NOW READING

Mengintip Mi Pad 2, Jagoan Baru dari Xiaomi

 2002
+
 2002

Mengintip Mi Pad 2, Jagoan Baru dari Xiaomi

by The Daily Oktagon

Bila bicara masalah umur, Xiaomi boleh jadi masih tergolong hijau saat dibandingkan dengan para pesaingnya yang telah lebih dulu adu kekuatan dalam bidang consumer technology. Namun sejak didirikan pada 2010, perusahaan yang bermarkas di Beijing ini telah berhasil menelurkan sejumlah produk yang mendapat respon positif baik oleh konsumen maupun media massa.

Contohnya saja, Mi Pad 2, tablet yang baru saja diluncurkan akhir tahun 2015 ini. Device ini adalah generasi kedua dari Mi Pad yang diluncurkan pertengahan 2014 lalu. Nah, The Daily Oktagon mengajak Anda mengintip Mi Pad 2, Jagoan Baru dari Xiaomi. Yuk, simak ulasannya!

xiaomi-mipad-2-side-640x427-c

Tak berbeda dengan pendahulunya, Mi Pad 2 juga memiliki bentang layar 7,9 inci dan resolusi yang persis sama, yakni 1.536 x 2.048 piksel dengan kepadatan mencapai 326 ppi. Hanya saja, berbeda dengan Mi Pad yang berbodi plastik, Mi Pad 2 dibalut dengan rangka aluminium layaknya produk iPad dari Apple. Tebalnya juga hanya sekitar tujuh milimeter, berkurang 1,5 milimeter dari pendahulunya.

Sebelum lanjut, baca juga referensi menarik berikut, Komparasi 3 Tablet Premium : iPad Air 2, vs Sony Xperia Z4, vs Samsung Galaxy Tab S 10.5

Perbedaan ini tak hanya berhenti dari sisi luar saja tapi juga sistem operasi yang disuntikkan ke dalamnya. Tak hanya MIUI—OS berbasis Android yang dikostumisasi oleh Xiaomi—perangkat ini juga tersedia dalam pilihan OS Windows 10 yang akan dirilis pada bulan ini. Pilihan perangkat dengan sistem operasi berbeda ini tentu menjadi satu daya tarik tersendiri, karena pengguna diberikan keleluasaan lebih untuk memenuhi kebutuhannya.

xiaomi-mipad-2-640x427-c

Opsi OS Windows 10 dalam perangkat ini sendiri, dimungkinkan berkat prosesor quad-core Intel Atom X5-Z8500 2,24 GHz yang disematkan pad Mi Pad 2. Perangkat ini juga disuntik dengan memori RAM sebesar 2 GB, dan pilihan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB dan 64 GB. Sayangnya, pilihan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB ini disebut-sebut hanya berlaku untuk perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Hal ini, tak pelak akan menjadi pertimbangan bagi pengguna dalam memilih Mi Pad 2 versi Android atau Windows Phone. Hal lain yang perlu dipertimbangkan, adalah keberadaan port USB tipe C dalam perangkat ini, menggantikan port micro USB standar yang lebih populer saat ini. Begitu pun dengan ketiadaan slot kartu SIM pada perangkat yang hanya mendukung Wi-Fi ini.

Namun, Xiaomi membayar ‘kekurangan’ ini dengan sejumlah fitur lain yang menarik. Untuk kamera, misalnya, perangkat ini dilengkapi kamera utama yang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan kamera depan 5 megapiksel. Mi Pad 2 juga diperkuat dengan baterai berdaya 6.190 mAH, yang disebut-sebut dapat bertahan lebih dari 12,5 jam untuk memutar video.

Tak hanya itu, dalam sejumlah uji coba benchmark AnTuTu, Mi Pad 2 disebut mencapai skor 85.101, tak berbeda jauh dengan Samsung Galaxy Note 5, perangkat dengan prosesor Quad-core 1.5 GHz dan memori RAM sebesar 4 GB.

1124201513259PM_635_xiaomi_mi_pad_2

Di luar spesifikasi, harga juga menjadi faktor menarik dari Mi Pad 2. Seperti banyak perangkat lain dari Xiaomi, tablet ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Mi Pad 2 dengan kapasitas 16 GB dilepas dengan harga 999 yuan atau sekitar Rp 2,12 juta. Adapun versi 64 GB dijual dengan harga 1.299 yuan atau Rp 2,7 juta.

Dengan harga yang relatif terjangkau dan spesifikasi yang demikian mumpuni, Xiaomi Mi Pad 2 patut menjadi pertimbangan tablet pilihan, terutama bila Anda tak keberatan untuk terkoneksi via Wi-Fi.
Jelang tahun baru, saatnya ganti device Anda. Baca artikel menarik ini dan jadikan pertimbangan, ASUS ZenFone Selfie, Smartphone Terjangkau bagi Penggila Selfie

0 comments