NOW READING

Memanfaatkan Fotografi Untuk Digital Marketing

 1050
+
 1050

Memanfaatkan Fotografi Untuk Digital Marketing

by The Daily Oktagon
  • Fotografi berperan dalam sebuah bidang digital marketing.
  • Sebuah foto memiliki peran yang besar dalam kegiatan digital marketing.
  • Berikut ini beberapa tips membuat foto untuk kebutuhan digital marketing.

Ada beberapa tips membuat foto untuk digital marketing.

Fotografi saat ini tak hanya menjadi sebuah karya yang sekadar dapat dinikmati. Tapi juga bisa menjadi suatu fasilitas pendukung dunia marketing. Sering kali kita melihat fotografi berperan dalam sebuah bidang marketing, khususnya digital marketing.

Sebuah foto memiliki peran yang besar dalam kegiatan digital marketing. Penambahan foto dalam konten marketing dapat menjadi pendekatan antara konsumen dengan brand. Maka dari itu, sebuah foto produk yang dihasilkan harus memiliki konsep marketing yang baik.

Baca juga : Tertarik Digital Marketing ? Bisa Dipelajari melalui Kursus Ini

Foto: Shutterstock

Contoh pemanfaatan fotografi dalam bidang marketing ini dapat kita jumpai ketika kita sedang mengakses sosial media. Biasanya di sana terdapat Official Account sebuah toko yang menampilkan produknya melalui foto-foto berkonsep agar menarik perhatian calon konsumennya.

Bagaimana caranya membuat foto produk untuk digital marketing ? Berikut ini beberapa tips-nya :

Tentukan pencahayaan yang tepat

Pencahayaan dalam fotografi merupakan teknik paling dasar yang sangat berperan penting dalam membangun brand. Melalui pencahayaan tersebut, kita dapat menentukan mau jadi seperti apa karakter dari produk tersebut.

Pencahayaan dalam sebuah fotografi produk dapat menghasilkan setiap detail yang ingin ditampilkan pada produk. Maka dari itu, sebelum melakukan foto produk, pikirkanlah teknik pencahayaan yang cocok untuk produk tersebut.

Tentukan sudut pengambilan gambar

Sama halnya dengan pencahayaan, menentukan sudut dalam pengambilan gambar juga dapat memberikan karakteristik pada produk yang ingin dipasarkan. Kamu juga bisa mencoba teknik pengambilan gambar dari berbagai macam sudut. Disinilah kreativitas Kamu diuji bagaimana Kamu dapat membuat foto menjadi menarik untuk dilihat dari berbagai sudut.

No Zooming

Ketika Kamu mengambil gambar menggunakan smartphone, sebaiknya hindari penggunaan teknik zooming agar hasil foto tidak pecah. Jika Kamu ingin tampilan foto lebih besar, cukup ambil foto produk dari dekat.

Dengan begitu, hasil foto produk terlihat dengan jelas dan kualitas juga bagus. Ditambah lagi saat ini sudah banyak smartphone dengan spesifikasi kamera yang mumpuni sehingga dapat menghasilkan foto layaknya kamera pro.

Pengaturan Brightness dan Contrast

Atur kedua pengaturan ini dengan baik dan seimbang, agar objek yang Kamu foto terlihat lebih bagus dan menarik. Pengaturan brightness dan contrast yang berlebihan akan membuat foto menjadi tidak layak untuk dipamerkan, bahkan akan berakibat merusak brand dari produk itu sendiri.

Membuat Gambar Tematik

Apa itu tematik? Tematik adalah tema yang Kamu buat pada saat melakukan photo shoot produk yang Kamu jual. Misalkan Kamu menjual jersey bola, Kamu dapat menggunakan tema di mana sang model sedang bermain bola atau futsal. Cukup menarik, bukan?

Baca juga : Tiga Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memulai Bisnis Daring dengan Affiliate Marketing

Foto: Shutterstock

Mewakili Brand

Ini yang paling penting. Foto-foto kamu tentunya harus mewakili brand yang kamu pegang dan menampilkan esensi dari produk yang ingin ditampilkan kepada konsumen.

Itulah berbagai cara yang dapat Kamu lakukan untuk dalam memanfaatkan teknik fotografi dalam dunia digital marketing. Dengan teknik yang baik, Kamu dapat membuat foto produk menjadi semakin menarik perhatian para konsumen.

0 comments