NOW READING

Moai, Robot Mungil Untuk Merawat Akuarium

 830
+
 830

Moai, Robot Mungil Untuk Merawat Akuarium

by The Daily Oktagon
  • Menjaga akuarium agar tetap bersih memang akan sedikit merepotkan.
  • Terdapat sebuah robot mungil yang dapat membersihkan akuarium secara otomatis.
  • Robot ini juga akan memantau kondisi akuarium.

Menikmati keindahan berbagai macam jenis ikan yang berenang di akuarium akan terasa lebih nyaman jika kondisi airnya bersih. Tetapi, menjaga akuarium agar tetap bersih memang akan sedikit merepotkan. Apalagi orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut.

Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan itu, terdapat sebuah robot mungil yang dapat membersihkan akuarium secara otomatis. Tidak hanya membersihkan, robot bernama Moai ini akan memantau kondisi akuarium dan makhluk hidup di dalamnya secara seksama.

Baca juga : Mabu, Robot Perawat Layaknya Suster Pribadi

Foto: MOAI

Penjadwalan Teratur

Kamu dapat menentukan kapan Moai mulai membersihkan akuarium agar terhindar dari lumut atau noda yang akan mengotori kaca. Pengaturan ini dapat dilakukan hanya dengan sebuah aplikasi khusus untuk para pengguna Moai. Setelah masuk ke aplikasi, pilihlah hari dan waktu untuk sesi pembersihan. Pengaturan yang sudah ditetapkan akan diterima oleh perangkat Moai dengan menggunakan Wifi dan langsung dilakukan sesuai dengan permintaan Kamu .

Ketika alat ini beroperasi, suara yang dihasilkan sangatlah kecil sehingga ketika Moai bekerja pada malam hari, istirahat Kamu tidak akan terganggu. Selain itu, Moai akan mendeteksi wilayah jelajah akuarium dengan sensor navigasi suara ultra agar jangkauan pembersihan lebih menyeluruh.

Sensor navigasi suara ultra juga berfungsi untuk menghindari terhambatnya proses pembersihan karena terhambat sesuatu atau tersangkut. Moai akan secara otomatis menghindari halangan berdasarkan pantulan suara dari benda yang menghalangi. Manfaat lain dari teknologi yang digunakan oleh Moai ini adalah meminimalisir goresan karena akan menjaga jarak agar tidak sampai pada bagian dasar akuarium.

Setelah Moai menyelesaikan tugasnya, alat ini secara otomatis kembali ke smartdock untuk mengisi daya dan persiapan ke sesi pembersihan selanjutnya. Saat proses ‘istirahat’, Moai akan tetap menempel dengan sempurna karena penggunaan magnet Neodymium dengan daya tarik menarik yang cukup kuat.

Foto: MOAI

Bisa Share Keindahan Akuarium

Kamu bisa memperlihatkan betapa indah dan bersihnya akuarium yang ada di rumah kepada kerabat dekat dengan alat ini. Moai dilengkapi dengan kamera beresolusi 1080p HD yang akan menangkap momen-momen unik dan alami dari akuarium. Pemilik alat ini juga dapat melakukan live streaming agar bisa mengetahui kondisi akuarium secara realtime. Saat live streaming berlangsung, pengguna bisa menentukan pergerakan Moai ke posisi yang dikehendaki dengan virtual joy dari aplikasi.

Berkat Wide Angle 120°, jangkauan gambar yang diambil ketika proses perekaman atau pengambilan gambar akan menjadi lebih besar. Hasilnya pun otomatis lebih detail dan keindahan akuarium Kamu akan terlihat lebih hidup. Pengguna Moai juga bisa merekam video timelapse sehingga hasil perekaman menjadi lebih bervariasi.

Baca juga : Robot Humanoid dari Toyota Ini Bisa Bergerak Mirip Manusia

Foto: MOAI

Tetapi ada suatu hal yang patut dipertimbangkan untuk menggunakan alat ini. Pertama, alat ini tidak dapat digunakan untuk akuarium dengan tabung silinder. Hal ini disebabkan karena magnet dan pembersih tidak akan berkerja maksimal pada penampang yang melengkung. Moai hanya akan bekerja optimal pada akuarium berbentuk balok. Lalu, alat ini hanya akan membersihkan satu sisi kaca, untuk membersihkan sisi yang lain, Kamu harus memindahkan Moai secara manual.

Di balik semua kekurangan dan kelebihan Moai, alat ini tetap akan membantu untuk menjaga estetika dan kebersihan akuarium. Setidaknya keindahan ikan-ikan dan hiasan lainnya masih dapat terlihat dari sisi depan yang dibersihkan oleh Moai.

0 comments