NOW READING

Mengenal Lebih Dekat Surface Book, Device Hybrid Perdana Microsoft

 1508
+
 1508

Mengenal Lebih Dekat Surface Book, Device Hybrid Perdana Microsoft

by The Daily Oktagon

Selama ini, yang terbersit di benak kita saat mendengar nama Microsoft adalah salah satu perusahaan pembuat software nomor satu dunia. Namun, pada kenyataannya dalam beberapa tahun terakhir Microsoft juga mulai percaya diri mengembangkan hardware secara mandiri.

Lini Surface adalah wujud dari kepercayaan diri tersebut. Perangkat ini bisa dibilang sebagai pelopor laptop hybrid, yang memungkinkan pengguna bebas memakainya sebagai laptop maupun tablet. Kendati demikian, tidak sedikit yang berargumen bahwa upaya Microsoft akan lebih maksimal jika mereka benar-benar membuat sebuah laptop sejati. Bahkan, produk semacam ini disebut-sebut melampaui Apple MacBook Pro.

Ternyata, Microsoft tidak cuek begitu saja terhadap feedback dari para penggemarnya. Belum lama ini, perusahaan asal Negeri Paman Sam ini memperkenalkan Surface Book. Perangkat tersebut adalah laptop perdana buatan Microsoft setelah puluhan tahun berkutat di bidang software. Yuk, mengenal lebih dekat Surface Book, device hybrid perdana Microsoft.

Anda pencinta device Windows? Maka wajib baca artikel berikut, Lumia 950 XL, Tonggak Kebangkitan Windows Phone

Desain

 

surface-book-04

Dilihat dari luar, Surface Book tidak kalah menawan dibanding laptop lain seperti lini MacBook maupun Dell XPS. Rangkanya terbuat dari bahan magnesium utuh berwarna silver, kemudian trackpad-nya yang berukuran jumbo pun juga dilapisi kaca. Tipis sekaligus premium, keyboard-nya saja tampak sangat nyaman untuk digunakan mengetik.

Sotware

Dari dalam, Microsoft bahkan tidak sungkan menyebut Surface Book dua kali lipat lebih perkasa dibandingkan MacBook Pro. Konfigurasi paling standarnya mengemas prosesor Intel Core i5 generasi keenam dengan GPU Intel HD, RAM 8 GB, dan SSD 128 GB.

surface-book-01

Jika kalau Anda punya modal berlebih, bisa mencoba Surface Book dengan prosesor Intel Core i7, kartu grafis terpisah besutan Nvidia, RAM 16 GB, dan SSD berkapasitas 1 TB. Tentunya dengan spesifikasi ini, Anda akan leluasa menyematkan beragam aplikasi, menyimpan file dalam jumlah besar, serta melakukan berbagai kegiatan. baik produktivitas maupun hiburan. Performa ini juga layak dicoba, khususnya bagi Anda yang selalu ingin memastikan device-nya bekerja sangat kencang.

Multifungsi

Bukan Surface namanya kalau perangkat ini tak bisa berganti mode. Microsoft boleh menyebutnya sebagai laptop pamungkas, akan tetapi layar milik Surface Book masih bisa dilepas dari keyboard-nya untuk digunakan sebagai sebuah tablet. Bicara soal layar, Anda akan disambut oleh panel sentuh 13,5 inci dengan resolusi 3.000 x 2.000 pixel dengan kerapatan 267 ppi (pixel per inch).

Jadi, dengan menekan sebuah tombol pada keyboard, layar Surface Book siap dilepas dengan mudah dari engselnya yang unik. Namun, inovasi di bidang desainnya belum berhenti sampai di situ saja. Setelah Anda lepas, layar ini juga bisa Anda pasang kembali dalam posisi terbalik, menyulapnya menjadi sebuah kanvas digital bagi para sosok kreatif.

surface-book-02

Dalam mode ini, performa Surface Book tetap bisa maksimal karena menyambung pada bagian keyboard-nya, dimana kartu grafis Nvidia telah dibenamkan. Agar proses kreatif bisa berjalan lebih mulus, Microsoft turut menyertakan stylus Surface Pen generasi baru yang telah disempurnakan di berbagai aspek.

Harga

Di atas kertas, Surface Book terdengar amat menarik, apalagi setelah mengetahui bahwa daya tahan baterainya diklaim bisa mencapai angka 12 jam. Soal harga, varian paling standarnya dibanderol US$ 1.500 atau Rp Rp 20,4 juta, sedangkan yang tertinggi seharga US$ 3.200 (Rp 43 juta). Ada harga ada kualitas, begitu mungkin prinsip yang dipegang teguh oleh Microsoft.

Surface Pro 4

Microsoft juga mengumumkan Surface Pro 4. Ini merupakan penerus langsung dari Surface Pro 3. Desainnya kurang lebih sama, namun body-nya kini menipis menjadi 8,4 milimeter, dengan bobot berkisar 76 -786 gram, tergantung konfigurasi yang dipilih.

surface-pro-4

Perubahan desain lain ada pada bagian layar, dimana layar sentuh 12,3 inci miliknya yang beresolusi 2.736 x 1.824 dengan 267 ppi kini dikemas dalam bezel yang kian tipis. Bersamaan dengan itu, aksesori keyboard Type Cover yang dijual terpisah juga mendapat perombakan desain. Tiap-tiap tuts-nya kini lebih tebal, sehingga diklaim sangat nyaman dipakai mengetik, serta dilengkapi sebuah sensor pemindai sidik jari untuk mengakomodasi fitur Windows Hello yang diusung Windows 10.

Penyempurnaan di bidang desain turut didukung spesifikasi yang lebih gahar daripada sebelumnya. Varian paling standarnya mengemas prosesor Intel Core M, RAM 4 GB dan SSD 128 GB. Satu unitnya dibanderol seharga US$ 899 atau Rp 12,2 juta.

Sedangkan varian tertingginya mencakup prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB dan SSD 1 TB, dengan patokan harga US$ 2.699 (Rp 36,8 juta). Mana yang menjadi pilihan Anda? Tentunya ini disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Baca juga ulasan menarik ini, Nokia N91, Tablet Layar Datar 7,9 Inci dengan Desain Keren Serta Spesifikasi Mumpuni

0 comments