NOW READING

Memilih Drone untuk Hasil Video yang Maksimal

 1873
+
 1873

Memilih Drone untuk Hasil Video yang Maksimal

by The Daily Oktagon
  • Kualitas kamera menjadi kunci utama hasil video drone yang baik
  • Maksimalkan pula fitur teknologi pendukung dan aksesori
  • Faktor non teknis tetap menjadi faktor yang tidak bisa dianggap remeh

Para pencinta video dalam mode bird’s eye view semakin banyak, seiring semakin banyaknya jenis drone yang meluncur di pasaran. Selain kemampuan terbang yang mumpuni, hasil video yang maksimal juga ditentukan oleh dukungan teknologi video yang tersemat di dalam kamera drone.

Tentu diperlukan kombinasi yang baik antara kualitas kamera, fitur pendukung, hingga faktor non teknis seperti psikologis dan cuaca sehingga dapat menghasilkan video yang maksimal. Berikut adalah cara-cara yang bisa diadopsi menurut The Daily Oktagon. 

Seberapa “Jago” Kameranya?

drone

Syarat utama hasil video yang baik tentunya kualitas kamera yang dimiliki. Bagi yang ingin hasil video yang “standar”, kamera di Parrot Beebop sudah cukup mumpuni. Dengan resolusi video 1080p dan megapiksel sebesar 14MP, video yang dihasilkan relatif baik.

Hanya saja drone ini tidak mempunyai gimbal (alat pendukung kestabilan kamera), sehingga menyulitkan kamera untuk fokus mencari sudut rekam yang baik. Produsen drone ini bukannya tidak menyadari keterbatasan yang dimilki produknya.

Teknologi kameranya dapat berputar 180 derajat, ditambah dukungan software yang dapat membantu kamera untuk lebih stabil. Di versi Beebop 2, bahkan terdapat lampu flash LED yang membantu kamera merekam dalam keadaan gelap.

Jangan sembarangan merawat drone. Simak caranya di sini 

Untuk mendapatkan video yang lebih baik, tentu harus memilih kualitas video yang lebih baik. DJI Mavic Pro misalnya mempunyai pilihan resolusi video 720p, 1080p, hingga 4K. Jangan sia-siakan pilihan resolusi ini, terlebih lagi DJI Mavic Pro datang dengan teknologi Vision Positioning System dan GPS/ GLONASS yang menjanjikan kestabilan yang lebih baik dan teratur saat melayang (hovering) di area terbuka

Untuk membuat hasil video DJI Mavic Pro lebih sempurna, gunakan aksesori filter lensa PolarPro semacam CP (mereduksi sinar yang menyilaukan) dan ND8 (mereduksi kecepatan shutter untuk video sinematik yang lebih halus).

Kualitas kamera yang relatif serupa juga datang dengan Yuneec TYPHOON H. Drone dengan 6 baling (hexacopter) ini datang dengan pilihan resolusi video 4K UHD. Bahkan teknologi pendukung kamera ini bisa dibilang lebih canggih, karena dapat memutar 360 derajat sehingga memungkinan pengambilan gambar yang lebih dramatis.

kamera DJI Mavic Pro

kamera DJI Mavic Pro

Faktor teknis tentu tidak semata datang dari kamera. Jangan lupa untuk mengatur konfigurasi kamera yang ada di drone. Jangan sampai ketika drone sudah mengudara kita lupa menyetel kamera sesuai kebutuhan. Fitur-fitur drone terbaru sudah “memanjakan” pengguna dengan konfigurasi yang lebih canggih.

Drone Xiro Explorer V misalnya, telah dilengkapi fitur Follow Me, yang memungkinkan drone secara otomatis mengikuti controller (RC) yang pengguna bawa. Ini tentu bisa mengakali situasi saat tidak ada orang lain saat pengguna harus merekam dirinya sendiri.

Mau tahu lebih tentang drone? Bergabung saja dengan komunitasnya. 

Faktor Non Teknis

Disamping kemampuan teknis, faktor non teknis tentu juga menjadi penentu berhasil tidaknya kita mendapatkan hasil video yang diinginkan. Belajar kendalikan drone dengan halus, karena ini akan memengaruhi kualitas video yang kita rekam. Semakin halus halus gerak drone, maka akan semakin halus video yang dihasilkan.

drone

Untuk pemula, saran terbaik adalah mencoba membuat aerial videography dengan didampingi oleh ahlinya, atau mereka yang sudah pernah melakukannya. Tujuannya tentu untuk meminimalisir kesalahan.

Nah, sekarang saatnya untuk mencoba. Jangan lupa untuk mengecek keadaan cuaca jika tidak mau kamera drone Anda basah karena hujan. Dan unggah video kalian media sosial agar bisa dinikmati banyak orang!

Salah satu drone terbaru. Ulasannya ada di sini.

0 comments