NOW READING

Mengenal Lebih Dekat Robot ‘Manusia’ Bernama Sophia

 984
+
 984

Mengenal Lebih Dekat Robot ‘Manusia’ Bernama Sophia

by The Daily Oktagon

Baru-baru ini sebuah robot bernama Sophia dinobatkan sebagai robot yang pertama kali di dunia yang mendapatkan kewarganegaraan. Selain berhasil membuat banyak orang tercengang, robot yang satu ini memiliki fakta lain yang membuat dirinya semakin unik.

Baca juga : Sophia, Robot Pertama yang Mendapatkan Status Kewarganegaraan

Foto: sophiabot.com

Sophia merupakan sebuah robot karya Hanson Robotics dengan kemampuan yang melampaui robot pintar pada umumnya. Robot asal Hong Kong ini memiliki fungsi layaknya seorang manusia. Beberapa hal yang dapat dia lakukan adalah mengajari anak-anak, membantu orang tua, bercanda dengan orang di sekelilingnya, dan lainnya.

Sophia juga mampu berekspresi seperti manusia. Dirinya akan merespon sesuai dengan stimulus yang diberikan oleh orang yang berkomunikasi dengannya. Tidak hanya itu, Sophia juga sudah memiliki emosi, tetapi dia harus belajar bagaimana menggunakan emosi tersebut dari setiap interaksi yang dilakukan. Berdasarkan hal itu, kepribadian robot ini akan terbentuk secara bertahap sesuai dengan komunikasi yang terjadi.

Baca juga : Gita, Robot Pintar yang Bisa Membawakan Barang

Foto: sophiabot.com

Tetapi, tidak semua orang setuju dengan adanya terobosan baru dunia teknologi ini. Elon Musk, CEO SpaceX, merasa robot ini akan mengancam keselamatan manusia. Bagaimana menurut Anda, apakah robot ini nantinya akan membantu manusia? atau malah membahayakan manusia ?

0 comments