NOW READING

Mengapa Tax Free App Penting Bagi Para Pemburu Suvenir Festival

 538
+
 538

Mengapa Tax Free App Penting Bagi Para Pemburu Suvenir Festival

by The Daily Oktagon
  • Tax Free app bisa Anda manfaatkan untuk membeli suvenir di luar negeri.
  • Temukan lokasi toko yang menyediakan fasilitas free tax dari aplikasi tersebut.
  • Dapatkan pengenbalian uang hingga 19% dari jumlah belanja.

Hadir ke sebuah festival yang unik dan menyenangkan tidak lengkap rasanya tanpa membeli kenang-kenangan atau suvenir. Benda yang dibeli tersebut biasanya akan mengingatkan betapa meriah dan serunya festival yang pernah kita kunjungi. Selain itu, suvenir bisa dijadikan koleksi pribadi sebagai hiasan untuk mempercantik desain ruangan dalam rumah sehingga ruangan terlihat lebih menarik.

Inisiatif pemotongan pajak saat jual-beli suvenir ternyata dilakukan oleh beberapa negara untuk sekaligus promosi pariwisata mereka. Negara seperti Britania Raya (Inggris), Jepang, dan negara lainnya menerapkan hal yang serupa untuk memikat wisatawan dari luar negeri. Pemotongan pajak ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bisa didapatkan dari application store yang ada pada smartphone. Mengapa pemotongan pajak ini penting dan bisa dilakukan dari aplikasi? Simak penjelasan berikut.

Lihat rekomendasi akun Instagram untuk pecinta festival di sini.

Foto: Shutterstock.com

Besaran Pengembalian Dana Pajak

Banyak sekali aplikasi penghitungan pajak secara gratis, salah satunya adalah Global Blue. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendapatkan potongan pajak di berbagai negara, di antaranya adalah Italia, Spanyol, Belanda, dan Tiongkok. Merek-merek yang memberikan potongan khusus untuk pajak dan bebas pajak juga tersedia dalam aplikasi ini.

Besaran yang didapatkan saat pengembalian dana pajak bisa mencapai 19% dari total belanjaan. Nilai ini bisa berubah tergantung kebijakan dari setiap negara. Jepang contohnya, mereka menerapkan potongan pajak sebesar 8% untuk barang konsumsi dan umum termasuk suvenir dengan minimal pembelian 5401 Yen, atau sekitar Rp640.000.

Berbeda dengan Jepang, Singapura menerapkan barang yang terpotong pajak sebesar 7% dari total minimal pembelanjaan 100 Dolar Singapura, atau sekitar Rp980.000. Namun terdapat syarat-syarat lain yang harus dipenuhi, seperti harus berusia di atas 16 tahun, warga negara yang memiliki tempat tinggal permanen di luar Singapura, dan lainnya. Warga negara lain yang belum menghabiskan waktu di Singapura selama 356 hari dalam kurun waktu dua tahun masih bisa menggunakan fasilitas potongan pajak.

Baca artikel ini untuk menyempurnakan rencana liburan ke Jepang.

 

Foto: Shutterstock.com

Penggunaan Aplikasi Tax Free App

Setelah aplikasi terinstal, pengguna bisa melakukan pendaftaran agar bisa menggunakan fasilitas potongan pajak. Jika ingin mengetahui toko-toko mana saja yang menerapkan sistem potongan pajak, pengguna hanya perlu masuk ke bagian find stores. Bagian ini menyediakan fitur pencarian toko dan kategori-kategori yang diinginkan.

Penjelasan mengenai toko yang akan didatangi pun sudah tersedia dalam aplikasi. Sejarah hingga nomor telepon yang bisa dihubungi tersaji lengkap saat anda memilih toko yang menjadi pilihan. Lokasi dari toko yang menjual suvenir juga tertera dengan jelas sehingga Anda tidak kesulitan untuk menemukan toko tersebut.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menghitung besaran potongan pajak yang didapatkan, gunakan refund calculator untuk mengetahui nilainya. Sesuaikan negara tempat berbelanja dan masukkan total belanja. Nilai potongan yang didapatkan akan secara otomatis muncul mengikuti ketentuan dari negara tersebut.

Foto: Shutterstock.com

Klaim Potongan Pajak

Setelah berbelanja di toko yang menyediakan fasilitas potongan pajak, mintalah lembar formulir untuk mengisi biodata. Setelah itu, tunjukkan kartu digital yang ada di dalam aplikasi untuk mendaftarkan nomor registrasinya. Apabila transaksi sudah selesai, maka simpanlah tanda terima dari toko tersebut yang nantinya akan digunakan untuk proses refund.

Selanjutnya, tukarkan tanda terima tersebut pada saat ingin kembali ke negara asal. Loket untuk penukaran tanda terima tersedia di bandara setempat. Pembeli hanya perlu mendatangi loket yang berlogo aplikasi Global Blue, tunjukkan kartu digital, kemudian berikan seluruh tanda terima hasil belanja suvenir yang Anda miliki. Jumlah potongan pajak yang didapatkan akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Uang yang didapatkan dari potongan pajak bisa didapatkan dengan dua pilihan: tunai dan dimasukkan ke akun kartu kredit. Selain dua cara tersebut, untuk mengklaim potongan pajak, pembeli bisa menggunakan surat. Gunakan kotak surat dari Global Blue, jangan lupa sertakan tanda terima, e-mail dan nomor kartu registrasi. Uang klaim akan dimasukkan ke akun kartu kredit, dipotong dengan biaya jasa.

Hadirnya aplikasi ini akan membantu seseorang ketika berbelanja suvenir pilihan dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, pembeli suvenir juga bisa menjadi lebih hemat saat berbelanja. Kebijakan untuk berbelanja tetap diperlukan agar tidak lepas kontrol saat berbelanja karena adanya potongan pajak. Jadi, pergunakan fasilitas potongan pajak ini dengan baik sehingga Anda mendapatkan manfaatnya!

0 comments