NOW READING

Mengelola Keuangan Pribadi di Era Digital ala Ligwina Hananto

 1931
+
 1931

Mengelola Keuangan Pribadi di Era Digital ala Ligwina Hananto

by The Daily Oktagon

Bagi Anda yang tertarik di bidang keuangan, nama Ligwina Poerwo-Hananto tentu sudah tidak asing lagi. Ia adalah perencana keuangan independen, sekaligus pendiri dan CEO QM Financial, sebuah perusahaan penyedia literasi keuangan yang telah ia kelola sejak 2003.

Selama lebih dari 12 tahun, lulusan Finance & Marketing di Curtin University of Technology, Perth, Australia, dan Manajemen Investasi, IPMI Business School, Jakarta ini sudah malang melintang sebagai pembicara seminar, talkshow dan workshop dengan berbagai topik perencanaan keuangan sesuai kebutuhan.

Wina, begitu ia dipanggil, juga sudah menerbitkan dua buku berjudul PLAN NOW! Lima Tahap Terencana Mencapai Kebebasan Finansial dan Untuk Indonesia Yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin.

Sebagai perencana keuangan, Wina tentu tahu bahwa perkembangan teknologi digital juga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung profesinya. Ia misalnya, secara teratur mengadakan “kultwit” Financial Clinic #FinClic di akun twitternya @mrshananto.

ligwina hananto

Kelas Seri Edukasi Keuangan, salah satu kegiatan yang digelar Wina.

Saat The Daily Oktagon menghubunginya, Wina tengah berada di Silicon Valley, Amerika Serikat untuk menghadiri Global Entrepreneurship Summit 2016. “Ini dalam rangka belajar, supaya saya dapat mengembangkan diri dan menularkan lagi ilmu kepada orang sekitar. Terutama karena lebih banyak klien saya yang entrepreneur,” ujar Wina.

Berikut hasil perbincangan lebih dalam kami dengan Ligwina Hananto:

Sejauh mana pengaruh kehadiran e-commerce dalam kehidupan sehari-hari saat ini?

The future is here. Kehadiran e-commerce saat ini sungguh mempermudah kita untuk kegiatan jual-beli tanpa harus bepergian jauh, bisa dilakukan di mana saja, cukup dengan mengakses internet dari smartphone, tablet, atau laptop. E-commerce memudahkan dan menghadirkan kemampuan automatisasi, serta membuat waktu lebih efisien.

Online shop hingga online mall saat ini selalu menghadirkan tawaran menggiurkan. Bagaimana cara bijak berbelanja di online shop?

Sebetulnya tidak berbeda dengan non digital shopping. Sebaiknya membeli barang sesuai keperluan dan kebutuhan. Jadi, sebisa mungkin, buatlah catatan atau daftar belanja, dan jangan beralih dari daftar tersebut, walau ada tawaran diskon yang menggiurkan.

Jika ingin berbelanja di luar daftar, pastikan memang ada dana khusus yang tidak mengambil jatah pengeluaran penting lain. Artinya beli saat punya uangnya. Stop bohong pada diri sendiri.

Ikuti juga cerita Hendri Take, instruktur yoga yang sedang giat berbisnis online

Bagaimana mengatur pos “belanja online shop” dalam pengeluaran bulanan?

Tidak ada pos khusus. Alokasi untuk shopping online dan offline sama saja. Kembali lagi, jika belanja online shop yang dimaksud adalah terkait pengeluaran rutin, seperti belanja kebutuhan bulanan, tentu sudah ada budget tetap dan pos atau rekening khusus rutin.

Jika termasuk pengeluaran lifestyle, seperti membeli pakaian, sepatu, gadget yang sifatnya tidak urgent, maka dananya diambil dari pos atau rekening pengeluaran pribadi.

ligwina hananto

Wina saat menjadi pembicara di seminar KidsNMoney, Pesta Pendidikan 2016.

Bagaimana pengaruh teknologi digital dalam perkembangan dunia perencanaan keuangan saat ini?

Dapat memudahkan orang banyak. Informasi tersedia lebih cepat. Tidak hanya dapat info dan ilmu dari financial planner tetapi dari pihak-pihak lain termasuk product owners.

Apakah Anda melihat orang Indonesia sejauh ini sudah menggunakan berbagai aplikasi keuangan di smartphone secara maksimal?

Belum. Tapi bukan hanya orang Indonesia. Tabiat online butuh semua serba cepat dan simpel. Sedangkan mengisi formulir online perlu ketelatenan. Mungkin, salah satu sebabnya adalah aplikasi yang ada kadang belum terlalu user-friendly, terlalu kompleks, atau bahkan masih sering error.

Cara memaksimalkan aplikasi e-banking yang terpasang di ponsel kita?

Pastikan kita sudah terdaftar di bank terkait dulu. Ada aplikasinya tapi kalau kita belum terdaftar ya jadi tidak bermanfaat. Dengan adanya aplikasi e-banking atau m-banking di ponsel kita memudahkan untuk transfer ke manapun dan di manapun tapi perlu diingat penggunaanya perlu bijaksana dan bertanggung jawab.

ligwina hananto

Wina saat menjadi narasumber talkshow Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Bagaimana Anda menggunakan media sosial sebagai saluran edukasi perencanaan keuangan?

Media sosial membantu dari promosi kegiatan hingga delivery materi. Media sosial ini juga membuka akses untuk saya dan klien membangun komunikasi.

Bagaimana perkembangan teknologi digital membantu profesi Anda saat ini?

Automatisasi. Misalnya untuk scheduling tersedia online sehingga lebih mudah. Dalam mempromosikan kegiatan jadi lebih cepat.

Simak pula cerita tentang para wanita yang melek teknologi di Girls in Tech

Apa saja kemampuan dari smartphone Anda yang digunakan untuk mendukung profesi?

Sebagian besar Google Business related. Mulai dari scheduling email hingga browsing. Juga untuk media sosial.

Apa saja aplikasi yang dipasang di ponsel yang mendukung profesi Anda?

All Google related business apps. Analytics apps. Semuanya untuk memudahkan remote working karena saya banyak traveling. Selain itu media sosial, transportation app. Lalu WhatsApp dan Line.

Website atau channel YouTube tertentu yang selalu Anda ikuti untuk meningkatkan kemampuan profesional Anda?

Tidak ada yang spesifik. Tapi saya rajin browsing artikel seputar entrepreneurship, startup and digital development seperti Entrepreneurs, Techinasia, dan media sejenis lainnya.

Bicara tentang profesionalitas, baca juga cerita bisnis lokal Cotton Ink yang memadukan fashion dengan digital lifestyle

8 comments
olivialoancompany
olivialoancompany 5pts

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS

Anda memiliki pinjaman mendesak?

Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?

Membeli rumah atau mobil?

Untuk membayar utang?

"Kredit Investasi" penawaran

Anda memiliki kesulitan keuangan?

Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?

Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.

kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!

Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera

Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya perlu pinjaman mendesak.


Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com


Terima kasih telah memilih kami.

Felicia Anderson
Felicia Anderson 5pts

Saya ingin umumnya menginformasikan kepada publik bahwa Felicia Anderson pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang peluang keuangan terbuka untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan tingkat bunga 2% untuk individu, bisnis dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini via e-mail di: (Feliciaanderson992@gmail.com)

TheodoraSmith
TheodoraSmith 5pts

Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, hutang konsolidasi, modal ventura, dll Atau aplikasi Anda ditolak oleh bank Anda untuk alasan keuangan atau satu atau alasan lain. Ibu celina campbell adalah memberikan pinjaman pribadi, untuk perusahaan dan individu di rendah dan

Perumahan bunga sebesar 2%. Jika Anda tertarik?

Silahkan hubungi kami melalui email di (celinacampbellloanfirm@gmail.com)

danieljohnfirm
danieljohnfirm 5pts

Butuh pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? Kami menawarkan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hubungi kami hari ini di email: (danieljohnfirm@gmail.com)

theodoraloanfirm
theodoraloanfirm 5pts

Apakah Anda berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman usaha dan segala macam pinjaman bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (theodoraloanfirm@gmail.com)

theodoraloanfirm
theodoraloanfirm 5pts

Halo, saya Mrs. scott theodora pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga lain yang secara finansial? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau gadai janji unifikasi? Cari lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah Anda secara finansial di masa lalu. Kami meminjamkan tabungan untuk individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam perdagangan di level 2%. Aku akan menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang mungkin dipercaya dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: (theodoraloanfirm@gmail.com)

roseannamoore70
roseannamoore70 5pts

Halo,

Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (roseannamoore70@gmail.com)

LeonardoSanchez
LeonardoSanchez 5pts

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Anda ingin menjadi stabil secara finansial? Atau Anda ingin memperluas bisnis Anda? Kami menawarkan pinjaman perusahaan, kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi dan pinjaman Natal? kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% kenyamanan abadi, yang dinegosiasikan. Penawaran ini terbuka untuk semua, silakan hubungi kami melalui email kami di (sanchezloanfirm@gmail.com)