NOW READING

Nabu Wearable Device, si Minimalis yang Fokus Melacak Aktivitas

 2307
+
 2307

Nabu Wearable Device, si Minimalis yang Fokus Melacak Aktivitas

by The Daily Oktagon

Awal tahun lalu, Razer yang terkenal di dunia gaming peripheral sempat menjadi buah bibir setelah memperkenalkan wearable device pertamanya, Nabu. Sebagai produk debutan, misinya cukup ambisius, yakni menjembatani perangkat smartwatch dan fitness tracker.

razer-nabu-02

Karena misi itu, wujud Razer Nabu sendiri kemudian merupakan percampuran antara smartwatch dan fitness tracker semacam Nike+ FuelBand. Ia mengemas dua layar OLED kecil beresolusi 128 x 32 pixel pada bagian atas dan bawahnya, yang akan memisahkan antara notifikasi untuk konsumsi publik dan pribadi.

Setelah menyambung ke smartphone via Bluetooth 4.0, Nabu dapat menampilkan bermacam notifikasi, mulai dari panggilan telepon, SMS, email sampai mention di Twitter. Semua ini Anda yang memilih, melalui aplikasi Nabu Utility yang tersedia untuk Android dan iOS.

Yang menarik, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur bernama Nabu Pulse. Fitur ini sejatinya merupakan sarana komunikasi antara satu Razer Nabu dengan yang lain yang berada di dekatnya. Jadi misalnya, ketika ada dua pengguna Razer Nabu saling berjabat tangan, mereka bisa langsung bertukar informasi kontak Facebook, Twitter atau WeChat sekalipun.

NabuX-black-02

Selain aspek sosial yang biasa ditawarkan smartwatch, tentu saja Razer Nabu juga menghadirkan fitur-fitur activity tracking. Di samping melakukan kalkulasi terhadap jumlah langkah kaki dan berapa banyak kalori Anda yang terbakar, Nabu juga siap mengevaluasi kualitas tidur Anda di malam hari.

Data-data ini dapat dimonitor dalam wujud visual yang menarik melalui aplikasi Nabu Fitness di smartphone, baik Android maupun iOS. Karena ditujukan sebagai teman berolahraga, tentu saja Nabu tahan terhadap cipratan air, dengan sertifikasi IP54.

Untuk menambah daya tarik, Razer pun menerapkan konsep open-platform terhadap wearable device tersebut. SDK-nya (software development kit) bebas diakses para developer, dan pengguna juga bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan Nabu melalui Nabu Utility App. Bonus buat pengguna Apple iPhone, Razer Nabu juga terintegrasi dengan aplikasi Health bawaan iOS 8.

razer-nabu-04

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Aspek ini tentu saja amat krusial di kancah wearable device. Kabar baiknya, Razer Nabu diyakini bisa beroperasi hingga 5 – 7 hari nonstop sebelum perlu diisi ulang.

Razer Nabu saat ini sudah dipasarkan seharga $99, akan tetapi ketersediaannya cukup sulit belakangan ini. Sebagai alternatif, Razer juga memperkenalkan varian lebih terjangkaunya, yaitu Nabu X, yang dibanderol seharga $50. Nabu X membawa segala keunggulan yang dimiliki Nabu, namun sepasang layar OLED-nya telah digantikan oleh 3 indikator LED dengan warna yang bervariasi.

0 comments