NOW READING

Merasakan Asiknya Dunia Virtual dengan Samsung Gear VR

 2245
+
 2245

Merasakan Asiknya Dunia Virtual dengan Samsung Gear VR

by The Daily Oktagon

Tren virtual reality sudah mulai ramai sejak kuartal kedua tahun lalu. Tren ini semakin banyak menjangkau kalangan berkat adanya perangkat virtual reality murah meriah ala Google bernama Google Cardboard. Perangkat ini membuat teknologi virtual reality yang terkesan mahal bisa dinikmati lebih banyak orang. Begitu pun dengan Samsung yang juga memiliki perangkat virtual reality Gear VR sejak November 2015 lalu.

Baru Tiba di Indonesia

Meski sudah hampir lima bulan diperkenalkan, headset virtual reality Samsung Gear VR baru nongol di tanah air bulan Maret 2016 ini. Perlu diketahui, headset Gear VR yang dijual saat ini adalah generasi ketiga dengan beberapa perbaikan dari dua versi sebelumnya. Peningkatan yang dibawa meliputi update software hingga perbaikan desain untuk hasilkan kenyamanan lebih baik saat menggunakannya.

gear-vr-04
Samsung memilih untuk memasarkan Gear VR dengan cara yang beda. Samsung tidak menjualnya sebagai sebuah perangkat terpisah, melainkan disertakan atau bundling dalam paket penjualan smartphone flagship barunya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge. Namun, jika hanya ingin membeli Gear VR-nya saja, headset ini bisa dibeli dengan harga Rp 1,5 juta.

Nah, penulis The Daily Oktagon berksempatan mencoba dan mengajak Anda merasakan asiknya dunia virtual dengan Samsung Gear VR. Berikut ulasannya.

Desain dan Kompatibilitas

Headset virtual reality digunakan di kepala, khususnya bagian mata seperti halnya kacamata. Karena konten virtual reality itu sendiri yang juga masih tergolong teknologi baru dan berpotensi membuat pusing atau mual, Samsung tak ingin menambah beban penggunanya. Hal tersebut dibuktikan dengan desain Gear VR yang didominasi material plastik agar tetap ringan.

Plastik yang digunakan tidak sembarangan dan tetap terlihat mewah. Bobotnya pun ringan, hanya sekitar 130 gram saja. Bobot tersebut membuat Anda betah berlama-lama menggunakannya jika tidak keburu mual melihat kontennya.

gear-vr-02
Samsung Gear VR memiliki beberapa tombol pengaturan dan dua port micro USB. Di sisi atasnya terdapat sebuah slider untuk mengatur fokus objek yang ditampilkan saat memutar konten virtual reality. Di sisi kanan terdapat tombol volume, tombol back, serta touchpad untuk navigasi. Sementara di sisi kiri terdapat satu port microUSB apabila Anda ingin menggunakan Gear VR sembari mengisi baterai smartphone.

Lalu, smartphone apa saja yang kompatibel dengan Samsung Gear VR? Pihak Samsung menyarankan untuk memasangkan Gear VR dengan smartphone flagship Samsung, antara lain Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 edge, Galaxy S6 edge+, Galaxy S7, dan Galaxy S7 edge. Namun, smartphone lain yang memiliki port microUSB juga bisa digunakan, asalkan memiliki sensor gyroscope dan layar maksimal 5,5 inci. Alasan Samsung untuk tidak merekomendasikan smartphone lain, karena untuk memutar konten virtual reality, dibutuhkan smartphone dengan spesifikasi di atas rata-rata.

Jangan lewatkan artikel ini, Menikmati Masa Depan dengan Virtual Reality Terbaru

Bekerjasama dengan Oculus

Samsung bekerjasama dengan Oculus dalam mengembangkan Gear VR. Oculus bisa dibilang pionir di industri virtual reality karena pertama kali mengembangkan headset Oculus Rift untuk PC. Karena menggunakan teknologi dari Oculus, konten-konten yang bisa dinikmati menggunakan Gear VR pun khusus yang dikembangkan untuk Oculus.

Pertama kali menggunakannya, Anda hanya perlu menghubungkan smartphone dengan Gear VR. Letakkan smartphone di tempat yang sudah disediakan, cocokkan dan colokkan port microUSB yang disediakan. Setelahnya smartphone secara otomatis menginstal berbagai aplikasi Oculus termasuk aplikasi pendukungnya. Proses ini memakan waktu di atas 15 menit tergantung kecepatan internet.

gear-vr-05
Setelah terinstal, Anda bisa langsung menggunakan Gear VR. Pastikan smartphone terhubung dengan Internet untuk mengunduh berbagai konten virtual reality yang disediakan. Anda bisa mengunduh aplikasi, film, video biasa, hingga game. Oh ya, Anda pun bisa melihat foto atau video yang ada di galeri smartphone dengan sensasi virtual reality.

Sensasi Virtual Reality

Buat Anda yang masih bingung bagaimana rasanya menggunakan headset virtual reality, intinya alat ini bisa membuat Anda merasakan sensasi berada di macam-macam tempat di seluruh dunia. Bahkan tempat yang aslinya hanyalah tempat khayalan, seperti dunia Jurassic. Ya, salah satu kontennya berjudul “Jurassic World : Apatosaurus” membuat Anda berada di sebuah hutan yang amat sangat luas.

gear-vr-08
Tepat di hadapan Anda ada seekor dinosaurus jinak yang tadinya tidur, lalu terbangun dan mencoba berinteraksi dengan Anda. Saat didekati, dia akan mengendus dan mengedipkan matanya tepat ke arah Anda. Sensasi ini terasa sangat nyata karena visual yang disajikan pun sangat baik. Anda pun dipastikan akan bergerak menjauh refleks ketika sang makhluk purba tersebut mendekati. Hal ini akan terlihat lucu bagi orang lain yang melihat Anda.

gear-vr-07Headset Samsung Gear VR ini sendiri tidak membutuhkan baterai atau daya apapun untuk memutar konten virtual reality. Pasalnya, headset ini hanya berfungsi sebagai kacamata perantara untuk menerjemahkan konten virtual reality menjadi terlihat nyata. Kemana pun Anda menoleh, ke atas, bawah, kiri, atau kanan, Anda akan melihat dunia virtual yang sangat luas. Ya, tidak seperti bioskop yang hanya ada di depan mata, dunia virtual reality adalah dunia empat dimensi yang menglilingi Anda.

Baca juga, Virtual Reality dalam Perjalanannya Menjadi Device Terfavorit

0 comments