NOW READING

Melirik Perkembangan Smart Toy untuk Anak-anak

 709
+
 709

Melirik Perkembangan Smart Toy untuk Anak-anak

by The Daily Oktagon
  • Keasyikan anak bermain game di gawai masing-masing membuat sebagian orang tua cemas.
  • Smart toy kini mulai menggabungkan mainan dengan smartphone, sehingga anak tak lagi hanya asyik lewat gawai.
  • Smart toy yang dirancang dengan baik mengedepankan edukasi dan interaksi bermain, sehingga bisa membuat anak melepas gawai.

Semakin lekatnya anak-anak dengan gawai masing-masing membuat sebagian orang tua cemas. Bermain game di tablet atau telepon genggam bisa membuat anak keasyikan dalam dunia mereka sendiri, bahkan selama berjam-jam. Padahal, dahulu, ketika anak bermain, ada banyak interaksi fisik maupun sosial yang bisa mereka dapatkan.

Smart toy merupakan jawaban teknologi atas tantangan ini. Dirancang khusus untuk anak-anak, berbagai mainan berteknologi canggih ini justru mengedepankan pengalaman, edukasi, dan interaksi bermain itu sendiri. Harapannya, anak-anak bisa berinteraksi dengan mainan pintar ini dan menikmati waktu bermain alih-alih hanya terpaku pada layar gawai.

foto : shutterstock

Secara global, firma analisis Juniper Research menyatakan bahwa penjualan smart toy tahunan diperkirakan akan tumbuh dari 2.8 milyar dolar pada 2015 menjadi 11.3 milyar dolar pada 2020.

Baca juga : Membuat Pesawat Mainan dengan Teknologi 3D Printing

Mainan digital dan mainan-mainan lainnya yang terkoneksi dengan Internet tumbuh cepat. Balok-balok bangunan, mainan balap mobil, robot-robotan, bahkan bebek karet untuk menemani anak-anak mandi, sudah mulai dirancang menjadi mainan pintar. Dengan semakin banyaknya permintaan dan perkembangan teknologi, harganya pun akan semakin terjangkau.

Solar Robot, misalnya. Robot bertenaga surya ini bisa diubah menjadi 3 model robot yang berbeda—dengan banyak gerakan fungsional. Orang tua juga bisa menjelaskan konsep dasar di balik tenaga surya sebagai energi alternatif. Karena menggunakan tenaga surya, robot ini tak membutuhkan baterai—dan akan bergerak ketika terkena sinar matahari langsung.

Untuk smart toy yang lebih rumit, ada Sphero BB-8 Droid, mainan berteknologi tinggi besutan Sphero yang mendapatkan lisensi resmi dari Disney. Robot BB-8 Droid ini berukuran sebesar bola biliar, dan dapat dikontrol lewat aplikasi smartphone Android atau iOS.

foto : shutterstock

Selain itu ada pula WowWee, ini adalah robot mainan yang bisa disebut sebagai smart toys. Selain dapat melakukan beberapa gerakan, robot ini juga bisa mendapatkan perintah dari manusia. Tidak hanya itu, robot lucu ini menjadi media belajar bagi anak-anak.

Robot ini dilengkapi sensor yang memungkinkan menerima perintah gerakan melalui sensor gerak dan sensor suara. Ada tujuh jenis Robot WowWee yang tersedia dalam beberapa bentuk, diantaranya robot anjing, robot dinosaurus dan robot mobil.

Chip, robot berbentuk anjing ini misalnya, cukup diisi daya baterainya selama 20 menit untuk penggunaan main berdurasi 1 jam. Chip dilengkapi sensor gerak dan sensor suara. Robot ini akan menanggapi ketika namanya dipanggil.

foto : wowwee

Anjing kecil ini akan duduk ketika pemiliknya meneriakkan “Chip Sit.” Robot ini juga bisa menari jika diperintah “Chip Dance.” Bahkan Chip bisa melakukan Yoga dengan berdiri bertumpu pada dua kaki depannya, cukup meneriakkan “Chip Yoga” ke arah robot.

Menariknya, selain melakukan perintah gerakan. Chip bisa diajak berjalan-jalan. Pembelian robot ini dilengkapi dengan gelang pintar atau smartband. Robot WowWee dijual dengan harga berkisar antara Rp 1,9 juta hingga Rp 5 juta.

Baca juga : Game Nintendo Animal Crossing Hadir di Smartphone

Orang tua juga bisa melatih keseimbangan dan motorik anak dengan Onix Hoverboard ini. Segway ini, selain ringan, juga dirancang mudah digunakan dengan sistem kendali cerdas yang akan menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan dan menghemat daya. Anak-anak pun bisa menikmati lebih banyak waktu di luar rumah, menghirup udara segar.

Warren Buckleitner, editor web Children’s Technology Review,menyambut baik persilangan antara gawai dan mainan anak ini. “Kini kita mulai bisa bicara tentang kualitas bermain dan perkembangan anak, bukan hanya tentang apakah layar gadget baik atau tidak.” Smart toy yang baik memang dirancang untuk ‘menarik’ anak-anak dari layar gawai, dan mulai berinteraksi dengan mainan pintar mereka.

0 comments