NOW READING

Mengapa iOS 11 Menguras Baterai iPhone ?

 1322
+
 1322

Mengapa iOS 11 Menguras Baterai iPhone ?

by The Daily Oktagon
  • Setelah melakukan pembaruan, banyak pengguna iOS 11 yang mengeluhkan baterai iPhone mereka yang cepat habis.
  • Salah satu faktornya adalah re-indexing data dari iPhone.
  • Apple mengatasi hal ini dengan merilis OS 11.0.1 pada 26 September 2017.

Apakah Anda sudah memperbarui sistem operasi iPhone atau iPad menjadi iOS 11? Jika sudah, apakah Anda merasa baterai iPhone lebih cepat habis ? Hal ini dirasakan oleh pengguna lainnya yang sudah melakukan update pada sistem operasi mereka.

Kekurangan dari sistem terbaru untuk iPhone dan iPad ini awalnya tidak langsung dirasakan oleh para penggunanya. Namun jika mereka langsung memeriksa fitur baru yang ada dari iOS 11, baterai akan terlihat bekurang secara drastis. Dan, berkurangnya baterai secara cepat ini ternyata terus berlangsung meskipun iPhone atau iPad dalam keadaan stand-by.

Foto : Shutterstock.com

Cepatnya pengurangan baterai ini membuat Wandera membuat sebuah riset untuk mengukur perbedaan performa baterai pada iOS 10 dan 11. Kedua sistem operasi tersebut pada awalnya diuji ketika masih dalam keadaan penuh dan digunakan oleh 50.000 pengguna aktif iPhone dan iPad. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa baterai iOS 10 habis dalam waktu 240 menit dan sedangkan iOS 11 hanya bertahan 96 menit.

Apa yang baru dari iOS 11? Lihat di sini.

Besarnya Pengaruh Re-Indexing Data

Berkurangnya daya tahan baterai yang menyentuh angka hingga 60% ini ternyata disebabkan oleh re-indexing data yang dilakukan secara otomatis oleh iOS 11. Setelah melakukan pembaruan sistem operasi, pengguna dapat melakukan pencarian kontak hingga data aplikasi dari fitur search yang disediakan. Hal ini menyebabkan penyerapan daya dari iPhone maupun iPad relatif lebih banyak.

Foto : Shutterstock.com

Selain itu, iOS 11 juga memberikan kemampuan kepada iPhone dan iPad untuk menganalisis foto dan juga video yang Anda miliki. Sistem operasi terbaru ini akan secara otomatis membuat slideshow dari beberapa foto dan video yang diambil dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan fitur yang bernama memories ini secara tidak langsung akan menghabiskan baterai penggunanya dengan cepat.

Tanggapan Cepat Apple

Setelah menerima banyak laporan dari konsumennya, Apple kemudian merilis versi terbaru iOS 11.0.1 yang sudah dapat diunduh sejak 26 September 2017. Sistem operasi ini menanggulangi beberapa bug yang terdapat pada versi sebelumnya, salah satunya dengan membuat re-indexing semakin efisien. Penyelesaian bug ini akan membuat baterai bisa lebih hemat dibanding sebelumnya.

Foto : Shutterstock.com

Selain itu, rilisnya versi terbaru dari sistem operasi ini juga membuat iPhone dan iPad Anda semakin aman. iOS 11.0.1 memperbolehkan pengguna untuk melakukan enkripsi agar komunikasi mereka berjalan tanpa ada interupsi. Sehingga para hacker sulit untuk meretas iPhone dan iPad yang Anda miliki karena kode yang dipakai akan selalu diacak, walaupun mengorbankan sedikit baterai.

iOS 11 akan menjadikan iPhone lebih personal. Lihat di sini.

Untuk membuat baterai iPhone dan iPad lebih ‘irit’, Anda bisa mengurangi efek animasi yang muncul pada smartphone dan tablet. Tidak aktifnya fitur ini akan menyimpan beberapa persen penggunaan baterai. Selain itu, non-aktifkan background app refresh agar jangka waktu pemakaian iPhone Anda sedikit lebih lama.

0 comments