NOW READING

Mio MiVue M300, Action Cam dengan Ketangguhan Fisik di Atas Rata-Rata

 2192
+
 2192

Mio MiVue M300, Action Cam dengan Ketangguhan Fisik di Atas Rata-Rata

by The Daily Oktagon

Kategori action camera tidak tercipta begitu saja tanpa disengaja. Selain demi kepuasan pribadi, para penggemar olahraga ekstrem maupun penantang maut juga ingin membagikan pengalamannya kepada dunia. Tren ini secara tidak langsung merupakan pemicu dari evolusi digital camcorder menjadi action camera, yang pada akhirnya membentuk kategori sendiri.

Saat ini, keragaman action cam tampaknya sudah menyaingi digital camcorder tradisional. Kendati punya nama GoPro sebagai pionir, ada sejumlah pemain lain yang sudah mulai masuk ke pasar. Diantaranya Garmin dan TomTom. Persaingan yang tadinya ada di ranah perangkat navigasi GPS kini berlanjut ke segmen action cam.

overview_m300_IPX8_MiVueM300_sea

Reputasi tiga brand yang disebut di atas memang sudah tergolong cukup tenar di industri teknologi. Tapi mungkin yang satu ini bisa jadi pilihan.

Action cam bernama Mio MiVue M300 ini tampaknya bisa dijadikan alternatif – sekedar informasi, Mio masuk dalam tiga vendor perangkat navigasi terbesar di dunia bersama dengan Garmin dan TomTom menurut Wikipedia, jadi tambahkan satu lagi produsen perangkat GPS yang juga menjajakan action cam.

overview_m300_DR9U1738_Mivue_m300_sea

Ada banyak kelebihannya. Salah satunya harga yang ekonomis dan berkategori middle range. Selain itu, mari kita lihat sejumlah fungsi dasarnya.

Pertama-tama, kamera ini sengaja dirancang untuk mengabadikan hampir segala jenis olahraga ekstrem. Dimensinya tergolong ringkas, dengan bobot hanya 95 gram. Bentuknya yang lonjong seperti tabung sangat pas ditempatkan di atas helm, atau jika Anda merasa ingin lebih kreatif lagi, pasangkan di atas skateboard menggunakan mount khusus.

Tipe aksesori yang ditawarkan sendiri cukup variatif. Berikut adalah semua aksesori yang disertakan dalam paket penjualannya: tripod mount, bike mount, base mount, universal mount, device holder, hand strap, plus charger tahan air untuk mengisi ulang baterai berdaya 650 mAh-nya.

product_overview_MiVue_m300_side-UP_big_sea

Soal ketangguhan fisik, Mio MiVue M300 sudah mengantongi sertifikasi IPX8, yang berarti ia siap Anda ajak snorkeling hingga kedalaman 3 meter selama 1 jam, tanpa dibalut casing khusus. “Kalau smartphone saja ada yang bisa diajak berenang tanpa casing, kenapa action cam tidak?” Kira-kira seperti itu ucapan Mio MiVue M300 jika saja ia bisa membanggakan dirinya sendiri secara verbal. Lebih lanjut, action cam ini diklaim bisa beroperasi pada suhu dingin (-10º C) atau panas (60º C) yang cukup tinggi.

product_overview_MiVue_m300_side_big_sea

Kualitas video yang direkam masih terbatas di angka 1080p 30 fps, sedangkan resolusi foto yang bisa dijepret adalah 5 megapixel – kalau Anda mencari kemampuan perekaman 4K, mungkin Anda harus menyiapkan budget yang lebih besar untuk menggaet action cam yang lebih mahal, seperti salah satu contohnya, GoPro Hero4 Black. Pada muka kamera, lensa wide-angle 120º dengan aperture f/2.8 akan memaksimalkan perolehan cahaya di malam hari.

Di sisi belakang, Anda akan menjumpai switch untuk berganti antara mode video dan foto. Di atas port mini USB, terdapat slot microSD yang sanggup mengakomodasi kartu dengan kapasitas maksimum 32 GB. Tombol perekaman berwarna oranye dan berukuran cukup besar diposisikan di atas untuk memudahkan akses penggunanya.

Sumber gambar: 1 dan 2.

0 comments