NOW READING

Mengintip Perlengkapan Wajib Para DJ di Era Digital

 7348
+
 7348

Mengintip Perlengkapan Wajib Para DJ di Era Digital

by The Daily Oktagon

Teknologi digital memudahkan berbagai profesi, termasuk disc jokey alias DJ. Seorang DJ tidak perlu lagi membawa tas besar berisi koleksi piringan hitam atau CD. Cukup membawa flash drive berisi koleksi musik, atau laptop serta tablet, ia pun sudah bisa menggoyang lantai dansa.

Perlengkapan DJ digital sebenarnya lebih dari sekedar laptop dan koleksi Electronic Dance Music (EDM) saja. Di dalam laptop tersebut terpasang aplikasi DJ. Laptop juga tersambung ke controller fisik yang mengendalikan fungsi-fungsi pada aplikasi.

Lalu, apa saja sebenarnya perlengkapan para DJ di era digital? Artikel berikut mengajak Anda mengintip perlengkapan para DJ di era digital.

Apple MacBook
Laptop adalah perlengkapan utama DJ di era digital, karena dengan laptop mereka mengolah dan menyimpan koleksi musiknya. Laptop yang banyak digunakan oleh DJ adalah keluaran Apple, walaupun bukan hal yang salah menggunakan laptop berbasis Windows. Salah satu yang mulai populer adalah The New MacBook.

Regular_Image_-_Apple_MacBook

Laptop ini sekilas mirip dengan MacBook Air, tipis dan ringan, tetapi ukuran layarnya sedikit lebih besar yaitu 12 inci, sedangkan MacBook Air 11,6 inci. Ini lebih memudahkan DJ saat memilih lagu, karena tampilan pada layar terlihat lebih jelas. Beratnya hanya 0,92 kilogram, sehingga nyaman dibawa bepergian jauh.

Baterai MacBook mampu bertahan sembilan jam saat Internet-an dengan Wi-Fi. Tentunya, jika digunakan untuk nge-DJ, baterainya lebih boros. Agar aman, sebaiknya MacBook tersambung ke charger. Laptop ini hanya punya satu lubang USB-C yang juga berfungsi untuk menyambungkan ke charger. Maka, Anda perlu punya USB hub.

Native Instruments Traktor Pro 2
Ini merupakan aplikasi DJ yang sangat populer. Aplikasi ini memungkinkan DJ membuat transisi yang halus antar lagu yang sedang diputar dengan lagu berikutnya. Pada perkembangannya, aplikasi DJ makin dijejali dengan berbagai fitur, seperti efek dan memutar sampel suara.

Antarmuka atau interface Traktor Pro 2 sangat intuitif dan bisa diatur sesuai gaya bermain penggunanya. Aplikasi buatan Native Instruments ini juga kompatibel dengan berbagai DJ controller, baik buatan Native Instruments sendiri maupun brand lain seperti Pioneer dan Numark.

Regular_Image_-_Native_Instruments_Traktor_Pro_2

Pilihan efeknya juga beragam, sehingga DJ tidak perlu membawa effector terpisah. Keunggulan lainnya, Traktor Pro 2 adalah satu-satunya aplikasi DJ saat ini yang mendukung format audio STEMS. Berbeda dengan MP3, STEMS terdiri dari beberapa track, misalnya vokal, drumsbass, dan synth. Ini membuat DJ lebih kreatif saat mixing.

Pioneer DDJ WeGO3
Untuk keperluan DJ digital, terutama yang masih pemula, DDJ WeGO3 layak dipertimbangkan. Karena bersifat digital, controller ini tidak bisa bekerja sendiri, harus terhubung dengan aplikasi DJ. Seperti namanya, fungsi perangkat ini adalah untuk mengendalikan aplikasi DJ.

Semua kenop dan slider yang dibutuhkan tersedia lengkap, mulai dari equalizer hingga cross-fader. Terdapat juga jog-dial buat DJ yang ingin membuat penampilannya lebih berwarna dengan aksi scratching simpel.

Regular_Image_-_Pioneer_DDJ_WeGO3

Pada bagian atasnya, terdapat selot untuk meletakkan tablet. Ya, menggunakan aplikasi seperti Vjay atau Djay 2, controller ini dapat disambungkan dengan iPad. WeGO3 sudah dilengkapi dengan soundcard internal yang terdiri dari dua output, yaitu master out untuk pengeras suara dan headphone monitor out untuk memonitor lagu.

AIAIAI TMA – 2 Modular
Bagi seorang DJ, peran headphone sangat vital. Fungsinya sebagai alat memonitor nada dan kualitas musik saat show sedang berjalan. Headphone keluaran AIAIAI ini tergolong unik karena sifatnya yang modular. Anda bisa memadukan dengan berbagai komponen, hingga mendapatkan desain yang cocok. Komponen yang bisa dipilih antara lain headbandspeakerear pads, dan kabel.

Regular_Image_-_AIAIAI_TMA-2

AIAIAI merancang headphone ini dengan tingkat durabilitas yang tinggi, sehingga DJ tidak perlu khawatir sewaktu-waktu terjadi masalah pada speaker atau kabelnya. Desainnya simpel, tidak ada penampakan logo AIAIAI pada badan headphone ini. Tetapi, bentuknya sendiri sudah cukup ciamik dan membuat semua mata tertuju pada produk ini.

Yuk, lihat artikel menarik berikut, Mikey Moran, Bicara Peluang dan Tantangan Era Digital Indonesia

Jangan lewatkan juga yang satu ini, Layanan Streaming : Solusi atau Ancaman Industri Musik Indonesia?

0 comments