NOW READING

Menabung Pintar di Era Digital

 1149
+
 1149

Menabung Pintar di Era Digital

by The Daily Oktagon
  • Menabung sudah menjadi satu kegiatan sederhana yang dilakukan sedari kecil hingga saat ini.
  • Jika dahulu menggunakan celengan ayam, sekarang sudah lebih canggih dengan kehadiran teknologi digital.
  • Hanya dengan aplikasi, Anda sudah bisa memeriksa saldo dengan cepat di mana saja.

Sedari kecil, kita sudah mendapat ajaran mengenai menabung. Meski sedikit, tetapi masih mampu menyisihkan uang jajan untuk ditabung. Jika dahulu kecil kita menabung hanya menggunakan celengan ayam yang terbuat dari tanah liat, setelah dewasa medium untuk menyimpan tabungan pun akan berganti menjadi bank. Masuk ke zaman globalisasi, tercipta teknologi digital canggih yang muncul termasuk untuk menyimpan uang.

Beragam keuntungan bisa didapat dengan menabung melalui digital. Terdapat beragam situs dan aplikasi yang menyediakan fasilitas menyimpan uang. Sekarang pun sudah banyak orang yang beralih menyimpan dari bank menjadi tabungan digital. Hal-hal berikut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memanfaatkan tabungan digital yang menguntungkan di masa depan.

Mudahkan perencanaan keuangan Anda dengan aplikasi di artikel berikut.

Foto: Shutterstock

  • Transaksi lebih mudah dan cepat

Menggunakan tabungan digital membuat nasabah tidak perlu mengantre jika ingin melakukan transaksi. Mengecek saldo tabungan hingga semua jenis transaksi perbankan bisa dilakukan hanya melalui ponsel. Jika dibutuhkan, bisa juga dilakukan melalui situs yang dapat dibuka pada PC atau laptop. Layanan perbankan ini sebenarnya masih sama dengan konvensional, namun dapat dilakukan oleh nasabah kapan pun dan di mana pun.

  • Biaya terjangkau

Untuk membuka rekening digital, calon nasabah tidak perlu datang ke bank tertentu. Cukup dengan mengisi formulir data diri secara lengkap dan jujur. Data yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercantum pada KTP dan NPWP pribadi. Setelah menjadi nasabah, beberapa tempat menabung tidak memerlukan setoran awal saat membuka rekening. Terkadang, ada juga situs atau aplikasi menabung yang tidak memerlukan biaya bulanan.

  • Keamanan yang terjamin

Setiap transaksi yang dilakukan nasabah akan memerlukan pin khusus. Pin ini bersifat rahasia dan hanya nasabah atau pengguna saja yang tahu. Semua data dan uang yang ditabung akan tersimpan dengan aman, meski ponsel pengguna hilang atau rusak. Terdapat sistem pelacak yang akan merekam pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

 

Foto: Shutterstock

  • Tabungan masa depan

Metode menabung digital ini merupakan satu cara yang akan menjadi tren di masa depan. Sifatnya yang fleksibel, membuat semua transaksi perbankan menjadi lancar dan lebih cepat. Nasabah pun memiliki kendali penuh pada setiap hal yang berkaitan dengan keuangan. Pemiliknya juga dapat berinvestasi sesuai modal yang tersedia dan akan dilakukan otomatis secara berkala.

  • Kebutuhan e-commerce

Untuk pemilik usaha daring, memiliki tabungan digital akan mempermudah proses jual beli produk. Seperti aplikasi brank.as yang menyediakan akses pembayaran mudah dan dapat melacak setiap pesanan pelanggan. Selain itu, pengelolaan dari akun, tagihan, dan inventaris juga dapat dilakukan dalam satu aplikasi. Setiap hal terkait usaha daring bisa dilakukan dan dideteksi dengan sangat mudah.

Tidak hanya melalui situs, mengunduh aplikasi pada smartphone membuat Anda dapat melakukan transaksi perbankan dalam genggaman tangan. Begitu banyak aplikasi yang menyediakan layanan perbankan yang bisa diakses sehingga transaksi bisa lebih efisien. Manfaatkan tabungan digital dan masuk ke masa depan dengan segala hal praktis yang dapat dilakukan kapan saja.

Baca juga: Mengelola keuangan pribadi di Era Digital ala Ligwina Hananto.

0 comments