NOW READING

MRT Jakarta, Layanan Transportasi Baru Yang Trendy

 212
+
 212

MRT Jakarta, Layanan Transportasi Baru Yang Trendy

by The Daily Oktagon

Layanan transportasi terbaru MRT akhirnya resmi beroperasi di Jakarta. MRT Jakarta, singkatan dari Moda Raya Terpadu Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta  adalah sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik di Jakarta.

Proses pembangunan MRT Jakarta telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2014 dan diresmikan pada 24 Maret 2019. Layanan MRT Jakarta ini diberi nama “Ratangga”. Kata ratangga merupakan kata bahasa Jawa Kuno yang berarti “kendaraan beroda” atau “kereta”. Operator layanan ini, PT MRT Jakarta, merupakan badan usaha milik daerah yang modalnya dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Jalur operasi MRT Jakarta menghubungkan area Lebak Bulus hingga Bunderan Hotel Indonesia (HI). Sepanjang jalur tersebut terdiri dari 13 stasiun, antara lain stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI dan Bunderan Hotel Indonesia.

Untuk mengoptimalkan angkutan antarmoda, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengintegrasikan MRT dengan moda transportasi lain yang diatur oleh Pemerintah Provinsi melalui kartu Jak Lingko: LRT Jakarta, Transjakarta, serta KRL Commuter Line.

Cara Naik MRT Jakarta

Masyarakat yang akan menggunakan layanan MRT Jakarta dapat memilih beberapa alternatif metode pembayaran yang disediakan. Namun tidak menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan kartu electronic money (e-money). Kamu bisa menggunakan beberapa cara pembayaran e-money untuk bisa naik MRT Jakarta.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan e-ticketing, PT MRT Jakarta telah merilis e-ticketing yang diberi nama “Kartu Jelajah”. Kartu ini dirilis dalam bentuk 2 jenis kartu yaitu kartu untuk perjalanan tunggal (single-trip) dan prabayar untuk perjalanan berkali-kali (multi-trip).

Untuk kartu single-trip hanya bisa digunakan untuk sekali perjalanan dan diwajibkan untuk isi ulang (top-up) dengan rentang waktu maksimal 7 hari setelah pembelian. Sementara untuk kartu multi-trip dapat digunakan berkali-kali selama saldo di dalam kartu masih mencukupi.

Sampai saat ini PT MRT Jakarta terhitung telah memproduksi 954.000 tiket dengan jenis single-trip dan multi-trip.Untuk implementasi kartu jelajah multi-trip sebagai alat transaksi pembayaran, PT MRT Jakarta masih menunggu perizinan dari pihak Bank Indonesia.

Tampil Trendy di MRT Jakarta

Berbagai aktivitas seputar layanan MRT Jakarta ternyata juga ramai di media sosial. Berbagai foto maupun video berseliweran. Buat yang tertarik untuk melihat seheboh apa layanan MRT dengan segala hiruk-pikuknya, bisa kamu intip cukup dari media sosial Instagram. Ada beberapa akun Instagram yang memang sengaja berisi seputar MRT Jakarta, mulai dari info penting hingga kejadian-kejadian unik. Termasuk foto-foto para pengguna layanan MRT Jakarta yang tampil dengan gaya yang trendy.

Buat kamu yang selalu menjaga penampilan, biasanya tidak peduli dimanapun pasti tetap ingin tampil trendy. Tak terkecuali saat kamu sedang melakukan travel ke kantor menggunakan transportasi umum, seperti MRT misalnya. Saat sedang menggunakan layanan MRT, kamu tetap bisa menjaga penampilan agar terlihat trendy. Siapa tahu aja ada yang tertarik dengan gaya kamu yang smart.  Salah satu caranya bisa dengan menggunakan headphone sambil mendengarkan musik. Ada beberapa pilihan headphone dengan desain keren yang bisa membuat kamu terlihat trendy.

Apalagi mendengarkan konten hiburan seperti musik, video atau podcast menjadi cara mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu senggang, termasuk saat sedang menunggu atau saat dalam travel perjalanan menggunakan sarana transportasi seperti MRT Jakarta yang lagi hype. Dan ternyata Selain mengasyikkan, ternyata mendengarkan konten hiburan, terutama musik, juga puya beberapa manfaat positif yang tidak terduga.

0 comments