NOW READING

Microsoft Xbox Series X Diperkenalkan, Gamer Xbox One X dan PS 4 Perlu Ganti?

 491
+
 491

Microsoft Xbox Series X Diperkenalkan, Gamer Xbox One X dan PS 4 Perlu Ganti?

by The Daily Oktagon

Di The Game Awards 2019, konsol game Microsoft Xbox Series X resmi memperkenalkan. Memiliki bentuk yang simpel, konsol ini memiliki peningkatan yang sukup siknifikan dibandingkan Xbox One X. Gamer PS 4 Perlu Ganti?

Desain simpel

Dari sisi desain Xbox Series X memiliki bentuk yang simpel, seperti layaknya sebuah balok vertikal. Dengan desain ini maka, membantu perangkat bekerja dengan suara yang minim dan sirkulasi udara yang maksimal. Bentuk ini juga membuat konsol tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpannya.

xbox series x 4

Baca juga: Saingi PlayStation dan Xbox, Ini kelebihan Google Stadia

Hardware mumpuni

Berkat prosesor dengan arsitektur Zen 2 dan GPU bikinan AMD, Xbox Series X diklaim siap memainkan game dengan resolusi 4K 60 fps secara konsisten.

Tidak hanya itu, Microsoft juga mengatakan bahwa hardware Xbox Series X juga cukup kuat untuk menyajikan output resolusi 8K dengan refresh rate 120 Hz. Didalamnya Microsoft juga membenamkan teknologi grafis ray tracing bisa dijumpai pada perangkat PC gaming.

Xbox Series X menawarkan upgrade yang sangat signifikan. Bahkan microsoft mengklaim bahwa Xbox Series X memiliki kinerja CPU empat kali lebih cepat dan kinerja GPU dua kali lebih kencang dibandingkan Xbox One X. Ditambah lagi dengan penggunaan SSD NVMe, diharapkan dapat mengeliminasi proses loading yang biasa dialami pada konsol Xbox One X.

Credit Foto: Engadget

Baca juga: Perang Konsol Game Generasi Baru di Indonesia, Siapa Juara?

Ekosistem game

Untuk ekosistemnya, Microsoft bahkan sudah menyiapkan 15 tim developer untuk mengembangkan game bagi konsol barunya ini.

Bahkan sudah ada setidaknya dua game Halo Infinite dan sekuel dari Hellblade, mengkonfirmasi Backward compatibility menjadi salah satu penawaran Series X, baik untuk game maupun aksesori.

Controller terbaru

Setiap unit Series X akan tersedia dengan Xbox Wireless Controller generasi baru yang dimensinya sedikit lebih ringkas. Selain itu, ada juga D-Pad model hybrid ala Xbox Elite Wireless Controller.

Di Controller barunya ini Microsoft juga menghadirkan tombol “Share” sehingga memudahkan pemain mengambil screenshot atau merekam klip video dan membagikannya di sosial media.

Xbox Series X juga dibekali dengan UI yang siap membawa pengunanya langsung masuk ke dalam game yang akan dimainkan.

 

Baca juga: Switch, Nostalgia Nintendo dengan Console Baru

Kesimpulan

Dengan eksklusivitas game pada platform dan kepraktisan, maka konsol ini nampaknya bakal menjadi perangkat yang multi-fungsi bahkan mungkin dapat menggantikan PC atau konsol lain, apakah itu Xbox One X atau bahkan pengguna Playstation 4.

Xbox Series X sendiri bakal dipasarkan tahun depan. Untuk harganya sendiri pihak Microsoft belum mengumumkannya.

0 comments