NOW READING

Mengenal Samsung Ballie, Robot Kecil Mirip BB-8 di Star Wars

 220
+
 220

Mengenal Samsung Ballie, Robot Kecil Mirip BB-8 di Star Wars

by The Daily Oktagon

Di pameran Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, Samsung memamerkan robot Ballie. Samsung Ballie, dibaca Ball-E memiliki desain mirip robot BB-8 di Star Wars. Namun Ballie memiliki bentuk bulat, dimensinya sedikit lebih besar dari bola baseball.

Samsung mengklaim bahwa mereka telah mengumumkan satu dekade inovasi yang berpusat pada manusia, yang dipadukan antara hardware dan software.

 

Mengenal Robot Ballie, Robot Kecil Samsung Mirip BB-8 di Star Wars 4

Baca juga: Serunya Main Bareng WowWee Minion, Robot Pintar Serba Bisa

Robot ini memiliki kecerdasan buatan yang dibuat dengan beragam kemampuan seperti perawatan rumah, berinteraksi dengan orang, hewan, lingkungan, serta perangkat yang terhubung internet atau IoT (Internet of Things).

Kemampuan Samsung Ballie

Pada event tersebut Samsung memperlihatkan video promosi dari robot Ballie. Pada video tersebut nampak mampu berkomunikasi sama siapa saja dirumah.

Mengusung visi Samsung akan robot sebagai teman hidup manusia, Ballie dirancang untuk memahami, mendukung, dan bereaksi terhadap kebutuhan pemiliknya bak hewan peliharaan.

Sebagian karakteristik Ballie memang tampak seperti hewan peliharaan. Ia dapat mengenal dan berinteraksi dengan pemiliknya.

Ballie mampu membuka tirai rumah, menyalakan mesin cuci dan menyalakan televisi, bermain dengan anjing, hingga memerintahkan robot vakum untuk membersihkan lantai rumah.

Mengenal Samsung Ballie, Robot Kecil Samsung Mirip BB-8 di Star Wars 4

Baca juga: 3 Mainan Robot Interaktif Pengganti Smartphone untuk Anak-anak

Teknologi di Samsung Ballie

Berkat teknologi artificial intelligence (AI), Samsung menyebutkan bahwa robot ini dirancang untuk membantu orang di rumah.

Sayangnya tidak ada informasi yang lengkap tentang robot yang memiliki dimensi mirip dengan bola ini. Namun dari gambarnya bisa diketahui bahwa robot ini menggunakan sensor dan kamera di bagian depan untuk membantu robot bernavigasi.

“Di masa ‘age of experience’, kita perlu memikirkan ulang akan ruang yang kita miliki untuk mengakomodir perbedaan dan perkembangan gaya hidup,” jelas H.S. Kim, President dan CEO Consumer Electronics Division, Samsung Electronics. “Yang menjadikan pendekatan Samsung unik adalah fakta bahwa filosofi kami sangat jelas dalam membangun inovasi yang be

Tidak hanya menampilkan video, selama keynote belangsung, CEO Samsung Hyun-Suk Kim memperkenalkan Ballie keatas panggung dan mengikuti di sekitar panggung. Ballie mampu juga merespons dengan beberapa suara robot sambil bereaksi terhadap perintah suara.

Pada sambutannya, H.S Kim mengungkapkan visi Samsung akan robot sebagai ‘teman hidup’ dan memperkenalkan Ballie, robot kecil yang bergulir dan mampu memahami, mendukung, dan bereaksi pada kebutuhan pengguna dengan aktif membantu di dalam rumah.

Mengenal Robot Ballie, Robot Kecil Samsung Mirip BB-8 di Star Wars

Baca juga: 5 Pekerjaan Manusia yang Sulit Direbut Robot

Sebastian Seung, Executive Vice President dan Chief Research Scientist Samsung Electronics menjelaskan bahwa kemampuan On-Device AI milik Ballie memungkinkannya untuk menjadi asisten kesehatan dan juga mobile interface yang mencarikan solusi bagi kebutuhan individu yang berubah secara dinamis. Ballie melakukan seluruh hal tersebut sambil tetap menjaga ketat standar privasi dan perlindungan data.

“Kami percaya bahwa AI adalah masa depan bagi personal care,” sebut Dr. Seung. “Kami melihat bahwa on-device AI menjadi pusat pengalaman personal yang nyata. On-device AI memberikan kontrol akan informasi data pribadi dan melindungi privasi, serta tetap memberikan kekuatan layanan yang terpersonalisasi.

Melalui Robot Ballie, nama masa depan perangkat dengan teknologi AI sudah didepan mata tidak hanya mampu berinteraksi dengan perangkat yang tersambung pada IoT, bahkan bisa berkomunikasi dengan manusia.

Sayangnya Samsung tidak menjelaskan lebih lanjut kapan produk ini akan tersedia dijual dipasar. Karena jika iya, mungkin beberapa dari kalian pasti ingin memilikinya robot mungil ini kan?

0 comments