NOW READING

Mengintip Tren Digital 2018 Lewat Acara “Are You Ready to Ride The Wave?”

 1256
+
 1256

Mengintip Tren Digital 2018 Lewat Acara “Are You Ready to Ride The Wave?”

by The Daily Oktagon
  • Tren digital 2018 akan mengalami beberapa perubahan.
  • Media digital di Indonesia memiliki potensi untuk berkembang.
  • Perubahan kebiasaan masyarakat saat menggunakan smartphone dan media sosial perlu diperhatikan.

Perubahan teknologi dan digital yang semakin cepat ternyata berpengaruh dalam segala aspek. Termasuk dalam dalam bidang pemasaran dan bidang-bidang lainnya. Perubahan yang sangat cepat ini secara tidak langsung membuat semua orang harus terus berinovasi dan menemukan cara-cara baru agar bisa bertahan.

Dinamika tren digital menjadi perhatian karena strategi yang yang diterapkan juga pasti akan mengikuti kondisi saat itu. Indosat Ooredoo mengadakan sebuah workshop untuk awak media agar bisa mengikuti perkembangan tren digital marketing pada tahun 2018. Media diharapkan terus meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Pembicara pada workshop ini adalah Andy Santoso yang merupakan CEO Bigevo dan Bigevo Academy, Giuliano Octavianos seorang Business Lead-Telecom, Financial Service, Entertainment Facebook dan Instagram, dan juga Nadia Mulya, Model dan aktris yang terjun dalam digital endorser.

Credit: Indosat Ooredoo

Indonesia Sudah Menjadi Bangsa Digital

Disadari atau tidak, Indonesia kini sudah menjadi sebuah bangsa digital yang cukup besar. Menurut presentasi yang disampaikan oleh Andy Santoso saat menjadi pembicara pada Selasa, 29 Agustus 2017 lalu, penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 40% dengan jumlah pengguna internet sebanyak 100 juta pengguna. Sedangkan untuk penetrasi perangkat mobile, angka yang ditunjukkan cukup besar yaitu 140% dengan jumlah pengguna perangkat mobile sebanyak 370 juta orang. Hal ini dianggap wajar karena satu orang terkadang memiliki lebih dari satu perangkat.

Chatbot cocok digunakan untuk orang yang sangat mobile, lihat infonya di sini.

Tingginya angka penetrasi mobile menunjukkan bahwa penggunaan internet akan terus meningkat. Anda hanya perlu memiliki sebuah smartphone dan paket data, kemudian Anda akan langsung terhubung ke internet. Harga paket data internet yang cukup terjangkau juga menjadi alasan mengapa penggunaan internet semakin meningkat.

Credit: Indosat Ooredoo

Media Digital Indonesia Sangat Berpotensi untuk Berkembang

Penggunaan media digital di Indonesia masih diperkirakan akan terus meningkat pesat hingga 2020 mendatang. Menurut data yang diberikan dalam presentasi Andy Santoso, media digital menempati posisi ketiga sebagai media paling potensial untuk berkembang. Posisi pertama dan kedua masih diduduki oleh televisi dan media cetak.

Perkembangan yang terjadi mempengaruhi penggunaan aplikasi yang ada didalam sebuah smartphone, di antaranya adalah adalah Facebook. Pengguna aktif Facebook dalam satu bulan bisa bisa mencapai 96 juta pengguna. Sebanyak 84% dari jumlah tersebut adalah pengguna yang berasal dari Indonesia. Sehingga Indonesia dapat dikatakan sebagai pasar yang sangat potensial untuk media digital.

Google mengikuti tren dengan memasang fitur stories, lihat informasinya di sini.

Hal ini berlaku juga untuk search engine bernama Google. Pemanfaatan Google di Indonesia sangatlah besar. Dalam satu tahun, Google mencatat 72 miliar pencarian dilakukan oleh pengguna di Indonesia. Media digital bisa memfungsikan besarnya angka tersebut untuk memperkenalkan brand yang sedang dibangun.

Credit: Indosat Ooredoo

Sadari Perubahan Kebiasaan Masyarakat

Digital marketing yang sedang berjalan juga harus mengetahui perubahan perilaku masyarakat dengan hadirnya perangkat pintar yang mereka miliki. Salah satu contohnya adalah ketika bangun pagi. Hal pertama yang lazim dilakukan adalah langsung memeriksa ponsel pintar mereka masing-masing. Entah itu hanya untuk melihat notifikasi yang masuk atau untuk membalas pesan yang orang tersebut terima. Perilaku-perilaku seperti ini dapat dijadikan patokan untuk mengetahui kapan mereka harus memasarkan produk yang dimiliki.

Selain itu, konten yang menarik dan kreatif juga menjadi salah satu faktor penentu apakah seseorang akan membaca atau tidak informasi yang disajikan. Semenjak perangkat pintar hadir, penggunanya cenderung membaca sesuatu yang mudah dimengerti dan cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka video pendek dengan poin informasi dan infografis bisa dijadikan pilihan. Informasi yang disampaikan mudah dimengerti dan membuat orang yang melihatnya merasa terlibat dalam informasi yang disampaikan.

Tren digital untuk tahun 2018 sepertinya akan menjadi tantangan bagi orang-orang yang terlibat dalam dunia media. Awak media harus terus melihat perilaku yang dilakukan oleh masyarakat setelah mereka terpapar teknologi. Selain itu, dengan penggunaan digital maka kreativitas pembuat konten diuji agar bisa lebih mencuri perhatian.

0 comments