NOW READING

Melawan Kelupaan dengan Aplikasi

 1252
+
 1252

Melawan Kelupaan dengan Aplikasi

by The Daily Oktagon

Orang pelupa sering sekali menghabiskan banyak waktu untuk bolak-balik, karena melewatkan berbagai hal. Janji penting, tanggal-tanggal bersejarah, bahkan dompet  serta kunci adalah beberapa hal yang paling sering terlupakan atau tertinggal.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, disarankan bagi para ayah tipe ini untuk menggunakan beberapa aplikasi pengingat dari Playstore atau App Store.

Foto: Shutterstock.com

BytNotes

Apabila ingin membahas suatu topik penting dengan seseorang dan khawatir melupakannya, BytNotes merupakan pilihan yang tepat untuk membantu mengingatkan. Setelah membuat catatan mengenai topik pembicaraan dan mensinkronisasikan dengan nomor kontaknya, maka ketika orang tersebut menelepon, akan muncul notifikasi mengenai catatan yang telah dibuat sebelumnya. BytNotes bisa diunduh pengguna Android dari Google Store seharga Rp12.000.

Do it Tomorrow

Berisi daftar-daftar kegiatan untuk setiap harinya. Pada waktu yang telah ditentukan, akan muncul notifikasi pengingat, agar tidak sampai melewatkan kegiatan/aktivitas tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis oleh pengguna  ponsel Android dan iPhone secara gratis, namun pengguna iPad harus membayar Rp75.000.

Remember the Milk

Setiap jenis aktivitas akan dibedakan berdasarkan kategori seperti kantor, rumah, pribadi, dan sebagainya. Juga bisa mengatur skala prioritas dari setiap aktivitas. Dengan memberikan centang di setiap poin yang telah dilakukan, maka aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi apabila ada poin yang terlewatkan. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis oleh pengguna Android dan iOs, bahkan BlackBerry.

Foto: Shutterstock.com

Evernote

Aplikasi gratis untuk pengguna ponsel berbasis Android dan iOs ini memungkinkan untuk membuat catatan, daftar, menyimpan artikel yang ingin dibaca, dan masih banyak lagi. Evernote dilengkapi fitur reminder untuk mengingatkan akan hal-hal penting pada waktunya. Reminder akan mengirimkan notifikasi yang bisa diatur, baik secara in-app atau melalui email.

Instapaper

Ketika menemukan artikel menarik saat browsing dan belum sempat membacanya, artikel tersebut bisa disimpan di Instapaper untuk dibaca kembali secara offline pada waktu senggang. Bisa juga membuat highlights pada kalimat-kalimat yang dianggap penting. Aplikasi ini bisa dipasang secara gratis dari Google Store dan App Store, namun Instapaper juga menyediakan aplikasi premium dengan fasilitas yang lebih lengkap.

DataVault

Berbagai situs menerapkan peraturan tertentu mengenai password. Mulai dari alfanumerik, huruf besar dan kecil, hingga harus memiliki karakter spesial. Dengan DetaVault, hal itu tidak lagi merepotkan, karena aplikasi ini bisa digunakan untuk mencatat semua password atau nomor kartu transasksi. Tentunya, dilengkapi sistem keamanan yang terjamin, untuk memastikan kumpulan password tidak jatuh ke tangan orang lain. Tak heran jika pengguna aplikasi ini harus membayar cukup mahal, yakni Rp129.000. Selain tersedia pada ponsel dan tablet, aplikasi ini juga bisa diakses melalui komputer atau komputer desktop.

Foto: Shutterstock.com

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, terdapat juga perangkat teknologi yang cocok untuk digunakan oleh menghindari lupa. TrackR, yaitu alat mungil yang dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS), berfungsi untuk melacak keberadaan suatu barang seperti dompet, kunci mobil, bahkan hewan peliharaan. Berbentuk lingkaran pipih dengan diameter 2,5 cm, TrackR bisa ditempelkan pada beragam barang, dan keberadaan barang tersebut dapat dilacak melalui ponsel.

Misalnya ketika lupa menaruh dompet. Dengan menekan ikon ‘Find device’ pada aplikasi TrackR yang telah diinstal di ponsel, maka keberadaan dompet tersebut akan muncul di layar ponsel. Nah, lalu bagaimana jika ayah lupa meletakkan ponselnya? Dengan menekan tombol TrackR, maka ponsel akan mengirimkan sinyal dan mengeluarkan bunyi, sehingga memudahkan untuk menemukannya.

Dengan adanya ponsel dan teknologi di dalam genggaman, kita bisa mengorganisir banyak hal, hingga yang terlihat kecil namun cukup berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

0 comments