NOW READING

Mi Drone, Drone Terjangkau Xiaomi dengan Performa Tangkas

 3143
+
 3143

Mi Drone, Drone Terjangkau Xiaomi dengan Performa Tangkas

by The Daily Oktagon
  • Baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan kategori produk baru, yaitu drone bernama Mi Drone.
  • Mi Drone tersedia dalam versi resolusi 4K dan 1080p. Ringkas, relatif ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
  • Mi Drone cocok untuk awam atau pemula. Selain praktis dan efisien, juga dijual dengan harga relatif terjangkau (diperkirakan dalam kisaran harga Rp 5-6 jutaan).

Xiaomi kini tidak lagi dikenal sebagai vendor smartphone. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu membuktikan eksistensinya dengan menapaki ranah baru di industri teknologi, mulai dari meluncurkan perangkat smart home seperti TV, sepeda pintar, hingga air purifier.

Namun tak lengkap rasanya jika Xiaomi belum menjajal salah satu kategori produk terpanas di dunia teknologi saat ini, yaitu drone. Padahal, sudah banyak vendor teknologi menjajal peruntungan bisnisnya dengan meluncurkan drone yang diklaim memiliki performa tangkas.

Seolah tak ingin ketinggalan arus, Xiaomi pun akhirnya mengumumkan drone miliknya yang bernama Mi Drone.

Xiaomi Mi Drone

Bukan Xiaomi namanya jika produk-produk yang dijual tidak dilego dengan harga yang terjangkau. Seperti diketahui, perusahaan pimpinan pengusaha bernama Léi Jūn tersebut memang dikenal ‘ramah’ dalam menjual produknya.

Hampir semua lini perangkat yang dijual Xiaomi memiliki spesifikasi unggul, namun dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari yang Anda pikir.

Nah, apakah Mi Drone juga demikian? Bagaimana performa pesawat tanpa awak tersebut di udara? Apa memang sebanding dengan harga yang dipatok oleh Xiaomi? The Daily Oktagon akan mengulas seperti Mi Drone lebih mendalam. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga tentang aplikasi Periscope yang kini bisa menyiarkan video dari kamera drone

Desain Irit dan Minimalis

Minimalis tampaknya menjadi poin wajib bagi Xiaomi kala mendesain perangkat-perangkatnya. Buktinya pada Mi Drone, desain drone tersebut tidak tampil berlebihan.

Dengan padanan warna putih dan logo “Mi” di tengah bodi quadcopter, Mi Drone tampak cantik dengan perpaduan desain yang berkesan irit dan manis.

Yang membedakan antara Mi Drone versi resolusi 4K dan 1080p adalah warna palet yang digunakan. Jika pada versi resolusi 1080p drone tersebut memiliki warna palet putih dan oranye, sementara versi resolusi 4K memiliki padanan warna palet putih dan emas.

Bicara soal ukuran, bila dibandingkan dengan DJI Elf Drone yang memiliki jarak rotor-to-rotor 434 mm, Mi Drone mungkin tampak sedikit lebih lebar. Pun begitu, Mi Drone memiliki poin unggul dalam mobilitas penggunaannya di mana landing gear drone ini bisa dilipat dan disimpan di dalam ransel dengan ukuran hingga 17 inci.

Ini menjadi poin menarik karena bagi pengguna drone yang gemar traveling, Mi Drone tampaknya bisa menjadi teman yang asyik, mengingat kepraktisan perangkat ini untuk dibawa kemana-mana dan tidak memiliki bobot berat.

Xiaomi Mi Drone

Baling-baling Mi Drone juga dibalut dengan desain tambahan, di mana ada bingkai khusus yang melindungi baling-balingnya. Tujuannya untuk melindungi baling-baling drone saat mendarat. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir drone bisa rusak begitu saja, tanpa ada sebab.

Lanjut ke desain remote control dan kamera. Untuk remote control, pengguna harus menyematkan smartphone seri Xiaomi Mi untuk bisa melihat viewfinder. Desain remote control tetap konsisten dengan nilai minimalis ala Xiaomi. Hanya saja, padanan tombol dan gesturnya terasa sama dengan desain remote control drone lainnya.

Untuk kamera, desain yang dikemas dalam kamera Mi Drone terasa begitu simpel dan tidak neko-neko. Ada pula port USB dan slot microSD yang terletak di bagian belakang kamera.

Xiaomi Mi Drone

Tetap dengan padanan warna putih, kamera ini memiliki kontruksi seimbang yang mampu menghindari rotasi kopeling, di mana dapat menyebabkan guncangan akibat angin saat terbang dengan kecepatan 10 meter per detik atau lebih tinggi lagi.

Kamera itu juga bisa dibongkar pasang. Bagaimanapun, jika pengguna Mi Drone versi 1080p ingin mengganti kameranya dengan kamera Mi Drone versi 4K, ia tidak bisa menggantinya karena perbedaan spesifikasi kamera.

Kenali pula drone lainnya, Yuneec Typhoon H yang tampilannya menyerupai laba-laba

Harga Terjangkau, Performa Masuk Akal

Xiaomi tetap konsisten membanderol Mi Drone dengan harga terjangkau yang dirasa masuk akal untuk kelas drone buatannya.

Ada dua versi Mi Drone dengan harga berbeda yang akan dijual ke pasaran. Mi Drone versi resolusi 4K dihargai sebesar 2.999 Yuan (setara dengan Rp 5,9 jutaan), sementara versi resolusi 1080p dipatok sebesar 2.499 Yuan (setara dengan Rp 4,9 jutaan).

Xiaomi Mi Drone

Dengan harga yang dipatok untuk kedua versi tersebut, performa Mi Drone pun bisa dibilang cukup memuaskan, apalagi untuk yang versi resolusi 4K. Hasil rekaman video tampak jernih dan di luar ekspektasi. Untuk daya tahan, dua versi Mi Drone ini memiliki baterai dengan kapasitas 5100mAh yang mampu membuatnya terbang selama 27 menit.

Mi Drone memiliki dua modus operasi, yaitu beginner dan advanced mode. Saat menerbangkan Mi Drone, stabilitas drone ketika melayang sangat baik. Bahkan, tidak ada tanda-tanda bodi drone tersebut terguncang sedikit pun ketika terbang dengan intensitas angin yang cukup tinggi.

Sayangnya, pada beginner mode, modus flying path plan, orbit dan fixed-point mode terkunci. Pengguna tidak bisa memilih atau mengganti ke modus tersebut. Namun menariknya, pengguna bisa menggunakan fungsi auto-return.

Saat pada ketinggian yang rendah, dengan auto-return, Mi Drone mampu terbang hingga ketinggian 10 meter, lalu mampu terbang kembali ke lokasi take off dengan akurat. Satu hal yang harus diketahui setelah menggunakan fungsi auto-return, pengguna harus memastikan untuk mengalihkan homing switch pada remote control. Jika tidak, drone tidak akan bisa take off.

Perlu diikuti juga bahasan tentang Asosiasi Pilot Drone Indonesia berikut ini

Xiaomi Mi Drone

Terakhir, performa image transferring system. Kami menguji Mi Drone versi 1080p. Sistem kontrol penerbangan menggunakan sinyal transmisi 2.4G. Image signal ditransmisikan dengan Wi-Fi 5.8G, tidak seperti versi resolusi 4K yang menggunakan sistem transfer image MIMO dan mampu mengintegrasikan sinyal yang mampu membuat jarak kontrol penerbangan menembus 3 kilometer.

Sekadar informasi, jarak kontrol penerbangan pada Wi-Fi image transfer system hanya bisa mencapai 1 kilometer. Jadi, jarak penerbangan yang direkomendasikan pada versi 1080p adalah jarak 1 kilometer.

Kesimpulannya, Mi Drone merupakan drone yang cocok untuk digunakan pengguna awam atau pemula. Selain harganya cukup terjangkau, drone tersebut praktis dan efisien ketika dibawa dalam perjalanan jauh seperti liburan.

Selain itu, desain Mi Drone juga tidak berlebihan dan memberikan kesan clean. Semua keunggulan Mi Drone terpadu dalam satu paket komplet. Dengan begitu. besar kemungkinan Mi Drone bisa menjadi salah satu produk andalan Xiaomi di masa mendatang.

Simak pula ulasan tentang DJI Phantom 4 yang juga cerdas dan pas untuk pemula

0 comments