NOW READING

Moto Z + Hasselblad Truezoom, Kombinasi Jitu Smartphone dan Fotografi

 10637
+
 10637

Moto Z + Hasselblad Truezoom, Kombinasi Jitu Smartphone dan Fotografi

by The Daily Oktagon
  • Setelah absen cukup lama, smartphone Motorola akhirnya kembali hadir di Indonesia
  • Smartphone yang hadir kali ini adalah Moto Z yang menyandang gelar flagship modular tertipis di dunia
  • Selain tipis dan kencang, Moto Z juga revolusioner karena memiliki beragam aksesori bongkar pasang bernama Moto Mods

Dirilis sejak Oktober 2016 lalu, flagship Android tertipis di dunia, Moto Z, akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Smartphone dengan ketebalan 5,2 cm ini resmi diperkenalkan Januari kemarin di bawah payung Lenovo Indonesia.

Moto Z sendiri datang dengan boks penjualan kotak yang cukup besar. Di dalamnya terdapat charger, kabel data, headset, serta dua aksesori berupa bumper dan sebuah back cover, yang disertakan sebagai alternatif apabila ada pengguna yang tidak nyaman memegang smartphone dengan bodi yang kelewat tipis.

Nah, yang menarik adalah cara menggunakannya. Tidak perlu repot-repot, back cover ini bisa dipasang hanya dengan ditempel pada bagian belakang smartphone dengan sistem magnetic. Jadi memasang dan melepasnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Aksesori ini dinamakan Moto Mods.

Apa itu Moto Mods?

Moto Mods adalah sebutan untuk beragam aksesori yang dirancang untuk smartphone Moto Z series. Seperti yang kita tahu, Moto Z adalah smartphone modular yang bisa dimodifikasi. Dalam artian fungsinya bisa ditambah hanya dengan memasangkan aksesori bernama Moto Mods tadi.

Sejauh ini ada empat Moto Mods yang disediakan dan dijual terpisah. Mereka adalah Mods power pack dari Incipio yang berfungsi layaknya powerbank. Mods ini memiliki daya 2.200 mAh. Dengan menempelkannya di bodi belakang Moto Z, maka bisa menambah atau memperpanjang durasi pemakaian.

Slide3

Mods yang kedua adalah speaker besutan JBL. Sesuai dengan namanya, Mods JBL Soundboost dapat mendongkrak kualitas dan volume suara dari speaker Moto Z. Hanya dengan menempelkannya, pengguna dapat merasakan perbedaan suara yang amat sangat signifikan. Bass dan treble sangat terasa, juga volume yang bisa meningkat hingga empat kali lipat.

Mods ketiga adalah proyektor dari Insta-share. Mods ini berfungsi untuk menyulap Moto Z jadi sebuah proyektor portabel. Ketika ditempelkan, ia dapat mentransfer apapun yang ditampilkan di layar smartphone. Baik saat meilhat gambar, menonton video, bermain game, atau hanya sekadar browsing. Mods ini bisa menciptakan layar hingga ukuran 70 inci dengan brightness 50 lumens dan contrast ratio 400:1.

Review smartphone “gahar” terbaru lain bisa disimak di sini

Mods Spesial dari Hasselblad

Selain ketiga Mods yang sudah disebutkan di atas, masih ada satu Mods terakhir yang bisa dibeli oleh para pengguna Moto Z. Mods yang dimaksud adalah yang paling mewah dan mungkin paling banyak diburu, yakni kamera besutan Hasselblad.

Hasselblad sendiri adalah perusahaan pencipta kamera yang bermarkas di Swedia. Hasselblad selama ini dikenal sebagai andal menciptakan kamera medium format serta beragam aksesori kamera. Seiring dengan berkembangnya teknologi, Hasselblad pun turut menjamah ranah gadget.

Salah satu bentuk eksistensinya adalah Mods Hasselblad Truezoom. Mods ini memiliki bentuk yang mirip seperti kamera saku. Sama dengan Mods lainnya, cara menggunakannya yakni hanya dengan menempelkannya saja.

Slide2

Tidak ada konfigurasi atau pengaturan yang perlu dilakukan. Mods Hasselblad yang sudah ditempel bakal langsung aktif ketika kita mengaktifkan kamera Moto Z. Mods Hasselblad Truezoom memiliki kamera sendiri dengan resolusi 12 MP, aperture f/3.5-5.6, flash Xenon, serta kemampuan optical zoom 10x.

Kita bisa memilih mau memotret dengan format JPEG atau RAW. Kemampuan atau kualitas hasil jepretannya sendiri tak beda jauh ketimbang kamera 13 MP bawaan milik Moto Z. Hanya saja, kamera 12 MP pada Mods Hasselblad dapat menangkap gambar dengan cahaya lebih banyak sehingga hasilnya sedikit lebih terang.

Klik di sini untuk melihat ulasan kamera dari Hasselblad 

Istimewanya Truezoom

Namun yang paling dijagokan dari Mods Hasselblad Truezoom adalah kemampuan optical zoom. Inilah hal yang tidak dimiliki oleh mayoritas kamera smartphone saat ini. Dengan optical zoom hingga 10x, kita bisa memotret apapun dari jarak jauh (sekitar 5-10 meter). Hasilnya bakal terasa memuaskan selama tangan kita stabil saat menjepret.

Slide4

Sementara untuk memotret di kondisi gelap, flash Xenon yang dimilikinya juga bekerja dengan sangat optimal. Plus dengan adanya sensor infrared, penguncian fokus objek bisa dilakukan dengan lebih baik dan cepat. Saat kami coba, flash Xenon milik Mods Hasselblad ini bisa menerangi objek dari jarak yang cukup jauh, sekitar 5 meter.

Slide1

Untuk kiat memaksimalkan flash kamera di smartphone, simak di sini

Di Indonesia, Moto Z dan beragam aksesori Moto Mods sudah bisa dibeli, termasuk ready stock di Oktagon dengan harga bundling yang menggoda. Moto Z dengan Mods JBL Soundboost dapat dibawa pulang di Rp10,098 juta. Untuk bundling Mods Projector seharga Rp13,098 juta, sedangkan Mods Hasselblad Truezoom tak kalah menarik di Rp12,098 juta.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Moto Z dengan Mods Hasselblad Truezoom menjadi salah satu perpaduan teknologi smartphone dan kamera terbaik saat ini.

0 comments