NOW READING

Malware Baru ini Minta Tebusan Uang Dari Korban

 610
+
 610

Malware Baru ini Minta Tebusan Uang Dari Korban

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Epidemi virus dan malware yang mengancam gadget dan software tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Justru sekarang ini timbul ancaman dari malware jenis baru bernama Bad Rabbit yang kini mulai mengkhawatirkan.

Malware Baru (Foto: Shutterstock)

Malware Baru (Foto: Shutterstock)

Baca juga : Perangkat Android Paling Mudah Diserang Malware

Bad Rabbit merupakan malware baru jenis ransomware yang baru-baru ini sudah menyebar di wilayah Eropa. Serangan yang paling besar terjadi di Turki, Jerman, Rusia, dan Ukraina. Target dari Bad Rabbit adalah perusahaan-perusahaan besar dari berbagai bidang, contohnya adalah Kementrian Infrastruktur Ukraina dan perusahaan media bernama Fontanka.ru di Rusia.

Cara kerja dari Bad Rabbit ini hampir sama dengan ransomware lain seperti WannaCry yang sempat menghebohkan. Hacker pembuat Bad Rabit ini akan memblokir data penting yang ada di perangkat targetnya, kemudian meminta uang dalam bentuk bitcoin sejumlah 0.05 atau sekitar Rp3.8 juta agar bisa kembali mengakses data tersebut.

Malware Baru (Foto: Shutterstock)

Baca juga : Hati-hati! Akses WiFi Publik Bisa Di-Hack dengan Cara Baru

Untuk menghindari agar malware ini tidak menjangkiti perangkat, sebaiknya laptop, komputer, dan perangkat lainnya dilengkapi dengan antivirus versi terbaru. Selain itu, hindari untuk membuka situs-situs yang mencurigakan agar malware tersebut tidak menginfeksi perangkat.

0 comments