NOW READING

Mengulik ‘Senjata’ Wajib yang Bikin Galeri Foto Instagram Kian Eksis

 2509
+
 2509

Mengulik ‘Senjata’ Wajib yang Bikin Galeri Foto Instagram Kian Eksis

by The Daily Oktagon
  • Terinsipriasi para blogger yang eksis di dunia maya? Anda dapat memulainya dengan menjadi Instagramer.
  • Selain niat, semangat, dan kreativitas, Anda juga perlu dukungan beberapa perangkat dan aplikasi yang bisa bikin konten Instagram Anda makin menarik.
  • Tak hanya kualitas kamera smartphone dan aksesori seperti tripod, tapi juga aplikasi editing foto yang kaya fitur dan memiliki beragam filter seru, seperti Vsco Cam dan Line Camera.

Galeri foto Instagram tak melulu soal foto-foto pemandangan dan panorama.

Anda bisa mengisinya dengan berbagai foto yang sesuai dengan passion dan hobi. Misal, Anda gemar seni dan budaya atau alam, atau Anda suka mengeksporasi makanan lokal.

Menjadikan Instagram sebagai lapak foto-foto ciamik Anda sebetulnya mudah saja. Anda tak perlu susah-susah menjadi fotografer pro dengan skill selangit atau harus memiliki peralatan canggih.

Simak pula cerita Sacha Stevenson, YouTuber bule yang sudah 15 tahun tinggal di Indonesia

Tapi, berbekal ponsel saja juga tak cukup lho. Terkadang ada hal tertentu di luar kendali, sehingga Anda perlu dukungan peralatan lain untuk menjadikan foto Anda lebih keren sebelum mengunggahnya.

Perangkat dan aplikasi ini dapat menjadi insipirasi Anda untuk menjadi Instagramer pro. Penasaran? The Daily Oktagon mengupasnya untuk Anda:

instagram smartphone

1. Ponsel Kamera

Atau istilah bekennya camera phone, sekarang ini sedang happening di pasaran. Nyaris seluruh vendor menyajikan produk yang mengunggulkan fitur kameranya.

Jika budget Anda tak cukup membeli kamera mirrorless dan DSLR, pastikan kamera ponsel Anda beresolusi tinggi dan dilengkapi ragam fitur pendukung, seperti autofocus, flash, panorama mode, HDR, dan mumpuni untuk selfie.

Rekomendasi The Daily Oktagon untuk ponsel kamera adalah Lenovo Vibe Shot dengan resolusi 16MP (kamera utama) dan 8MP (kamera depan).

oppo f1 instagram

Atau Oppo F1 yang dipasarkan dengan label Selfie Expert dan dibekali kamera 13MP (kamera utama) dan 8MP (kamera depan). Keduanya sama-sama memiliki ukuran layar jumbo, yakni 5 inci.

Baca juga ulasan mendalam tentang Oppo F1 Plus FCB yang didesain untuk penggemar jawara sepakbolah asal Spanyol, FC Barcelona

2. Tripod dan Selfie Stick

Kedua perangkat tambahan ini sebetulnya sering terasa tidak terlalu diperlukan. Tetapi, jika Anda adalah seorang travel instagramer yang gemar bepergian sendiri, tripod dan selfie stick lebih sering terasa gunanya.

Jika tangan tak mampu menjangkau spot-spot indah dan menganggumkan saat mengambil foto, selfie stick mampu memperbaiki angle foto Anda.

Atau Anda dapat memboyong tripod mini yang ringan dan ringkas untuk Anda bawa bepergian sendiri; seperti misalnya, Light Weight Tripod WT 3530 yang dijual dengan harga terjangkau.

3. Action Cam

Bagi travel instagramer, action cam rasanya lebih pas dipakai saat plesiran ketimbang kamera ponsel. Kenapa? Kamera action memiliki fitur wide-angle sehingga dapat menangkap sekeliling foto lebih luas. Misalnya, saat foto di pegunungan atau di pantai.

Salah satu action cam yang populer adalah GoPro. Kamera ini sudah dilengkapi fitur WiFi yang memudahkan pengguna untuk mentransfer foto ke perangkat lain. Untuk GoPro HD3+, kameranya beresolusi Full HD 1920 x 1080p pada 60 fps, serta 1280 x 720p pada 120 fps.

Untuk versi terjangkaunya, Anda dapat mencoba Xiaomi Yi. Senada di atas, Xiaomi Yi dibekali fitur video 1080p untuk 60 fps, sensor 16MP, ultra-wide 155° Lens, serta koneksi WiFi dan Bluetooth.

Ikuti pula tips untuk membeli action cam berikut ini; agar tidak salah pilih 

4. Aplikasi Photo Editor

Satu lagi yang wajib Anda miliki agar makin ekses di Instagram adalah aplikasi photo editor. Ribuan aplikasi semacam ini dapat Anda temui dengan mudah di toko aplikasi. Anda tinggal pintar-pintar memilih aplikasi yang fiturnya pas dengan Anda. Kami merekomendasikan tiga aplikasi berikut ini:

instagram

Snapseed

Aplikasi ini terkenal karena fiturnya mirip-mirip Adobe Photoshop, namun lebih ringkas.

Anda dapat menyempurnakan hasil jepretan dengan Snapseed. Beberapa fitur andalannya adalah Tune Image yang dapat memperbaiki komposisi warna, memberikan bayangan, hingga menerangkan foto. Tak hanya tools tadi, Snapseed juga punya beberapa filter yang oke untuk foto Instagram Anda.

Vsco Cam

Siapa yang tidak kenal Vsco Cam? Jika Anda pengguna aktif Instagram, pasti sering melihat tagar #vsco berseliweran di jutaan foto. Vsco Cam terkenal karena koleksi filter-nya yang artistik. Beri sentuhan ini pada foto-foto Anda.

Seperti Snapseed, Vsco Cam juga dilengkapi dengan tools pendukung, misalnya crop, rotate, exposure, dan contrast.

Line Camera

Line tak hanya punya aplikasi pesan instan, tetapi juga aplikasi filter Line Camera. Tak seperti kedua aplikasi di atas, filter di Line Camera lebih banyak dan beragam.

Ragam filter-nya punya sentuhan artistik, mellow, bright, dan beauty. Tak lupa, Line Camera satu-satunya dari aplikasi di atas yang punya fitur stiker dan teks. Menarik bukan?

Selain perangkat dan aplikasi di atas, jangan lupa untuk memainkan kreativitas Anda saat mengambil foto. Gunakan angle-angle yang tak biasa supaya foto Anda lebih extraordinary.

Selamat mengeskplorasi!

0 comments