NOW READING

Mudahnya Membuat Video Timelapse dengan Kamera Compact dan Smartphone

 4582
+
 4582

Mudahnya Membuat Video Timelapse dengan Kamera Compact dan Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Membuat video timelapse berkualitas baik tak hanya bisa dilakukan dengan DSLR, tapi juga dengan kamera compact, bahkan smartphone.
  • Ada yang memerlukan aplikasi pengolahan terpisah, ada pula yang bisa dihasilkan langsung dari device yang digunakan.
  • Gunakan tripod untuk mendukung kegiatan membuat video timelapse, dan pastikan device memiliki daya baterai yang mumpuni.

Pernah melihat video pertumbuhan tanaman dan bunga atau awan yang berarak-arak mulai dari pagi hingga malam hari? Biasanya video ini sering muncul di acara National Geographic.

Nah, video itu disebut timelapse. Meski disebut video timelapse, tetapi sebetulnya itu adalah pengembangan dari dunia fotografi. Video timelapse merupakan sekumpulan atau serangkaian foto yang diambil dalam durasi tertentu dan kemudian dikonversi menjadi klip video.

Periode pemotretan bisa berjam-jam, bahkan hingga berhari-hari. Sementara jeda pengambilan setiap foto bisa beberapa detik hingga menit, tergantung kebutuhan. Pada umumnya objek yang difoto adalah benda-benda yang bergerak lambat, seperti awan, matahari, bulan, bintang, dan tanaman.

Video timelapse tidak hanya untuk merekam objek yang bergerak lambat. Benda-benda yang bergerak cepat, seperti mobil dan aktivitas manusia di sebuah kota atau tempat juga bisa dijadikan materi video timelapse.

video timelapse

Video timelapse merupakan kebalikan dari video gerak lambat (slow motion). Video timelapse merekam gerakan yang lambat dan kemudian ditampilkan dalam gerak yang dipercepat.

Tujuan awal video timelapse adalah untuk penelitian, misalnya untuk mengamati pertumbuhan tanaman atau bunga. Namun, kini video timelapse sudah menjadi umum dan menjadi sarana untuk unjuk kreativitas.

Bicara soal kreativitas berbagi di internet, apakah video online akan menggantikan kegemaran kita menonton televisi?

Membuat Video Timelapse dengan Kamera Compact

Kini membuat video timelapse juga sudah semakin mudah, karena didukung oleh peralatan fotografi yang semakin modern. Bahkan, sudah banyak kamera digital yang memiliki fitur untuk membuat video timelapse.

Fitur di kamera digital untuk membuat video timelapse juga disebut interval shooting. Fitur ini ada di berbagai kamera digital, mulai dari kamera DSLR berharga puluhan juta rupiah hingga kamera digital compact yang terjangkau kantong kebanyakan orang.

Beberapa kamera compact yang sudah dibenamkan fitur untuk membuat video timelapse adalah Panasonic Lumix GF6 dan Nikon Coolpix P7000.

Membuat video timelapse dengan Panasonic Lumix GF6 sangat mudah. Masuk ke Menu, lalu pilih Stop Motion Animation dan aktifkan Auto Shooting. Kemudian pilih Set Shooting Interval untuk menentukan interval setiap foto yang akan kita ambil.

Lumix GF6

Sebagai ilustrasi, untuk awan yang bergerak cepat biasanya menggunakan interval 3-5 detik, adapun untuk awan yang sangat tinggi menggunakan interval 8-10 detik.

Setelah menentukan interval, tekan start dan tunggu sampai jumlah frame yang diperlukan terpenuhi. Setelah selesai, kita bisa langsung menggabungkan foto-foto tadi jadi video timelapse langsung di kamera.

Kamera berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat video timelapse adalah Nikon Coolpix P7000. Cara untuk membuat video timelapse dengan kamera ini juga serupa dengan Panasonic Lumix GF6. Masuk ke menu dan pilih auto shooting dan tentukan interval setiap foto, lalu tekan start.

Pengolahan Hasil Pengambilan Gambar

Setelah mandapatkan rangkaian foto, langkah selanjutnya adalah menyatukan semua foto itu agar menjadi video yang indah. Penyatuan dan pengeditan foto-foto itu bisa dilakukan dengan aplikasi Adobe Premiere Pro CS 6.

Tidak susah menggunakan Adobe Premiere Pro CS 6 untuk membuat video timelapse. Untuk membuka sequence video, klik kanan pada kolom media dan kemudian klik kiri pada pilihan impor. Setelah itu pilih foto-foto yang akan dijadikan video timelapse.

Foto yang akan dijadikan timelapse dimasukkan ke dalam satu folder. Kemudian klik foto pertama serta pilihan image sequence lalu open. Jadilah video timelapse dengan format 30 frame per detik.

Simak juga rekomendasi peralatan wajib untuk membuat video dokumenter

Alternatif, Bikin Video Timelapse dengan Smartphone

Selain menggunakan kamera compact, membuat video timelapse juga bisa menggunakan smartphone. Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge serta LG G4 sudah memiliki aplikasi tersebut. Jika telepon pintar kita belum memiliki aplikasi itu, kita bisa mengunduhnya di Google Play.

shutterstock_305148257

Beberapa aplikasi timelapse yang ada di Google Play adalah Lapse It, TimeLapse, Framelapse, dan Overlapse. Adapun bagi pengguna telepon pintar dengan sistem operasi buatan Microsoft dapat mengunduh Microsoft Hyperlapse Mobile.

Cara menggunakan aplikasi tersebut juga sangat mudah, kita tinggal tentukan interval dan kemudian tekan start. Hasil akhir dari rangkaian foto tersebut bisa kita nikmati langsung di layar telepon seluler. Aplikasi tersebut juga bisa menambahkan efek suara dan gambar langsung dari telepon pintar.

Perangkat Pendukung

Untuk membuat video timelapse juga dibutuhkan tripod untuk menjaga kestabilan kamera, karena kestabilan kamera menjadi hal paling penting dalam membuat video timelapse.

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah baterai. Karena untuk membuat video timelapsememerlukan waktu pemotretan hingga berjam-jam, bahkan berhari-hari, kita harus membekali kamera dengan baterai berdaya besar.

Kalau perlu, sambungkan kamera dengan baterai tambahan. Jangan sampai kamera mati di tengah-tengah pembuatan video timelapse.

Bagaimana, mudah bukan?

Baca juga tentang cara membuat video stop motion

0 comments