NOW READING

Melihat Dunia 360 Derajat dengan Nikon KeyMission 360

 2549
+
 2549

Melihat Dunia 360 Derajat dengan Nikon KeyMission 360

by The Daily Oktagon

Sudah banyak produsen perangkat elektronik dan device, seperti smartphone, drone, hingga produsen kamera yang pada akhirnya menciptakan produk yang saling bersaing satu sama lain. Pada produk kamera contohnya, bentuk yang awalnya hanya begitu-begitu saja, kini semakin variatif. Lalu muncul GoPro sebagai pelopor action camera dengan desain dan peruntukkan yang sedikit berbeda dari kamera biasa.

Kehadiran dan kesuksesan GoPro ternyata menimbulkan pengaruh bagi produsen lain untuk ikut menciptakan produk yang sama. Belum selesai hype akan action camera ini, produsen kamera lain sudah kembali berinovasi dengan menciptakan action camera 360 derajat. Yang akan kami bahas kali ini adalah besutan Nikon. The Daily Oktagon mengajak Anda untuk melihat dunia 360 derajat dengan Nikon KeyMission 360.

Siap Menyaingi  Brand yang Juga Populer

Untuk perangkat action camera 360 derajat sendiri, sebenarnya sudah ada nama besar seperti Ricoh yang lebih dulu hadir. Jika Ricoh Theta S menawarkan bentuk seperti pipa, Nikon KeyMission 360 tak kalah ciamik lewat bentuknya yang kotak.

nikon-keymission-360-04Kalau diperhatikan, desain yang diusung Nikon KeyMission 360 sedikit mirip dengan kamera DSLR. Seperti namanya, kamera ini berfungsi menciptakan video 360 derajat yang nantinya bakal sangat asik dinikmati menggunakan perangkat virtual reality.

Rahasia Nikon KeyMission 360 untuk bisa menghasilkan video 360 derajat adalah adanya dua buah kamera di kedua sisinya, depan dan belakang. Kedua kamera ini menggunakan lensa khas Nikon, yaitu Nikkor. Adapun kamera ini dapat merekam video hingga resolusi 4K.

Sebelum lanjut, baca dulu artikel menarik berikut, Berkreasi Ciptakan Foto dan Video dengan Ricoh Theta S

Compact dan Mudah Digunakan

Tak berbeda jauh dari GoPro, Anda bisa menggunakan Nikon KeyMission 360 secara langsung maupun menggunakan bantuan aplikasi. Jika ingin menggunakannya langsung memang agak sulit karena kamera ini tidak dilengkapi viewfinder. Untuk mulai merekam video Anda bisa langsung menekan tombol record di sisi atas kamera. Namun bila ingin menggunakannya dengan smartphone via WiFi, Anda bisa mengunduh aplikasi pendukungnya di App Store dan Google Play.

Di sisi bawah kamera, Nikon menempatkan sebuah lubang yang tak lain adalah mounting untuk tripod universal. Merekam menggunakan kamera tanpa tripod bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi action camera yang notabene bakal mendapat banyak goncangan ketika digunakan saat menjelajah alam.

nikon-keymission-360-03Beruntung, Nikon juga sudah mempersenjatai KeyMission 360 dengan electronic vibration reduction yang fungsinya seperti stabilizer. Fitur ini akan mengurangi efek shaking yang timbul ketika merekam dalam kondisi tertentu, ketika naik sepeda atau bahkan mendaki gunung.

Dengan ukuran sedikit lebih besar dari GoPro, Nikon KeyMission 360 pun bisa dibawa-bawa dan disimpan dengan mudah. Bahkan, Nikon menyediakan slot tali gantungan atau lanyard di salah satu sudutnya. Sedangkan di bagian kanan terdapat slot memory card dan juga baterai.

Bersahabat dengan Alam

Saat memegang Nikon KeyMission 360 Anda bakal tahu dan menyadari bahwa kamera ini bisa diajak bertualang dengan ekstrim. Di bagian bodinya dekat lensa terdapat keterangan waterproof. Ya, Nikon KeyMission 360 memiliki ketahanan luar biasa. Kamera ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 30 meter untuk kegiatan diving.

nikon-keymission-360-01
Ketahanannya bukan hanya terhadap air. Nikon KeyMission 360 pun tahan di cuaca dingin atau salju sekali pun. Kalau sewaktu-waktu Anda tidak sengaja menjatuhkannya, hardware elektronik di dalamnya akan tetap berfungsi normal selama Anda tidak menjatuhkannya lebih dari ketinggian dua meter. Saktinya, ketahanan tersebut berlaku tanpa harus menggunakan casing anti air atau pelindung tambahan!

Nah, maka tidak heran jika menyebut kamera ini sebagai device yang tahan banting. Anda siap mencobanya?

Baca juga, Ini Kamera Mirrorless yang Jadi Masa Depan Fotografi

0 comments