goyangan tangan hingga 5 stop dan cincin kendali.

Harga

Nikon Z50 akan tersedia dengan banderol harga US$859 untuk bodi saja. Untuk paketan dengan lensa Nikkor Z DX 16-50mm F3.5-6.3 VR harganya US$999 dan paketan 2 lensa Nikkor Z DX 16-50mm serta Nikkor Z DX 50-250mm harganya US$1349.

0 comments